Sabtu, 10 November 2012

Awet Muda

Awet Muda, YESS..
umur anda sekarang berapa?? apakah sudah timbul keriputr di wajah anda padahal anda belom terlalu tua??
mungkin anda sering mengerjakan hal berikut ini
1. Menonton TV
Kita semua tahu bahwa duduk berjam-jam di depan TV tidaklah baik untuk pinggang. Tetapi Anda mungkin tidak tahu bahwa hal itu juga memperpendek hidup Anda. Peneliti dari University of Queensland menemukan, setiap jam yang Anda habiskan di depan TV mengurangi umur Anda 22 menit.  Penelitian lebih lanjut juga menemukan bahwa menonton TV juga menambah risiko terkena penyakit Alzheimer.
2. Minum dari botol dengan sedotan
Anda mungkin tahu, apa yang Anda minum memengaruhi penampilan Anda, tapi Anda mungkin terkejut bahwa minuman memengaruhi umur Anda. Kenyataannya minum dengan sedotan dan langsung dari botol menyebabkan mulut mengerut — dan oleh karena itu akan menimbulkan kerutan yang sama di sekitar mulut (sama seperti merokok). Cobalah minum langsung dari gelas sebisa mungkin untuk menghindari kerutan.
3. Terlalu sedikit (atau banyak) berolahraga
Manfaat olahraga tidak terukur untuk membuat Anda tetap merasa dan terlihat muda. Kekurangan olahraga tidak hanya memendekkan umur, tapi juga menambah risiko kegemukan dan sakit jantung. Olahraga juga mencegah penyakit Alzheimer, membuat perasaan baik sehingga merasa sigap dan tetap bertenaga. Lebih lanjut, olahraga juga meningkatkan peredaran darah ke kulit dan membuat Anda tetap bercahaya dan tampak muda. Sebaliknya, terlalu banyak olahraga membuat persendian kaku dan menambah risiko radang sendi.
4. Pemanas ruangan
Kita menghabiskan uang untuk membeli produk anti-penuaan, tapi justru sering membuat kulit cepat tua tanpa disadari. Pemanas dan pendingin ruangan sentral yang banyak kita gunakan bisa membuat kulit kering dengan cepat — menyebabkan penuaan dini dan kerutan. Cobalah kecilkan pemanas, gunakan pakaian pelapis agar lebih hangat. Menyimpan segelas air dalam ruangan juga bisa membantu menambah kelembapan udara, dan memakai krim wajah untuk mencegah kekeringan.
5. Gula
Memakan gula terlalu banyak tentu adalah berita buruk untuk lingkar pinggang kita; namun ternyata gula ada di tingkatan yang sama dengan rokok dan matahari jika menyangkut hal yang membuat kerutan pada kulit. Ketika tingkat gula darah tinggi, proses bernama glikasi merusak kolagen dalam kulit. Sekali rusak kolagen yang lentur berubah menjadi keras, yang berujung pada kerutan kulit.
6. Mendengarkan iPod
Kehilangan pendengaran adalah gejala umum penuaan, tapi sebagian dari kita kehilangan pendengaran karena mendengarkan musik yang telalu keras melalui headphone. Meski mendengar musik dengan volume sedang tidak menimbulkan kerusakan yang parah, sebuah studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat memengaruhi pendengaran untuk sementara waktu, sementara sebagian peneliti lain mengatakan mendengar musik yang terlalu keras dapat menyebabkan kerusakan pendengaran permanen.
7. Pekerjaan Anda
Meski mempunyai pekerjaan adalah keharusan bagi sebagian dari kita, ini juga salah satu penyebab penuaan dini. Pertama, pekerjaan adalah sumber stres bagi banyak orang, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan pemercepat penuaan sel. Kedua, menghabiskan terlalu banyak waktu di tempat kerja membuat Anda punya sedikit waktu untuk latihan, makan makanan sehat dan tidur. Untuk mengurangi risiko, hindari waktu kerja yang terlalu panjang dan manfaatkan waktu malam dan akhir pekan Anda untuk bersantai.
8. Sabun
Meski Anda berpikir sabun adalah teman terbaik kulit, ini tidak benar. Alasannya adalah kulit mempunyai lapisan asam yang merupakan pelindung alami. Ketika Anda membersihkan kulit dengan sabun — yang umumnya mengandung alkali — akan membuang lapisan pelindung yang mengandung minyak tersebut dan mengeringkan kulit, yang pada akhirnya membuat kulit keriput. Tidak disarankan juga untuk berhenti mandi, tapi cobalah sabun dengan PH-netral dan sabun tanpa bahan kimia, dan perlu diingat, jangan berlebihan membersihkan kulit.
9. Sarung bantal
Anda mungkin berpikir akan memanjakan kecantikan saat tidur di malam hari, hal ini bisa jadi tidak benar. Jika Anda sering tidur dengan salah satu sisi wajah yang sama, ini bisa menyebakan penambahan garis wajah dan kerutan. Untuk tetap tampak muda, cobalah tidur telentang, atau mengganti sarung bantal dengan sutra atau satin untuk mengurangi tekanan pada wajah dan menjaga kelembapan kulit wajah.
10. Diet rendah lemak
Banyak dari kita beralih ke diet rendah lemak untuk mengurangi berat badan. Tetapi mengurangi makan seperti lemak sehat Omega-3 bisa berefek negatif dan membuat Anda cepat tua. Omega-3 terdapat dalam minyak ikan, kacang kenari, dan biji-bijian, tidak hanya penting untuk menjaga kulit tetap lentur dan bebas kerutan, tapi juga penting untuk kesehatan otak dan membuat jantung dalam kondisi sehat dan juga memperpanjang umur.
Solusi yang tepat untuk mencegah hal itu adalah 
1. Lebih sering turun-naik tangga
Studi yang dilakukan University of Geneva menemukan, kebiasaan menggunakan tangga dapat menurunkan risiko kematian pada usia muda akibat apa pun, hingga 15 persen. Selain itu, melakukan aktivitas ini secara teratur selama 12 minggu juga dapat meningkatkan kapasitas paru-paru, serta menurunkan tekanan darah, dan kadar kolesterol.
2. Makan apel lebih banyak
Penelitian terbaru dari University of Hong Kong menemukan bahwa zat antioksidan pada apel, yaitu polifenol, dapat menjaga kesehatan seiring dengan pertambahan usia serta memperpanjang hidup kita. Menurut peneliti, buah apel yang kaya antioksidan ini ampuh dalam melawan radikal bebas, yang selama ini berperan dalam menimbulkan berbagai penyakit. Sementara itu, studi lainnya menemukan bahwa wanita yang rutin makan apel memiliki risiko 13-22 persen lebih rendah terhadap serangan jantung dan stroke.
3. Meditasi 15 menit sehari
Riset yang dimuat pada Jurnal of Neuroscience menunjukkan, mereka yang rajin meditasi selama lima tahun penuh, memiliki usia biologis sekitar 12 tahun lebih muda daripada usia sebenarnya. Studi lain yang dilakukan oleh pakar anti-aging, Dr Vincent Giampapa, menemukan bahwa meditasi teratur dapat menurunkan kadar hormon kortisol hingga 47 persen. Sementara itu, hormon DHEA, yang membantu tubuh agar kebal dari penyakit, juga meningkat hingga 44 persen. Meditasi juga terbukti bisa meningkatkan produksi melatonin, yang selanjutnya akan memperbaiki kualitas tidur dan suasana hati, serta meningkatkan kesuburan dan daya tahan tubuh, hingga 98 persen!
4. Jadi pekerja sukarela
Sebuah studi yang sedang berlangsung di Amerika Serikat mengamati 1.500 orang yang pada tahun 1921 berusia sekitar 10 tahun. Hasil analisis data seputar kehidupan responden yang dilakukan para peneliti dari University of California memperlihatkan, perasaan aman dan tenteram akibat mendapatkan perhatian dari orang sekitar ternyata tidak banyak berpengaruh pada panjangnya usia Anda. Yang lebih signifikan kontribusinya adalah kebiasaan menolong orang lain.
5. Makan sayuran mentah setiap hari
Studi yang dilakukan di Italia menemukan, menyantap satu cangkir sayuran mentah setiap hari bisa menambah dua tahun pada usia kita. Proses memasak dapat menghilangkan kadar antioksidan pada beberapa jenis sayuran, hingga 30 persen. Dengan makan sayuran mentah setiap hari, Anda akan dapat mencapai asupan nutrisi yang lebih sehat.
6. Tidurlah setidaknya enam setengah jam setiap malam
Waktu istirahat kurang dari lima jam tidaklah cukup, sementara lebih dari delapan jam dianggap berlebihan. Itulah hasil riset yang dimuat dalam jurnal Sleep Medicine. Selain itu, studi yang dilakukan di San Diego menemukan bahwa wanita yang tidur kurang dari lima jam sehari atau lebih dari enam setengah jam sehari memiliki usia harapan hidup lebih rendah dibanding yang berada di dalam koridor itu.
7. Makanan
Makanlah makanan bergizi dan sehat. Jangan terpaku karena ingin kurus, maka kamu mengurangi asupan gizi yang diperlukan tubuh setiap hari. Aturlah pola makan dan makan secara teratur adalah cara diet yang benar untuk mendapatkan berat tubuh yang ideal.
8. Jaga berat badan
Terlalu kurus justru akan membuat kamu lebih cepat keriput. Karena itu jagalah berat badan kamu. Jika kamu terlalu kurus, wajah pun akan terlihat lebih suram dan memungkinkan kamu terlihat 5 tahun lebih tua.
9. Be happy!
Gak ada yang lebih mujarab dari menjadi bahagia. Ada baiknya kamu meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu suka, misalnya berbelanja ataupun jalan-jalan. Luangkan waktu untuk berkumpul dan ngobrol dengan orang-orang yang kamu sayangi.
10. Percantik diri
Mempercantik diri juga membuat kamu lebih awet muda lho. Biarkan diri kamu untuk tetap stylish dan cantik dengan fashion items yang sesuai dengan kepribadian kamu. Selain akan lebih cantik dari hari ke hari, kamu pun akan lebih percaya diri.
11. Olahraga
Rutinlah berolahraga untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kamu. Selain kamu akan mendapatkan wajah dan tampilan yang lebih cerah dan bugar, olahraga yang cukup juga terbukti akan membuat kamu lebih sehat dan awet muda.
12. Spiritual
Kedamaian hanya diperoleh melalui spiritual. Spiritual ini pun ternyata bisa membuat kamu hidup dan terlihat lebih awet muda.
13.Bersih
Selalu biarkan diri kamu dalam keadaan bersih dari ujung rambut hingga ujung kaki. Jangan lupa segera bersihkan make-up setelah sampai di rumah akan membantu kamu untuk mendapatkan wajah yang fresh dan sehat.
14.Air putih
Minumlah air putih yang cukup setiap harinya. Dianjurkan kamu meminum 2 liter air putih yang setara dengan 8 gelas air setiap harinya. Air putih terbukti akan menetralkan racun dan kotoran dalam tubuh kamu dan membuangnya melalui urine.
15. Tidur
Pastikan kamu memiliki kualitas waktu tidur yang cukup setiap harinya. Secara umum, setiap orang dianjurkan setidaknya tidur selama 6 sampai 8 jam setiap harinya.
16. Jangan merokok
Jauhkan diri kamu dari gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok ataupun minuman keras jika kamu ingin awet muda. Hal ini tidak baik untuk kesehatan kamu dan mengganggu orang-orang tersayang di sekitar kamu




2 komentar: