Sabtu, 17 Maret 2012

Akhir Pekan

Hati-hati, Akhir Pekan Bisa Jadi Hari yang Buruk untuk Tubuh
1. Bermalas-malasan dan duduk lama di depan TV
Kebanyakan orang ingin bersantai di akhir pekan. Namun jika Anda ingin sehat dan bugar, jangan hanya menghabiskan waktu untuk berlama-lama di depan televisi. Tetaplah aktif bergerak melakukan hal-hal yang menyenangkan di akhir pekan.
2. Makanan berlebihan
Setelah 5 hari menetapkan pola makan sehat dengan memperbanyak buah dan sayuran, banyak orang biasanya terlena dan memilih makan makanan berlemak, junk food dan makanan tidak sehat lainnya saat akhir pekan.
Bagi orang yang berdiet, akhir pekan juga dianggap sebagai waktu libur untuk membatasi porsi makannya. Tidak sedikit orang yang ingin menurunkan berat badan justru makan berlebihan saat akhir pekan.
3. Lebih banyak merokok
Perokok cenderung lebih banyak merokok di akhir pekan karena memiliki lebih banyak waktu luang dan tidak terbebani oleh pekerjaan. Orang yang jarang merokok sekalipun biasanya akan terpengaruh untuk merokok di akhir pekan karena ajakan dari teman-teman.
4. Minum alkohol
Bagi orang yang tinggal di kota besar, waktu akhir pekan banyak dihabiskan di tempat-tempat hiburan seperti tempat karaoke, pub atau diskotik. Hal ini tentunya akan membuat orang lebih mungkin untuk minum minuman beralkohol atau bahkan obat-obatan terlarang.
5 Manfaat Sehat Bermalas-malasan di Akhir Pekan
1. Melepas stres
Stres akibat pekerjaan seringkali tak terasa sebab sudah menjadi bagian dari keseharian. Di akhir pekan, ada kesempatan yang luas di mana pikiran terbebas dari stres dan tugas-tugas kantor yang menyita perhatian.
2. Banyak waktu untuk diri sendiri
Salah satu manfaat bersantai di pagi akhir pekan adalah lebih memiliki banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang biasanya sulit dilakukan di hari kerja. Ada banyak kesempatan yang bisa dilakukan untuk menikmati waktu luang, mulai dari menghabiskan waktu dengan membaca buku, bermeditasi atau bahkan hanya merenung.
3. Terhindar dari macet
Hari-hari sibuk tak lepas dari lalu lintas yang padat dan macet. Tapi hal itu tak perlu terjadi di akhir pekan, sebab ini adalah saat di mana bekerja adalah pantangan dan refreshing adalah sebuah keharusan. Macet dan polusi telah diketahui berakibat buruk bagi kesehatan.
4. Olahraga ringan di tempat tidur
Peregangan membantu meningkatkan energi saat alarm dibiarkan tak berbunyi di akhir pekan. Lakukan peregangan selama beberapa menit agar tubuh merasa segar, bisa dengan memutar tulang belakang hingga melakukan posisi kobra. Peregangan setelah tidur ini akan membantu melepas penat dan stres.
5. Awali hari dengan kopi
Bermalas-malasan di tempat tidur jangan terlalu lama, sebab dapat membuat badan pegal karena kurang bergerak. Jika di hari kerja kafein biasanya dipakai untuk meningkatkan semangat di kantor, maka di akhir pekan, kafein juga bisa diminum untuk meningkatkan kebugaran.
Kopi telah terbukti memiliki banyak manfaat, yaitu mengurangi risiko diabetes dan depresi serta meningkatkan daya ingat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar