Minggu, 01 Juli 2012

Kesehatan


5 Tindakan Aneh Ini Bermanfaat Untuk Kesehatan
1. Latihan getaran
Awalnya latihan ini dianggap sebagai mitos belaka. Namun, sebaliknya telah banyak alat olahraga yang memakai sistem getaran dalam latihannya. Getaran yang ditimbulkan diyakini dapat meningkatkan mobilitas Anda dalam bergerak. Mesin penggetar ini dapat mempercepat penyembuhan otot dan membentuk kepadatan tulang pada penderita osteoporosis. Kekurangannya, belum ada penelitian yang mampu menjawab seberapa besar kadar getaran dan waktu latihan yang aman.
2. Berlari dengan kaki telanjang
Mungkin saat ini menjadi hal yang aneh jika Anda lari atau joging tanpa menggunakan alas kaki. Namun, berlari dengan kaki telanjang sangat bermanfaat bagi tulang kering, lutut, pinggul, dan punggung. Menurut penelitian yang telah dipublikasikan pada jurnal Nature (2010), running shoes yang muncul pada tahun 60-an dapat mengubah postur serta cara manusia berjalan.
3. Membersihkan lidah
Ritual mengikis kotoran di lidah telah dijalankan sejak dahulu kala oleh orang India yang mereka sebut ayurveda. Hal ini jarang dilakukan karena Anda akan merasa tersedak, terasa sakit, atau jijik mencium bau yang tidak sedap. Namun, puluhan studi yang dilakukan di barat membuktikan hal tersebut adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi bau mulut, mencegah karies gigi, penyakit gusi, bahkan pilek.
4. Penyembuhan dengan menggunakan parasit
Bagi Anda yang memiliki gejala alergi atau asma biasanya lebih sering menggunakan obat tetes, pil, atau inhalansia. Namun, para peneliti memberikan gagasan penyembuhan dengan menggunakan sesuatu yang mungkin dianggap kotor dan menjijikkan. Mereka mengatakan perlindungan dengan infeksi suatu jenis parasit (cacing tambang) dapat menyembuhkan alergi atau bahkan penyakit Crohn dan multiple sklerosis.
5. Transplantasi tinja
Mungkin ini terdengar sangat aneh. Pada transplantasi tinja atau prosedur yang juga disebut dengan istilah faecal microbiota transplantation (FMT) ini, dokter menyuntikkan tinja dari orang sehat ke usus seorang pasien melalui alat seperti tabung. Pengobatan ini  efektif bagi penderita infeksi Clostridium difficile (CDI), infeksi menimbulkan diare parah atau penyakit lain yang dipicu bakteri penyebab diare. Prosedut FMT juga dikenal  dengan istilah bacteriotherapy, fecal transplants, fecal transfusion, ataupun human probiotic infusion (HPI),  yaitu dengan mentransfer bekteri "sehat" dengan probiotik ke dalam usus.
FMT pada prinsipnya adalah upaya merestorasi koloni flora dengan memperkenalkan flora bakteri sehat melalui infusi atau suntikan tinja dari donor yang sehat. Prosedur ini juga dapat mengatasi penyakit lain, seperti kolitis, konstipasi, irritable bowel syndrome, dan beberapa penyakit saraf.(KMPS)
Benda-benda di Rumah yang Bisa Bikin Kanker
1. Barang-barang plastik
Banyak orang yang salah menggunakan barang-barang yang terbuat dari plastik. Misalnya botol atau mangkuk plastik. Barang-barang yang terbuat dari plastik ini dapat berdegenerasi pada pemanasan suhu tertentu, yang pada gilirannya dapat menggerogoti sel-sel tubuh Anda dan menyebabkan kanker.
2. Botol air mineral
Botol air mineral (bukan galon) dirancang untuk sekali pakai, namun banyak orang yang salah mengerti dan menggunakannya untuk botol minum isi ulang. Menurut survei World Health, menyimpan air dalam botol air mineral dapat berbahaya bagi kesehatan. Kebanyakan botol tersebut dibuat dari plastik berkualitas rendah yang berdegenerasi dalam kenaikan suhu.
3. Pengharum ruangan
Agar udara di dalam ruangan terasa segar dan wangi, banyak orang yang menyemprotkan pengharum ruangan. Tapi tahukah Anda bahwa pengharum ruangan banyak mengandung bahan kimia berbahaya seperti formalin dan naftalena. Jika hal ini terus terakumulasi, maka bisa menyebabkan kanker.
4. Lilin beraroma
Ketika lilin beraroma dibakar, benda ini menghasilkan gas karsinogen yang terpisah dari cahayanya. Menghirup gas tersebut akan membuat Anda rentan terhadap kanker.
5. Cat dan pernis
Pindah ke rumah yang baru saja dicat bisa menjadi bahaya besar untuk kesehatannya. VOC (volatile organic compounds atau senyawa organik yang mudah menguap) dalam cat dan pernis dapat membuat Anda sakit kepala. Dalam waktu lama, hal ini dapat menyebabkan kanker. Untuk menghindarinya, pilihlah cat non-VOC.
Berbagai Manfaat Keringat bagi Kesehatan
1. Membuang racun dari tubuh
Berkeringat dapat membersihkan zat berbahaya seperti alkohol, kolesterol dan garam dari tubuh. Penelitian menemukan bahwa 30% racun dari tubuh dibuang lewat keringat. Ginjal membutuhkan waktu 24 jam untuk mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh, namun berkeringat menghilangkan racun lebih cepat.
2. Memperlancar sirkulasi darah
Berkeringat juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Ketika tubuh memanas dan mengeluarkan keringat, jantung bekerja lebih keras untuk meningkatkan sirkulasi darah. Mekanisme ini bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang.
3. Mempercantik kulit
Keringat mengandung sejumlah kecil antibiotik yang dapat melawan bakteri yang ditemukan secara alami pada kulit. Berkeringat juga dapat membersihkan pori-pori yang sehingga membuat kulit terlihat cerah dan halus. Banyak berkeringat juga dapat memperlambat tanda-tanda penuaan dini dan mengurangi efek kerusakan kulit.
4. Membakar kalori
Berkeringat juga bisa membantu menurunkan berat badan. Ketika tubuh dipanaskan saat berolahraga, lemak dalam tubuh larut dalam air dan keluar dari tubuh lewat keringat. Berkeringat dapat membakar 300 kalori per jam.
5. Menurunkan stres
Keringat tidak secara langsung dapat menurunkan stres atau meningkatkan suasana hati. Namun, meningkatkan panas tubuh dengan berolahraga atau sauna memiliki efek positif. Endorfin dan bahan kimia lainnya yang dilepaskan saat berolahraga secara alamiah meningkatkan mood dan menurunkan stres.
Langkah Menjaga Sistem Imun Tubuh Tetap Baik
1. Gunakan antibiotik dengan benar
Minta petunjuk dokter tentang penggunaan antibiotik dan ikuti apa yang diinstruksikan dokter Anda. Setiap kali Anda melewatkan dosis, tidak menyelesaikan penggunaan antibiotik sampai habis, atau minum alkohol saat Anda berada dalam masa pengobatan, akan membuat antibiotik tidak bekerja secara efektif dan memberikan kesempatan bakteri untuk kebal terhadap antibiotik.
2. Beli daging berlabel organik
Banyak sapi yang dibesarkan dengan menggunakan antibiotik untuk hewan. Daging sapi yang telah terkontaminasi antibiotik tidak baik untuk dikonsumsi, maka belilah daging di supermarket yang berlabel organik atau telitilah kondisi daging jika Anda membelinya di pasar tradisional.

3. Konsumsi sayuran dan buah-buahan segar
Sayur dan buah mengandung vitamin yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. Makan sayur dan buah juga dapat menjadi antibiotik alami bagi tubuh. Pilihlah sayur dan buah-buahan yang organik dan bebas dari paparan pestisida.
4. Jangan terlalu sering makan di luar
Anda tidak akan tahu bagaimana kualitas bahan makanan dalam masakan yang disajikan restoran-restoran favorit Anda. Mungkin saja restoran tersebut menggunakan daging yang tidak organik dan sayuran yang tidak segar. Makan makanan yang tidak sehat dapat melemahkan sistem imun Anda.
5. Olahraga teratur
Olahraga yang teratur akan membuat tubuh menjadi bugar dan sistem imunitas tubuh meningkat. Oleh karena itulah, orang yang rajin berolahraga tidak mudah sakit.
 6. Mengurangi stres.
Stres kronis selalu mengarah ke imunodefisiensi atau penurunan sistem imun tubuh. Anda perlu lebih santai dalam menghadapi permasalahan hidup, dan tidur lebih awal di malam hari agar istirahat Anda cukup.
7. Makan makanan kaya protein.
Sistem kekebalan tubuh butuh banyak protein untuk menguatkannya. Konsumsi makanan sumber protein seperti daging, susu dan berbagai produk turunannya. Juga buah dan sayur.
8. Jangan konsumsi alkohol.
Walau Anda tergoda untuk mengkonsumsi alkohol dalam pergaulan, namun sebaiknya jauhi minuman itu. Sifat alkohol adalah imunosupresan yang melemahkan sistem imun tubuh.
9. Konsumsi makanan yang meningkatkan sistem imun.
Misalnya bawang putih, bawang merah, brokoli, wortel, teh, jahe, yang mengandung zat antiseptik alami.
10.Aromaterapi.
Udara yang bersih dan harum adalah salah satu cara membuat pikiran rileks dan tenang. Beri aroma minyak teh, pepermin, eucaliptus, dan jeruk yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh juga.
11. Kegiatan fisik.
Berolahraga atau melakukan kegiatan fisik juga dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.
12. Senyum.
Senyum akan memberi kebahagiaan dan emosi positif bagi Anda dan juga lingkungan sekitar. Mood yang lebih baik akan membuat pikiran Anda bahagia dan kebahagiaan akan membawa kesehatan.
8 Cara Instan Agar Tetap Sehat
KOMPAS.com -
1. Tertawa (melancarkan peredaran darah hingga 21 persen)
Tahu mengapa tertawa bisa membuat kita awet muda? Karena ketika tertawa, aliran darah menjadi lebih lancar selama 24 jam penuh. Ini diketahui dari penelitian yang dilakukan oleh University of Texas, yang mengamati reaksi tubuh ketika responden diminta untuk menonton film komedi. Hasilnya, peredaran darah 1/5 kali lebih lancar, bahkan setelah film komedi selesai ditonton.
Keesokan harinya, ketika responden diminta untuk menonton film yang serius seperti film dokumenter, pembuluh darah menegang. Ini membuat aliran terhambat hingga 18 persen, dan jika dibiarkan terus menerus akan berisiko mengalami tekanan darah tinggi.
“Saat kita merasa bahagia, tubuh melepaskan kimiawi yang membuat kita merasa tenang sekali. Ini ternyata memberikan banyak manfaat bagi tubuh, termasuk pembuluh darah yang lebih rileks bekerja,” papar David Katz, MD, direktur Prevention Research Center dari Yale University School of Medicine.
2. Menyikat gigi dan flossing (menekan risiko kanker otak dan kerongkongan hingga 400 persen)
Rawatlah gigi dengan baik. Karena ketika kita menyunggingkan senyuman, sebenarnya bukan hanya barisan gigi putih yang akan memberikan arti. Sebab menurut penelitian Roswell Park Cancer Institute di Buffalo, New York, gigi putih juga menggambarkan  kecil sekali kemungkinannya bagi kita untuk mengalami radang gusi, kanker otak, dan kanker kerongkongan. Memiliki gigi putih, berarti memiliki gusi yang sehat. Ini semua dapat terwujud jika kita rajin menyikat gigi dan flossing, sehingga tak ada peluang bagi pembentukan plak gigi.
3. Nikmatilah secangkir teh setiap hari (menekan risiko stroke hingga 21 persen)
Seruputan hangat dari secangkir teh yang kita nikmati, menurut penelitian yang dilakukan UCLA School of Medicine, adalah bentuk perlindungan diri dari bahaya stroke. Studi dilakukan dengan mengamati 9 penelitian yang melibatkan hampir 195 ribu orang, dimana 4.400 di antaranya mengalami stroke.
Hasil pengamatannya adalah, mereka yang minum teh minimal 3 cangkir sehari akan terselamatkan dari risiko stroke hingga 20 persen, jika dibandingkan dengan orang yang menikmati teh hanya secangkir sehari. Di dalam teh terdapat Camellia sinensis yang merupakan antioksidan super jenis epigallocatechin gallate (EGCG) dan asam amino theanine yang memang berfungsi melindungi pembuluh darah.
4. Ekspresikan perasaan dengan tulus (memicu rasa bahagia 20 persen)
Kent State University melakukan satu studi unik. Mereka mengamati, murid yang lebih eskpresif terhadap sahabatnya ternyata lebih bahagia dan beruntung. Adapun cara mereka mengekspresikan perasaan adalah dengan menuliskan ucapan terima kasih pada selembar kertas.
Hal serupa juga ditemukan pada penelitian sejenis, yaitu ketika responden menulis perasaannya dengan tulus, ternyata sistem kekebalannya menjadi lebih kuat. Tak hanya itu, kerja paru-paru dan hati pun menjadi lebih baik. Sebab ketika mengekspresikan perasaan, mereka merasa lebih menikmati hidup dan memicu produksi hormon relaksasi yang membuat tubuh menjadi lebih ringan.
“Tapi ingat, semua itu harus dilakukan dengan tulus,” ucap asisten profesor yang juga terlibat dalam penelitian tersebut, Steven Toepfer, PhD.  Toeofer pun menyarankan, agar kita sesekali menyempatkan diri untuk mengirimkan SMS atau email kepada sahabat atau keluarga, yang berisikan tentang betapa beruntungnya kita memiliki mereka.
5. Bergandengan tangan dengan suami (menekan stres hingga 200 persen)
Saat kita menjalin jemari dengan suami dan berpelukan, menurut penelitian yang dipublikasi dalam American Psychosomatic Society, akan dengan mudah menghapus rasa takut, panik, dan stres yang menyelubungi pikiran. Kesimpulan itu didapat setelah mengamati responden yang dibagi dalam dua grup.
Kedua grup diminta untuk bercerita pengalaman yang membuat mereka merasa sangat stres, dan diukur detak jantungnya setelah bercerita. Lalu kedua kelompok diperlakukan dengan berbeda. Kelompok pertama, usai bercerita diminta untuk bergandengan tangan dengan suaminya. Sedangkan kelompok kedua, tidak melakukan apapun. Hasilnya, kelompok kedua tetap merasa panik karena jantungnya masih saja berdetak kencang meskipun sesi bercerita telah lewat. Bahkan detak jantung mereka dua kali lebih cepat, ketika menyadari suami tak berusaha menenangkannya.
6. Lakukan gerakan-gerakan lembut yoga (mencegah nyeri punggung hingga 56 persen)
Rutin melakukan yoga akan secara signifikan membuat kita jauh dari rasa nyeri punggung, ini menurut studi yang dilakukan West Virginia University. Dalam studi ini, peneliti bertanya pada 45 responden mengenai nyeri punggung yang mereka rasakan. Setelah itu mereka diminta untuk melakukan yoga selama 90 menit, dua kali seminggu, selama enam bulan.
Jika dibandingkan dengan pasien yang hanya melakukan terapi fisik, kelompok yang melakukan yoga lebih cepat menghapus nyeri punggungnya. Plus mereka lebih bahagia, sebab yoga juga mereduksi depresi hingga 60 persen.
7. Nikmati ikan panggang (menyelamatkan kita dari kepikunan hingga 19 persen)
Banyak penelitian yang telah membuktikan, ikan adalah makanan kesukaan otak. Sebuah studi yang melibatkan 15 ribu responden dewasa di seluruh dunia, mereka yang menyukai makan ikan segar, minimal 2 minggu sekali, berhasil menekan terjadinya dimensia atau kepikunan hingga 20 persen. Kandungan Omega-3 dalam ikan salmon atau tuna, berfungsi melindungi sel-sel otak dari kerusakan dan peradangan yang merupakan sumber dari masalah dimensia.
8. Minumlah susu saat sarapan (menyusutkan berat badan sebanyak 2 kg)
Perempuan yang minum susu bebas lemak sebanyak 0,5 liter setiap sarapan, mampu memangkas kalori saat makan siang sebanyak 50 kalori. Ini sudah dipublikasi dalam American Journal of Clinical Nutrition. Responden bercerita, sarapan sambil minum susu membuat mereka bisa mengunci rasa kenyang lebih lama hingga jam makan siang tiba. Dan dalam setahun bobot responden yang menerapkan trik ini, berkurang hingga 2 kg.
Jangan Abaikan 7 Gejala Berikut!
Ghiboo.com
Sakit kepala
Banyak orang sering mengalami sakit kepala sebelah atau migrain. Secara tiba-tiba terserang migrain memang amat mengganggu. Berhati-hatilah, keseringan sakit kepala berat merupakan sinyal aneurisma otak. Jika dibiarkan bisa menyebabkan kerusakan otak dalam beberapa menit. Kebiasaan merokok dan memiliki riwayat keluarga menderita aneurisma, semakin memperbesar peluang terkena penyakit tersebut.
Gigi berdenyut
Menderita gigi berdenyut memang menyiksa. Gigi sering berdenyut menjadi sinyal adanya kerusakan pada saraf gigi. Bisa disebabkan karena enamel gigi retak atau membusuk. Jika tidak segera diatasi bisa membuat bakteri dalam mulut yang dapat menginfeksi saraf dengan mudah.
Nyeri di satu sisi
Jika Anda sering merasa seolah-olah sedang ditusuk di bagian kanan yang disertai juga mual dan demam, bisa menjadi pertanda Anda mengalami usus buntu. Kemungkinan lain, bisa menjadi pertanda adanya kista ovarium.
Nyeri dada
Sering merasa nyeri dada, bisa jadi itu sinyal adanya masalah jantung. Gejala ini lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita. Ada kalanya, gejala hanya berupa, dada terasa ditekan disertai dengan kelelahan, sakit tenggorokan atau sesak nafas.
Perut kembung
Perut kembung dan terasa seperti banyak gas memang tak enak. Gejala ini sering dialami wanita saat menstruasi. Namun, berhati-hatilah. Perut kembung bisa menjadi tanda terburuk dari kanker ovarium. Pada tahun 2007, Gynecologic Cancer Foundation merilis konsensus nasional pertama mengenai gejala awal, seperti bengkak, nyeri panggul atau perut dan kesulitan makan selama lebih dari dua hingga tiga minggu.
Kesemutan di jari kaki
Sering mengalami kesemutan pada jari kaki menjadi sinyal adanya saraf tulang belakang tertekan oleh bantalan tulang di tulang belakang. Jika dibiarkan terus-menerus, Anda berisiko mengalami kerusakan saraf permanen dan membuat jari kaki Anda mati rasa.
Kaki bengkak
Betis terlihat bengkak, merah atau hangat saat disentuh? Anda mungkin menderita trombosit vena (DVT), atau dikenal sebagai penggumpalan darah. Risiko ini sering terjadi pada orang yang melakukan penerbangan selama berjam-jam, perokok dan wanita yang mengonsumsi pil KB juga berisiko tinggi mengalami penggumpalan darah.
Sebab-sebab Sering Merasa Lelah dan Cara Mengatasinya
1. Infeksi sinus
"Infeksi sinus dapat menyebabkan kelelahan," kata para peneliti. Memerangi masalah sinus adalah seperti memerangi flu yang melibatkan sistem kekebalan tubuh, dan dapat memicu kelelahan yang dapat dirasakan selama berbulan-bulan," jelas otolaryngologist Jordan S. Josephson, MD.
"Cara mengatasi infeksi sinus dapat dengan melakukan pembilasan atau pembersihan pada sinus. Membilas sinus dengan air garam mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan pada 84 persen wanita yang diteliti. Sebaiknya pelajari terlebih dahulu cara membersihkan sinus atau berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter," kata peneliti dari Lahey Clinic di Burlington, MA.
2. Dehidrasi ringan
"Dehidrasi ringan membuat sulit bagi sel-sel otak untuk berkomunikasi dengan baik. Dehidrasi juga dapat membuat volume darah dan tekanan darah rendah, sehingga memperlambat aliran oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh," kata peneliti Harvard.
Dalam penelitian baru di Kanada McMaster University, ketika subjek kehilangan hanya 2 persen dari air yang disimpan dalam jaringan tubuh, tingkat energi dapat turun sebanyak 30 persen. Untuk segera mengatasi dehidrasi tersebut dapat dengan meminum air putih dengan cukup.
3. Kadar zat besi rendah
"Hampir satu dari lima wanita kekurangan zat besi. Zat besi sangat penting untuk membangun otot, memperbaiki jaringan yang rusak, dan memproduksi energi sel sehingga dapat menyebabkan kelelahan kronis," jelas Jacob Teitelbaum, MD.
Untuk mengatasi kelelahan yang disebabkan karena kekurangan zat besi, maka dapat mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi, seperti daging merah dan sayuran hijau.
4. Kelelahan adrenal
Adrenal menghasilkan hormon yang membantu tubuh menanggapi cuaca dan aktivitas fisik. Stres kronis yang berlebihan dapat menghambat produksi energi hormon seperti adrenalin. Untuk mengurangi kelelahan tersebut maka dapat dengan melakukan pijat yang dapat merelaksasi sistem saraf pusat.
5. Defisiensi vitamin B12
Penelitian mengejutkan di Tufts University di Medford, MA, menunjukkan bahwa 40 persen wanita kekurangan vitamin B12. Salah satu tanda pertama dari kekurangan gizi adalah kelelahan, karena B12 membantu mengubah makanan menjadi energi. Makanan yang mengandung vitamin B12 atau suplemen B12 dapat memperbaiki kelelahan tersebut.
6. Kerja kelenjar pineal lambat
Kelenjar ini bertanggung jawab untuk memproduksi melatonin. Idealnya, produksi melatonin harus cukup karena melatonin membuat mengantuk dan membantu untuk mendapatkan tidur yang baik," kata Norman E. Rosenthal, MD, seorang profesor klinis psikiatri dari Washington’s Georgetown Medical School.
Untuk mengatasi hal tersebut maka 2 jam sebelum tidur, hindari lampu fluorescent. Menurut peneliti UCLA, orang yang terkena cahaya yang lebih terang di malam hari menghabiskan sampai waktu 40 persen lebih pada tahap yang lebih dalam tidur.
7. Suasana hati buruk
Gejala ringan dari suasana hati yang buruk adalah kelelahan. Untuk mengatasi hal tersebut maka dapat menghibur diri dan melakukan hal-hal yang menyenangkan, misalnya dengan menghabiskan waktu dengan teman baik.

8. Infeksi jamur secara terus-menerus
Orang 2 kali lebih mungkin merasa lelah jika terus-menerus terinfeski jamur. Sistem kekebalan tubuh menghasilkan aliran protein inflamasi ketika terinfeksi spora jamur. Peradangan kronis sangat menguras energi tubuh dan sistem saraf, kata peneliti Tucson’s University of Arizona.
Untuk mengatasi hal tersebut maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, juga sebaiknya lebih menjaga kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal.
9. Pertumbuhan berlebih dari jamur di saluran pencernaan
"Hingga 33 persen wanita memiliki kondisi yang disebut intestinal dysbiosis. Intestinal dysbiosis dapat menyebabkan produksi biotoksin. Biotoksin merupakan produk limbah yang melakukan perjalanan melalui aliran darah dan mengganggu fungsi otak, serta mengganggu konsentrasi," kata Dr Teitelbaum.
Menurut penelitian di Finland’s University of Tampere, makan secangkir yogurt setiap hari dapat mengisi kembali saluran pencernaan dengan bakteri sehat dalam waktu 3 minggu.
10. Defisiensi boron
"Boron merupakan mineral sering diabaikan dalam uji klinis. Tetapi peneliti USDA telah menemukan bahwa, mineral itu penting untuk pembentukan energi gelombang otak. Cara mengatasi kelelahan akibat hal tersebut dapat dengan mengonsumsi almond dan hazelnut," kata para peneliti.
6 Manfaat Kesehatan dari Menangis
1. Membantu Melihat
Fungsi dasar air mata adalah memungkinkan manusia untuk melihat. Air mata tidak hanya melumasi bola mata dan kelopak mata, tapi juga mencegahnya agar tidak kekeringan. Jika tidak dilumasi dengan baik, maka mata tidak dapat melihat.
2. Membunuh Bakteri
Air mata sebeanranya adalah zat antibakteri dan antivirus yang bekerja melawan semua kuman dari tempat-tempat yang dikunjungi. Air mata mengandung lisozim, cairan anti kuman yang dapat membunuh 90 - 95 % bakteri hanya dalam 5-10 menit.
3. Menyingkirkan Racun
Ahli biokimia bernama William Frey telah meneliti air mata dan menemukan bahwa air mata yang terbentuk ketika mengalami kesedihan lebih beracun dari air mata yang terkena debu atau iritasi. Ternyata, air mata tersebut mengeluarkan racun dari tubuh yang terbentuk karena stres.

4. Meningkatkan Suasana Hati
Terlalu banyak kadar zat mangan (Mn) dapat menyebabkan hal-hal buruk seperti: kecemasan, kegelisahan, lekas marah, kelelahan, agresi, gangguan emosional, dan seluruh perasaan negatif lainnya. Menangis menurunkan kadar mangan seseorang. Air mata yang keluar ketika sedih mengandung konsentrasi protein 24 % lebih tinggi dan dapat mengangkut molekul mangan yang beracun.
5. Menurunkan Stres
Air mata memiliki fungsi seperti keringat dalam berolahraga, maka menangis baik untuk meredakan stres. Air mata mengurangi beberapa bahan kimia yang muncul dalam tubuh karena stres seperti endorfin, leusin-enkaphalin, dan prolaktin. Tapi di satu sisi, air mata juga dapat meningkatkan tingkat stres dan memperparah penyakit yang diakibatkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan maag.
6. Menarik Simpati dan Mendekatkan Diri dengan Orang Lain
Air mata secara dramatis dapat mengubah pendangan seseorang dan menyatukan orang dengan cara yang tulus. Air mata dapat memecah dinding emosional dan hambatan mental dalam diri sendiri terhadap orang lain.
Tips Pola Hidup Sehat
 Pola hidup sehat, Anda tahu arti “pola hidup sehat”? Secara umum, orang yang sehat tidak merokok, memiliki berat badan ideal, makanmakanan sehat dan olahraga. Kedengarannya sederhana, bukan?
Tips pola hidup sehat adalah dengan membuat perubahan kecil, mengambil langkah-langkah lebih lanjut, konsumsi buah untuk makanan sehari-hari, minum air yang cukup. Ini hanya beberapa cara untuk dapat memulai menjalankan pola hidup sehat tanpa perubahan drastis.
Salah satu masalah terbesar di Indonesia adalah kurangnya aktivitas fisik ( olahraga ). Kita tahu itu baik untuk kita tapi hindari jika terlalu berlebih karena jika kita terbiasa atau takut bahwa olahraga menjadi beban dan menguras waktu kita. Sebenarnya, gerakan sederhana yang dilakukan sudah cukup. Bahkan kegiatan sehari-hari seperti tugas, berkebun dan berjalan dapat dimaksimalkan.

Manfaat pola hidup sehat

Dengan menambahkan pola hidup sehat, Anda dapat:
§  Mengurangi resiko jantung, stroke dan penyakit diabetes
§  Meningkatkan stabilitas sendi
§  Meningkatkan dan meningkatkan jangkauan pergerakan
§  Bantuan mempertahankan fleksibilitas
§  Menjaga massa tulang
§  Mencegah osteoporosis dan patah tulang
§  Meningkatkan mood dan mengurangi gejala kecemasan dan depresi
§  Meningkatkan harga diri
§  Meningkatkan memori pada orang lanjut usia
§  Mengurangi stres
Pada beberapa studi telah ditemukan bahwa hanya penurunan berat badan 10% membantu penderita obesitasmenurunkan tekanan darah, kolesterol dan meningkatkan umur panjang. Anda dapat memulai proses penurunan berat badan sekarang dengan diet yang teratur. Jika Anda tidak siap untuk program diet terstruktur, mulai dari hal yang kecil kecil saja. Pola hidup sehat membantu meningkatkan kualitas hidup Anda.
Hal yang dapat anda lakukan, seperti menyesuaikan kebiasaan dengan kebutuhan anda. Misalnya pada kebiasaan makan. Makan makanan sehat adalah bagian lain dari gaya hidup sehat. Tidak hanya dapat membantu diet bersih dengan manajemen berat badan, juga dapat meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup. Melakukan pola hidup sehat tidak harus berarti perubahan drastis. Bahkan, perubahan drastis hampir selalu menyebabkan kegagalan. Membuat perubahan kecil dalam cara anda hidup setiap hari dapat menyebabkan manfaat besar, jadi cari tahu apa yang dapat Anda lakukan untuk hidup sehat!
1. Udara bersih, paru-paru pun sehat
Untuk terhindar dari gangguan pernapasan, hiruplah udara yang bersih dan sehat. Caranya ? Tidak perlu repot mencari udara pegungungan, udara pagi pun sangat baik bagi paru-paru Anda. Selain itu hindari pula udara tercemar, seperti asap rokok, asap kendaraan atau debu. Bersihkan rumah dan ruangan kerja secara teratur, termasuk perabot, kipas angin dan AC.
2. Banyak minum air putih
Air putih adalah yang terbaik dari minuman apapun. Biasakanlah minum air putih 8-10 gelas per hari. Kebiasaan ini akan membantu menjaga kelancaran fungsi ginjal dan saluran kemih. Upayakan untuk minum air hangat di malam hari dan air sejuk (bukan air es) di siang hari. Tambahkan juga sedikit perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Selain baik untuk menyegarkan diri, minuman ini sekaligus membantu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh.
3. Konsumsi menu bergizi dan seimbang
Pilihlah menu dengan gizi yang cukup, seimbang, dan bervariasi. Perbanyak konsumsi sayuran hijau dan buah yang mengandung banyak serat dan zat gizi yang diperlukan tubuh serat. Sebisa mungkin hindari junk food dan makanan olahan, serta kurangi konsumsi garam dan gula. Satu lagi, jangan lupa sarapan pagi! Karena sarapan pagi dapat menunjang aktifitas kita sepanjang hari.
4. Seimbangkan antara kerja, olahraga dan istirahat
Kerja keras tanpa istirahat sama sekali tidak ada untungnya bagi Anda. Biasakan istirahat teratur 7-8 jam pada malam hari, dan jangan sering begadang atau tidur terlalu malam. Cobalah menggunakan waktu senggang untuk berolahraga ringan atau sekedar melemaskan otot-otot persendian.
Dengan berolahraga 2 - 3 kali per minggu, selama 30 - 45 menit, cukup membuat tubuh bugar dan stamina prima.

5. Kontrol kerja otak
Otak, seperti halnya tubuh kita, dia juga butuh istirahat. Jangan terlalu memberi beban terlalu banyak, karena otak pun memiliki memori yang terbatas. Lakukan kegiatan di waktu senggang yang membuat otak bekerja lebih santai, misalkan melakukan hobi yang menyenangkan, seperti melukis, membaca novel terbaru atau hanya sekedar mendengarkan musik.
6. Jalani hidup secara harmonis
Manusia merupakan mikrokosmos yang harus mematuhi alam sebagai makrokosmos jika ia ingin tetap sehat. Lakukan semua itu sebagai upaya pencegahan dengan selalu mengingat nasihat orang bijak untuk “membuat sumur sebelum timbul rasa haus”.
Gunakan akal sehat! Itu kuncinya, jangan mengorbankan hidup dengan menuruti kesenangan diri lewat kebiasaan hidup yang buruk dan beresiko. Misalkan, minum-minuman keras, merokok atau menggunakan obat-obatan terlarang. Cobalah untuk menjalani hidup secara harmonis, sebisa mungkin perkecil resiko terjadinya stres emosional atau psikis.
7. Gunakan suplemen gizi
Hanya jika perlu! Tubuh kita memerlukan antioksidan (beta-karoten), vitamin C, vitamin E, dan selenium. Semua zat ini dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan vitalitas dan memperpanjang usia harapan hidup. Untuk memperolehnya banyak cara yang bisa dilakukan.
Selain mengkonsumsi makanan segar, bisa juga dengan cara mengkonsumsi suplemen kesehatan yang banyak dijual di pasaran. Sebaiknya, penggunaan suplemen makanan lebih dianjurkan sebagai terapi alternatif saja dengan mengutamakan jenis suplemen makanan yang sudah diteliti dan bermanfaat.

Tips untuk si Malas Agar Bisa Hidup Sehat
1. Tidur yang Cukup
Jam tidur yang baik untuk kesehatan orang dewasa adalah 7-8 jam per harinya, sedikitnya 9 jam untuk remaja, atau 10-12 jam untuk anak-anak.
Pengendalian diri terhadap godaan untuk bermalas-malasan membutuhkan satu ton kekuatan otak, dan ketika Anda lelah, tubuh cenderung tidak memberikan glukosa yang cukup ke otak untuk melakukan kemauan.
2. Bermeditasi selama lima menit sehari
Duduklah dengan tegak dan fokuskan perhatian pada hal yang telah Anda rencanakan sebelumnya untuk membangun kemauan ketika Anda mulai merasa malas melakukannya.
Menurut Kelly McGonigal dalam buku The Willpower Instinct, meditasi baik dilakukan sebagai latihan untuk membangun kontrol diri. Meditasi membuat Anda berlatih untuk meningkatkan kesadaran dan juga membantu memperkuat kontrol terhadap diri sendiri.
3. Hindari Alkohol
Alkohol dapat menurunkan glukosa darah Anda, yang berdasarkan studi dapat melemahkan tekad Anda. Alkohol juga mengurangi kesadaran diri, padahal kesadaran dirilah yang paling dibutuhkan untuk membawa Anda kembali ke tujuan awal.
4. Membuat rencana untuk menghadapi godaan-godaan yang akan Anda hadapi
Tulislah sebuah rencana sederhana yang mungkin akan menghambat tekad dan kemauan Anda melakukan suatu hal. Ketika rasa malas datang, Anda dapat membaca catatan Anda agar kembali termotivasi.
5. Ingatkan diri Anda terhadap kerugian yang akan Anda alami jika tidak melakukannya
Beberapa kegiatan seperti olahraga di pagi hari memiliki manfaat yang sangat besar terhadap kesehatan Anda.
Ingatlah beberapa kerugian yang akan Anda alami jika Anda mengurungkan niat untuk melakukannya, seperti perut yang membuncit dan berbagai penyakit yang mungkin mengancam Anda.
4 Kebiasaan Buruk yang dapat Memotong Umur hingga 12 Tahun
1. Merokok
Sebuah studi menyatakan bahwa orang akan dapat berhenti merokok dengan sendirinya ketika memikirkan imbasnya terhadap kesehatan anggota keluarga dan orang-orang yang Anda sayangi. Setelah Anda menghentikan kebiasaan itu, para ahli menyarankan untuk membersihkan karpet dan furnitur yang mengandung zat kimia beracun dalam catnya dengan menjemurnya di tengah terik matahari untuk membantu memecah beberapa kontaminan berbahaya.
2. Minum minuman beralkohol
Cobalah berkonsultasi kepada terapist yang dapat membantu Anda terbebas dari kecanduan alkohol. Perlahan-lahan tinggalkan kebiasaan minum minuman beralkohol dengan mengurangi dosisnya atau memilih anggur merah organik yang mengandung jumlah yang lebih besar dari phytochemical yang dapat melindungi jantung dan membantu mengatur metabolisme.
3. Pola makan yang buruk
Makanan olahan kadang-kadang memang lebih praktis dan mudah didapat daripada buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Tapi sekarang saatnya untuk mulai membuat kebiasaan makan yang sehat dengan mengganti makanan-makanan instan dalam kemasan di kulkas dengan sayur dan buah.
4. Kurangnya aktivitas fisik
Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga memiliki kemampuan-bahkan lebih daripada obat untuk meningkatkan produksi bahan kimia dalam tubuh yang penting untuk meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan menurunkan risiko penyakit kronis. Luangkan waktu Anda untuk berolahraga empat kali seminggu selama 30 menit.
Wanita Memiliki 5 Keuntungan Kesehatan daripada Pria
1. Penyakit Parkinson
Berdasarkan hasil analisis dari tujuh studi yang telah dilakukan oleh para peneliti dari University of Virginia School of Medicine melaporkan bahwa, pria 1,5 kali lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit Parkinson dibandingkan dengan wanita.
Salah satu alasan untuk perbedaan tersebut, mungkin bahwa estrogen melindungi wanita dari gangguan neurodegeneratif. Namun, efeknya belum dipahami dengan baik. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian yang telah diterbitkan dalam Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatry.

Di antara orang yang memiliki Parkinson, beberapa gejala akan lebih terasa pada wanita. Sebagai contoh, pasien wanita mengalami kelelahan lebih kronis daripada pasien pria. Hal tersebut telah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University Hospital Akershus, Norwegia dan telah diterbitkan dalam jurnal Movement Disorders.
2. Kanker hati
Wanita cenderung memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengembangkan karsinoma hepatoseluler dibandingkan dengan pria. Karsinoma hepatoseluler merupakan jenis yang paling umum dari kanker hati.
Tingkat kejadian untuk pria adalah sekitar 3 kali lebih tinggi dibandingkan dengan wanita. Hal tersebut menurut hasil laporan tahun 2010 oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC).
Para peneliti di University of Bologna, Italia mencapai kesimpulan yang sama pada tahun 2001 setelah mempelajari 417 pasien Italia, 313 dari pasien tersebut adalah dengan sirosis hati. Sirosis hati merupakan faktor risiko karsinoma hepatoseluler dan sisanya dengan karsinoma hepatoseluler. Hasil studi tersebut telah muncul dalam jurnal Gut.
Wanita dengan kasus fatal kanker hati dapat hidup lebih lama daripada pria dengan penyakit tersebut. Peneliti dari University of Pittsburgh menemukan bahwa, rata-rata wanita yang memiliki tumor yang tidak dapat diambil dengan tindakan pembedahan masih dapat hidup hingga 5 bulan lagi. Hasil penelitian tersebut telah diterbitkan dalam diterbitkan dalam Hepatology International.
3. Melanoma
Menurut National Cancer Institute, dari 68.000 orang di Amerika Serikat yang didiagnosa dengan melanoma pada tahun 2010, hampir 39.000 atau 57 persen adalah pria. Satu alasan untuk tingkat insiden yang lebih rendah pada wanita bisa jadi karena wanita cenderung mengambil langkah perawatan preventif untuk melindungi kulit.
Dalam sebuah survei terhadap 31.428 warga Amerika oleh para peneliti dari Centracare Clinic researchers, Minnesota, sekitar 11,2 persen wanita mengatakan tinggal di tempat teduh, dibandingkan dengan 6,2 persen pria. Hasil studi tersebut telah dipublikasikan dalam American Journal of Surgery.
Di luar perbedaan jenis kelamin, peneliti dari University of Texas Medical Branch menemukan hubungan antara tingkat melanoma dan pendapatan masyarakat. Melanoma lebih umum di antara orang Amerika dengan pendapatan yang lebih tinggi, yang mungkin lebih sering terpapar sinar matahari.
4. Barrett esophagus

Wanita tampaknya memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengembangkan Barrett esophagus dibandingkan dengan pria. Barrett esophagus merupakan sebuah kondisi di mana lapisan esofagus rusak oleh asam lambung.
Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam The American Journal of Gastroenterology, kondisi tersebut 2 kali lipat terjadi lebih banyak pada pria dibandingkan dengan wanita di antara pasien Mayo Clinic yang sedang dirawat karena masalah kerongkongan,
Para peneliti di University of Texas Medical Branch juga menemukan bahwa Barrett esophagus lebih umum di antara pria. Hasil studi tersebut telah dipublikasikan dalam Digestive Diseases and Sciences.
Ketika para peneliti dari Portland VA Medical Center di Oregon memeriksa data rawat inap yang terkait dengan penyakit gastroesophageal reflux menemukan bahwa, Barrett esophagus dan kanker kerongkongan lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Hasil studi tersebut telah muncul dalam para peneliti dari Portland VA Medical Center di Oregon.
Hormon seks wanita dapat melindungi wanita dari mengembangkan Barrett esophagus, tetapi penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami perbedaan tersebut.
5. Kanker kepala dan leher
Pria 3 kali lebih mungkin untuk mengembangkan kanker skuamosa kepala dan leher dibandingkan dengan wanita. Hal tersebut menurut hasil sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal cancer journal CA. Kanker skuamosa timbul dari sel datar ditemukan di permukaan kulit dan lapisan organ tubuh.
Peneliti dari National Cancer Institute menemukan bahwa, pria perokok memiliki tingkat insiden yang lebih tinggi dari kanker kepala dan leher dibandingkan dengan wanita perokok. Hal penelitian tersebut telah diterbitkan dalam jurnal Cancer.
Para peneliti menduga bahwa, kadar estrogen dan progesteron yang lebih tinggi pada wanita dapat menurunkan risiko untuk kanker kepala dan leher, serta kanker pada saluran pencernaan bagian atas, termasuk perut dan kerongkongan.
Tertawalah! Anda Akan Sehat dan Berumur Panjang
* Lebih mudah bernafas
"Sembilan puluh prosen tertawa melibatkan pernafasan yang dalam," kata Dacher Keltner, Ph.D., guru besar psikologi di University of California di Berkeley dan penulis buku Born to Be Good. "Ketika menghembuskan nafas, denyut nadi dan tekanan darah turun dan Anda memasuki kondisi tenang. Anda akan merasakan sensasi pelepasan dari tertawa."
* Hubungan yang lebih baik.
Pasangan yang menceritakan lelucon ringan dan ikut tertawa untuk meredakan ketegangan cenderung memiliki perkawinan yang lebih baik, kata psikolog John Gottman, Ph.D., dari Gottman Institute, pusat konseling masalah hubungan sosial di Seattle.
* Melawan stres
Tertawa bisa menurunkan hormon stres dopac, kortisol, dan epinephrine sampai berturut-turut 38%, 39%, dan 70% menurut penelitian di Loma Linda University, California. Penelitian di Universitas Maryland dengan mempertontonkan film pendek, mereka yang menonton film jenaka mengalami peningkatan aliran darah ke jantung sebanyak 22%.
* Merasa lebih sehat
Tertawa tak hanya melepaskan ketegangan, tapi juga membuat Anda lebih sehat. Orang yang tertawa 10 - 25 kali sehari lebih sedikit terkena penyakit dibandingkan dengan mereka yang kurang dari jumlah itu dalam seharinya. Begitu menurut penelitian International Journal of Medical Sciences tahun 2009.
* Bekerja lebih baik
Menurut survei Men's Health, dari hampir 600 lelaki yang menjadi responden, 73%-nya menyatakan bahwa memiliki selera humor membuat mereka lebih baik dalam bekerja.
Cara Memulai Kebiasaan Hidup Sehat
1.    Jangan mencoba melakukan perubahan terlalu banyak atau secara sekaligus, tapi mulailah dari hal-hal kecil
2.    Milikilah satu alasan kuat mengapa harus melakukan perubahan tersebut dan katakan pada diri sendiri 'Saya benar-benar harus melakukan hal itu'.
3.    Ketahui manfaat apa yang bisa didapatkan jika berhasil melakukan perubahan tersebut
4.    Luangkan waktu untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan baru ini, misalnya bangun 1 jam lebih awal.
5.    Buatlah sesuatu yang bisa menjadi pengingat yang kuat, misalnya dengan menuliskan tujuan dari perubahan ini di dinding kamar atau meletakkan foto yang menggambarkan hasil yang akan didapatnya.
6.    Memantau kemajuan yang ingin didapatnya, misalnya melalui buku harian atau catatan kegiatan rutin


Tubuh Sehat Diawali Konsumsi Minuman yang Tepat
TRIBUNNEWS.COM -
1. Awalilah menu minuman (atau makanan) pagi Anda dengan jus sayuran. Brokoli, wortel, bayam, dan ketimun adalah sayur-sayuran dengan konsentrasi air juga serat yang tinggi.
2. Konsumsilah teh setidaknya 2 cangkir setiap harinya. Minuman teh hijau memiliki manfaat lebih banyak bagi kesehatan ketimbang teh hitam dan mudah ditemukan di tempat perbelanjaan terdekat di rumah Anda. Usahakan memilih teh tubruk (bukan teh bubuk) dan bukan teh celup. Ingat, tidak pakai gula.
3. Makan 5 porsi buah yang berbeda setiap harinya. Ya, buah juga sumber minuman. Bisa dikatakan dapat memakan minuman Anda sendiri.
4. Jangan kaget melihat jumlahnya. Satu porsi buah bukan berarti satu buah. Seiris pepaya, seiris semangka, beberapa iris apel, jeruk, dan mangga, bisa jadi pilihan tepat. Mungkin Anda bisa mulai mencari tukang rujak yang dapat menjadi langganan Anda di sekitar tempat aktivitas harian Anda. Sudah sehat, segar pula.
5. Kurangi asupan karbohidrat dan lemak dan tambahkan porsi sayur Anda. Karbohidrat dan lemak menyerap air sehingga mereka yang mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat dan lemak biasanya mudah merasa badannya panas.
6. Tidak perlu makan suplemen. Mengkonsumsi suplemen berarti minum air putih lebih banyak agar tidak ada pengendapan ginjal akibat bahan-bahan kimia pembentuk suplemen-walau para produsennya mengaku menggunakan teknologi alami. Lagipula, bila pola makan Anda sudah benar, berarti kebutuhan vitamin bagi tubuh Anda juga sudah tepat. Vitamin yang berlebih juga akan keluar melalui air seni, jadi buat apa-apa buang-buang uang?
7. Lebih banyak minum di kala pagi menjelang sore dan kurangi ketika menjelang malam. Anda tidak mau kan terganggu tidurnya karena bolak-balik ke kamar mandi?
8. Saat puasa lebih baik mencukupkan porsi minuman dengan cara mencicil dari sejak buka puasa hingga imsak. Penyerapan cairan akan lebih efektif ketimbang minum sekaligus empat gelas pada saat sahur. Bukannya terserap tubuh, tetapi malah beser.
9. Bagi ibu menyusui, minumlah sebelum dan sesudah menyusui agar mempercepat pengisian ulang air susu ibu.  
10. Minum usai olahraga memang melegakan, tetapi minumlah dengan perlahan dan tidak sekaligus. Lakukanlah dalam keadaan santai alias tidak ngos-ngosan karena picu jantung masih sangat kencang.
11. Pada suhu udara yang sangat panas dan kering disarankan mengkonsumsi minuman dingin untuk menghindari dehidrasi. Biasanya terjadi di daerah-daerah gurun pasir atau savana.
12. Hindari soda dan kafein. Soda menyerap air yang begitu banyak sehingga kita akan selalu merasa haus walau sudah meminum air soda dalam jumlah banyak. Sedangkan endapan kafein dapat mengganggu ginjal Anda.



Stop Menyentuh Wajah dengan Tangan!
Secara tak sadar, kita pasti sering menyentuhkan tangan pada wajah, entah itu untuk mengelus-elus dagu, menyentuh pipi, menggaruk hidung, menyandarkan pipi ke telapak tangan, atau sekadar mengenyahkan rambut yang menutupi muka. Sadarkah Anda bahwa kemungkinan besar itulah yang membuat wajah Anda berjerawat?


Telapak tangan = sumber bakteri
Nyaris semua aktivitas kita sehari-hari dilakukan dengan tangan. Maka tak heran jika sebagian besar bakteri dan kuman yang kita temui setiap hari menempel di tangan kita.

Jerawat terbentuk saat pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati, minyak, atau kosmetik, kemudian bercampur dengan bakteri. Bayangkan apa yang terjadi saat kulit wajah kita sudah ditutupi oleh minyak dan debu setelah seharian beraktivitas, lalu tangan kita yang penuh kuman menyentuh-nyentuh kulit. Tak heran jika jerawat di wajah tak kunjung berkurang.

Masalahnya, biasanya aktivitas menyentuh wajah ini dilakukan secara tidak sadar. Atau jika dilakukan secara sadar, sulit sekali rasanya untuk menahan diri. Bagaimana caranya menghentikan kebiasaan buruk ini?

1. Pastikan tangan selalu bersih
Tak salah jika sejak dulu ibunda selalu mengingatkan untuk mencuci tangan dengan sabun. Tak perlu sering-sering, karena akan membuang bakteri baik dan membuat kulit tangan jadi kasar, namun setidaknya selalu cuci tangan setiap habis melakukan aktivitas yang mentransfer banyak kuman.

Ingat, setelah tangan dicuci, bukan berarti kita bebas menyentuh wajah. Ini hanya untuk jaga-jaga, setidaknya jika kita tak sengaja menyentuh wajah, tangan sedang dalam keadaan "tak kotor-kotor amat".

Yang terpenting, pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih saat tiba waktunya mengoleskan pelembab, sunscreen, krim malam, masker, atau obat jerawat.

2. Jangan memainkan rambut
Rambut mengandung minyak yang jika menyentuh wajah (baik langsung maupun melalui perantara tangan) bisa menambah penumpukan minyak di kulit muka dan menyebabkan jerawat.

3. Gunakan punggung tangan
Jika Anda benar-benar harus menyentuh wajah, misalnya untuk mengenyahkan benda asing, gunakan punggung tangan dan bukan telapak tangan. Punggung tangan tidak bebas kuman, tapi jumlahnya tak sebanyak kuman di telapak tangan.

4. Sibukkan tangan Anda
Biasanya kebiasaan menyentuh-nyentuh jerawat dan mengelus-elus kulit wajah dilakukan saat sedang iseng. Untuk mengalihkannya, beri kebiasaan lain bagi tangan Anda, misalnya memainkan jemari tangan. Memasukkan tangan ke dalam saku, memegang sebuah benda dengan dua tangan, dan melipat tangan di depan dada juga bisa jadi "penahan" agar tangan tak jalan-jalan.

5. Pakai sarung tangan
Ini berlaku untuk Anda yang sering tak sengaja menyentuh wajah saat tidur di malam hari. Tentunya Anda harus memastikan sarung tangan Anda bersih dan selalu rutin dicuci. Mau trik oke? Oleskan lotion pelembap ke telapak tangan sebelum tidur dan tutupi dengan sarung tangan. Anda pun akan bangun dengan tangan yang lembut dan halus.

6. Libatkan orang-orang terdekat
Beri tahu sahabat, kekasih, adik, kakak, mama, papa, dan rekan-rekan kerja tentang efek buruk menyentuh wajah dengan tangan. Ingatkan mereka untuk menegur Anda saat Anda melakukannya.
Benda-benda yang Wajib Diganti Berkala untuk Kesehatan Kulit
Kulit sebagai bagian paling luar tubuh kerap bersentuhan dengan banyak hal. Jika tidak selalu dijaga kebersihannya, kulit mudah terserang penyakit atau menjadi jalan masuk kuman masuk ke tubuh. Maka dari itu, gantilah secara berkala benda-benda berikut ini:

Handuk
Ketika mengeringkan badan usai mandi, sel kulit mati ikut terseka dan beberapa menempel di serat kain handuk. Pada saat mengeringkan tubuh pula handuk menjadi lembap. Kombinasi antara sisa kulit mati dan kelembapan handuk menjadi tempat yang menarik bagi kuman dan bakteri untuk bersarang.

Handuk sebaiknya diganti seminggu dua kali (atau paling tidak seminggu sekali) jika Anda rajin menjemurnya di tempat panas usai digunakan. Semakin lama dibiarkan, maka semakin besar potensi kuman dan bakteri yang bersarang. Jangan lupa selalu jemur handuk di tempat yang terkena sinar matahari untuk mengurangi pertumbuhan kuman dan bakteri.

Seprai
Coba ingat-ingat kembali kebiasaan Anda; apakah sesampainya di rumah Anda langsung bersantai di tempat tidur sebelum berganti pakaian? Bayangkan berapa banyak kuman menempel dari sepanjang perjalanan Anda yang pindah ke seprai.

Sebaiknya bersihkan tubuh dan ganti baju sebelum Anda naik ke tempat tidur. Hal ini bisa membantu tempat tidur Anda lebih bersih dari kuman serta kotoran penyebab penyakit. Untuk Anda yang memiliki kebiasaan membersihkan diri sebelum naik ke tempat tidur, setidaknya ganti seprai Anda satu minggu sekali untuk menjaga kebersihan.

Namun, jika Anda tipe yang memanfaatkan tempat tidur sebagai tempat segala aktivitas seperti makan, menonton film, dan kegiatan lainnya sebaiknya ganti seprai Anda 2-3 kali seminggu. Sisa makanan yang mungkin tercecer di seprai merupakan undangan yang menarik bagi binatang-binatang kecil mulai dari semut sampai kecoa. Bukan tak mungkin, binatang kecil ini memutuskan untuk bergerilya ke tempat tidur pada malam hari, saat Anda terlelap. Usahakan bersihkan seprai dengan sapu lidi atau mengibasnya sebelum kembali digunakan untuk tidur setiap malam.

Jika sedang flu atau sakit, sarung bantal sebaiknya diganti setiap hari untuk menjaga kebersihan. Jika ada noda karena tumpahan cairan atau karena menstruasi sebaiknya segera ganti seprai Anda untuk menghindari tumbuhnya bakteri, kuman, serta binatang kecil yang bisa menyerang kulit. Penumpukan binatang kecil seperti kutu yang bersarang di tempat tidur dan bantal merupakan pemicu utama terjadinya iritasi, alergi pada kulit serta penyakit asma.

Spons bedak
Spons bedak paling sering bersentuhan dengan kulit wajah — yang merupakan salah satu bagian kulit tubuh yang paling sensitif. Idealnya 2-3 minggu sekali spons bedak Anda harus diganti. Selain itu, spons bedak wajib dicuci setiap hari dengan air hangat untuk mematikan kuman-kuman yang mungkin bersarang.

Usahakan selalu simpan spons bedak di tempat yang tertutup untuk menghindari masuknya bakteri. Salah satu cara mencuci spons yang disarankan adalah merendamnya dengan air hangat lalu dibilas. Jika memungkinkan, spons yang masih basah dimasukkan selama 30 detik ke dalam microwave dengan panas sedang untuk membantu membunuh kuman.

Kuas make-up
Untuk menjaga kesehatan kulit, kuas make-up wajib dibersihkan seminggu sekali. Terutama jika dipakai tiap hari. Gunakan shampo dan air hangat untuk membersihkannya. Setelah dikeringkan, simpan di tas make-up yang bersih. Kuas make-up berkualitas bagus bisa digunakan sampai satu tahun atau bahkan lebih. Jika bulu kuas mulai rontok atau bentuknya mulai berubah, itulah saatnya Anda membeli kuas yang baru. Memakai kuas yang rusak bisa meningkatkan risiko terjadinya iritasi dan jerawat pada kulit wajah.

Sikat gigi
Sikat gigi sebaiknya diganti setiap 3 bulan sekali. Sikat gigi yang rusak tidak lagi efektif untuk membersihkan gigi dan justru bisa merusak kulit bibir. Jika Anda memiliki penyakit pada gusi atau mulut sebaiknya ganti sikat gigi paling tidak satu bulan sekali untuk mencegah kuman berkembang biak. Selain itu, sebaiknya cuci sikat gigi Anda dengan air hangat atau ganti dengan yang baru setiap Anda selesai sakit flu, batuk, atau penyakit lainnya.

akarta - Merupakan hal yang biasa jika para pria menaruh dompetnya di saku belakang celana mereka. Namun kebiasaan itu justru bisa berbahaya karena mempengaruhi saraf-saraf tubuh.

Para ahli mengungkapkan orang-orang yang duduk dengan dompet di saku belakang celana memiliki risiko merusak saraf-saraf kunci. Kondisi ini sudah menjadi sangat umum di masyarakat hingga dijuluki dengan nama 'hip-pocket syndrome' atau 'wallet-neuropathy'.

Pria yang selalu meletakkan dompet di saku belakangnya adalah kelompok yang paling berisiko terkena kondisi ini. Ahli fisioterapi menuturkan adanya lonjakan jumlah pria yang menderita atau mengeluhkan sakit punggung bagian bawah, dan diduga posisi dompet menjadi penyebab utama kondisi ini.

"Saat ini semakin banyak pasien saya yang datang ke klinik dengan keluhan seperti itu. Kondisi ini dipicu oleh posisi dompet yang menekan saraf di belakang tubuh dan seiring waktu bisa menyebabkan linu panggul," ujar Julian Forth, seorang fisioterapis di Buckhurst Hill, Essex, seperti dikutip dari Detikhealth.

Firth mengungkapkan dompet tersebut akan menekan saraf-saraf di tubuh baik pada saat orang mengemudi atau ketika duduk di tempat kerja. Kondisi ini juga bisa mengakibatkan rasa sakit atau mati rasa pada pergelangan kaki, kaki bagian bawah dan menimbulkan rasa sakit saat berjalan, duduk atau berbaring.

Jika seseorang meletakkan dompet di saku belakang, maka akan menimbulkan ketidakseimbangan yang secara tidak sadar melibatkan otot, tulang dan yang paling penting adalah sistem saraf. Ketidakseimbangan ini membuat seseorang duduk cenderung miring dan mencoba untuk tetap menjaga keseimbangan yang berpusat pada panggul.

Kondisi ini kemungkinan melibatkan satu atau dua kurva kompensasi dari tulang belakang yang membuat posisinya menjadi tidak sejajar. Secara tidak sadar hal ini akan membuat bahu menjadi merosot. Itulah sebabnya meletakkan dompet di saku belakang bisa menyebabkan nyeri pada leher, punggung dan juga bahu.

Jika segera beritahu pasangan, keluarga atau kerabat pria Anda berpikir untuk menghindari kebiasaan tersebut. Meski demikian ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari risiko gangguan saraf, seperti dikutip dari siouxcityjournal.com yaitu:

1. Melakukan sedikit peregangan sebelum duduk

2. Mengeluarkan dompet dari saku belakang sebelum duduk meskipun dompet tersebut tidak tebal

3. Meletakkan dompet pada tempat alternatif lainnya seperti saku jaket atau di dalam tas

4. Duduklah dengan nyaman di kursi atau sofa dengan permukaan yang datar sehingga tidak mengganggu saraf dan struktur tulang serta ototnya benar

5. Jika sudah timbul keluhan sebaiknya segera konsultasikan dengan fisioterapis untuk memperbaiki postur tubuh dan tidak memperburuk keadaan.


Sumber Penyakit yang Berasal dari Tas Anda
Terlalu berat 
Hobo bag atau berbagai model tas besar memang terkesan bergaya. Tak hanya gaya, tas tersebut juga fungsional karena bisa memuat berbagai hal yang diperlukan. Idealnya tas yang dibawa sehari-hari, memiliki berat 1 kg atau maksimal 10% dari berat tubuh.
Sakit pada area sekitar leher, pundak, serta punggung umum terjadi pada wanita yang hobi membawa tas berat. Beberapa wanita bahkan juga bisa mengalami sakit kepala akibat beban berat pada pundak dan tangan mereka.
Kuras tas Anda paling tidak satu minggu sekali. Keluarkan benda-benda yang sudah tidak terpakai atau tidak diperlukan. Wanita sering membawa barang-barang yang tidak dibutuhkan dan hanya menjadi barang yang membuat tas semakin berat. Maksimalkan gadget Anda untuk menggantikan fungsi buku catatan, agenda, atau cermin.
Jangan simpan laptop atau benda berat di dalam tas tangan. Bagi beban Anda ke tas lain sehingga tidak ada tumpuan berat yang besar ke satu bagian tubuh saja.
Beberapa rumah mode terkemuka yang tanggap dengan permasalahan tersebut kini telah menyediakan tas dengan variasi ukuran untuk membantu wanita membawa beban yang lebih sehat. Prada, Celine, Tod's, Hermès dan beberapa merek lainnya kini telah merilis tas dengan berbagai ukuran untuk kenyamanan pelanggannya. Untuk satu model tertentu, tas bisa tersedia dalam ukuran kecil, sedang, dan besar.
Tali yang tipis & panjang
Tas yang berat ditambah tali yang tipis merupakan kombinasi sempurna untuk menyebabkan sakit punggung, pundak, dan leher. Tekanan yang berat pada area yang kecil membuat otot tertekan dan berpotensi menyebabkan sakit. Tas dengan tali yang lebar bisa mendistribusikan berat lebih baik.
Jika memilih menggunakan tas dengan tali yang tipis, usahakan bebannya tidak terlalu berat. Beban pada tas idealnya diletakkan sedekat mungkin dengan bagian tengah tubuh. Karena itu sebenarnya tas pinggang merupakan pilihan yang ideal walau jauh dari kesan bergaya.
Tas selempang atau postman bag juga bisa menjadi pilihan yang baik karena bisa menyeimbangkan berat. Menurut British Chiropractic Association tas selempang yang baik adalah yang bertali pendek sehingga membuat tas dekat pada tubuh. Tas dengan tali panjang yang mengayun akan menganggu gerak tubuh dan bergesekan dengan pinggul, punggung, atau bahkan kaki. Untuk tas laptop, model tas punggung adalah yang paling baik.
Kurang variasi
Keseimbangan adalah hal yang baik, memakai tas yang sama, di sisi yang sama dalam waktu lama bisa menyebabkan nyeri pada area tersebut. Usahakan untuk berganti model tas secara berkala untuk kesehatan otot-otot tubuh. Gunakan tas tangan, tas punggung, atas tas pundak secara bergantian untuk mengurangi tekanan yang konstan pada bagian tertentu.
Saat menggunakan tas yang disandang di bahu usahakan untuk secara berkala memindahkan tas ke sisi bahu yang lain. Kebiasaan ini bisa mengurangi risiko nyeri pada sendi dan otot akibat tekanan yang berat dan terus menerus. Jika kedua pundak sudah terasa sangat nyeri, Anda tak ada pilihan lain kecuali menggendong tas Anda di depan tubuh untuk mengurangi rasa sakit.
Kotor 
Ini adalah masalah paling umum yang hampir dimiliki setiap wanita. Tas rentan dihinggapi kuman. Tas seringkali terekspos dalam lingkungan yang penuh kuman. Baik itu di kantor, kendaraan umum, atau ruang publik, berbagai virus dan bakteri bisa bersarang di tas Anda.
Jangan letakkan tas Anda di lantai toilet apapun alasannya. Begitu juga di lantai restoran, troli belanja, atau tempat lain yang bisa saja menjadi tempat transit kuman. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika menemukan 4 dari 5 tas mengandung kuman salmonella. Selain itu, bakteri lain seperti E. coli juga ditemukan di beberapa tas.
Karena sering dibawa ke toilet, kotoran manusia bahkan muntahan juga terdeteksi di beberapa tas dalam penelitian tersebut. Tutuplah toilet sebelum menyiram. Jika Anda pergi ke klub, usahakan untuk tidak meletakkan tas di meja atau di lantai yang mungkin saja terdapat bekas muntahan.
Kuman bisa menempel dari mana saja. Karena itu jaga kebersihan tas dan usahakan tidak meletakkan tas di atas tempat tidur atau di meja saat makan di restoran. Bersihkan tas setiap hari dengan cairan pembersih, terutama di bagian bawah.
Tas dengan bahan kain memang lebih rentan kuman menempel ketimbang tas dari bahan kulit atau plastik. Jangan lupa cuci secara berkala tas Anda terutama tas yang berbahan kain untuk menjaga kebersihannya. Bersihkan juga isi tas dari barang-barang yang bisa jadi sarang kuman dan keluarkan sisa makanan setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar