Minggu, 22 Januari 2012

Pakaian

Tinggalkan 4 Kebiasaan Buruk Dalam Berbusana
Garis pakaian dalam yang terlihat 
Kenakan pakaian dalam yang tepat jika memutuskan berpakaian ketat. Garis pakaian dalam yang terlihat atau visible panty line (VPL) merupakan kesalahan berbusana yang sering dilakukan para wanita. Garis celana dalam yang terlihat saat menggunakan rok atau celana ketat berbahan tipis merupakan kesalahan busana yang harus dihindari. Selain tak sedap dipandang mata, VPL membuat Anda terkesan “selebor” dan tidak peduli penampilan.
Jika memutuskan mengenakan dress ketat, pastikan Anda menggunakan celana dalam dengan desain jahitan 'seamless' atau tak terlihat. Pilihan lainnya adalah mengenakan celana dalam model G-string atau celana dalam yang panjang sampai paha.
Melupakan keseimbangan 
Untuk mendapatkan padu-padan yang serasi jangan pernah melupakan keseimbangan. Perhatikan beberapa aspek ini agar terhindar dari kesalahan berbusana.
Kecuali Anda akan pergi berenang atau berjemur, rumus keseimbangan panjang baju tetap berlaku. Memadukan rok mini dengan atasan yang juga sangat terbuka atau minimalis belum tentu tepat untuk semua orang. Perhatikan tujuan Anda pergi dan tema acara yang dihadiri. Kombinasi mini+minimalis umumnya hanya tepat untuk pesta pantai atau sejenisnya. Selain itu, seimbangkan bawahan mini Anda dengan atasan yang lebih tertutup, begitu juga sebaliknya.
Keseimbangan warna sangat penting dalam berbusana. Perhatikan juga proporsi tubuh dan keserasian padu-padan warna. Rumus umum yang aman adalah memadukan warna gelap dengan satu warna terang. Jika Anda mengenakan blus oranye, sebaiknya hindari memakai celana hijau terang jika tak ingin terlihat seperti wortel. Kenakan bawahan dengan warna gelap untuk menetralisir warna terang pada atasan Anda.
Garis-garis, polkadot, atau bunga-bunga? Sebaiknya pilih salah satu jenis motif saja. Memang beberapa orang sukses memadukan berbagai motif dalam satu busana, tapi mungkin mereka hanya Lady Gaga atau Nicky Minaj. Begitu juga jika mengenakan motif garis-garis. Sebisa mungkin hindari terlalu banyak jenis garis dalam satu kesempatan berbusana. Pilih salah satu, vertikal, diagonal, atau horizontal. Terlalu banyak jenis garis dalam busana akan membuat penampilan Anda terlihat “berat”.
Secara umum, menggunakan dua elemen berbahan denim, apalagi beda warna, merupakan pilihan yang kurang tepat. Hanya supermodel atau koboi yang tetap terlihat bergaya dengan paduan tersebut. Jika berencana menggunakan jaket denim, sebaiknya hindari mengenakan bawahan denim. Denim lebih menarik jika digunakan satu per satu daripada digunakan sekaligus.
Kusut dan kotor
Ini kesalahan yang sering dilakukan. Tak ada yang lebih menarik dari wanita yang tampil serasi dan terawat. Jangan pernah menyepelekan hal kecil seperti tas atau sepatu yang kotor. Bersihkan sebelum Anda pergi. Usahakan segera lap sepatu atau tas Anda jika terkena kotoran sewaktu dalam perjalanan. Pergi berkencan dengan ujung sepatu yang berlumpur dan hak sepatu yang kotor, berisiko menurunkan poin Anda di mata si dia. Jika ada kerusakan atau noda pada tas Anda segera bersihkan agar tidak terlihat kotor.
Baju kusut juga merupakan salah satu kesalahan yang sering dilakukan. Tak ada alasan untuk hal ini. Anda tak akan mendapatkan kesan positif apapun dari baju yang kusut. Sempatkan waktu sejenak untuk menyeterika baju yang kusut agar terlihat lebih rapih dan menarik. Dengan penampilan yang rapi dan bersih, Anda pasti terlihat semakin menarik.
Memaksakan diri
Berbusana yang baik adalah tentang keserasian dan keseimbangan. Karena itu jangan pernah memaksakan diri, apapun alasannya. Masing-masing bentuk tubuh memiliki jenis busana yang tepat. Jangan memaksakan diri mengikuti tren jika tak sesuai dengan kepribadian dan bentuk tubuh.
Untuk yang memiliki paha dan betis yang besar, jangan pernah memaksakan diri mengenakan jins yang super ketat. Begitu juga dengan warna rambut. Pirang umumnya hanya tepat untuk wanita berkulit putih di Eropa atau Amerika. Terlalu memaksakan diri untuk mengikuti trend dan penampilan yang tidak sesuai karakteristik tubuh hanya akan menuai cibiran untuk Anda.
Banyak cara untuk tampil gaya sesuai dengan bentuk tubuh dan kepribadian. Padu-padan yang tepat malah akan membuat tubuh dan penampilan Anda terlihat semakin menarik. Jangan jerumuskan diri Anda hanya sebagai korban mode sesaat.
Tips Memilih Warna Pakaian
1.    Jangan menggunakan pakaian yang memiliki lebih dari 3 warna dominan
     Sangat disarankan, saat anda memadu-padankan busana yang akan anda kenakan, sebaiknya anda memilih pakaian yang tidak memiliki terlalu banyak warna dominan yang sangat mencolok.
2.    Pilih warna yang sesuai dengan kulit
      Kenalilah warna-warna yang sesuai dengan kulit anda, misalnya jika anda memiliki kulit dengan warna gelap, kenakanlah warna-warna cerah seperti pituh, krem, abu-abu atau baby blue. Sebaliknya, jika anda memiliki kulit dengan warna lebih terang, anda dapat mencoba mengekplorasi warna seperti warna merah, hitam dan warna-warna solid lainnya.
3.    Jangan mengenakan celana dengan warna terang
    Untuk mencari aman, sebaiknya bila anda sudah mengenakan atasan yang berwarna-warni, pilihlah bawahan atau celana dengan warna netral atau gelap seperti hitam, blue jeans atau cokelat.
4.    Sesuaikan warna pakaian dengan waktu dan tempat
     Pilihlah pakaian-pakaian dengan warna yang gelap atau salem saat anda akan menghadiri acara di malam hari dan formal. Sebaliknya, untuk acara-acara yang lebih santai, anda dapat menggunakan warna-warna terang yang segar.
5.    Kenakan ikat pinggan yang sewarna dengan sepatu
    Biasakanlah untuk memakai ikat pinggang yang memiliki warna yang sama dengan sepatu anda. Misalkan sepatu anda berwarna hitam, sebaiknya anda memakai ikat pinggang dengan warna gelap terutama hitam.
Barang-Barang Wajib yang Harus Ada di Lemari Anda
Loose shirt/ kemeja
Loose shirt atau kemeja ini adalah salah satu jenis pakaian yang paling berguna, karena dapat anda pakai di semua acara, mulai dari acara kantor, kampus dan jalan-jalan semua masuk.
Little Black Dress
Ya, gaun hitam ini adalah investasi yang harus anda miliki. Gaun yang dipopulerkan oleh Audrey Hepburn saat dia memerankan Holly Gologhtly yang memakai little black dress dari Givenchy ini memang tidak akan lekang oleh waktu dan selalu dan menciptkan style baru saat dipadukan dengan items yang lain.
Tights/ legging
Saat anda tidak percaya diri saat akan memakai mini dress, tight adalah jawaban untuk menyempurnakan penampilan anda yang memukau. Apalagi saat ini tights dan leggings memiliki berbagai macam pilihan motif dan warna yang akan membuat penampilan anda semakin stylish. Jangan pernah ragu untuk memakai tight dengan warna-warna cerah seperti merah, kuning atau malah biru.
Blazer
Blazer adalah item selanjutnya yang wajib anda miliki. Apalagi, blazer mudah dipadukan dengan jeans maupun tank top, simple namun hasilnya classic. Hebatnya, blazer dapat dipakai untuk acara formal maupun santai.
Celana jeans
Ini dia barang super wajib yang harus ada di lemari anda. Jeans adalah pakaian yang tidak akan membuat kamu bosan atau ketinggalan jaman.
Basic
Kaos, kemeja, celana atau outerwear dengan warna-warna polos tanpa motif adalah penghuni selanjutnya yang harus anda miliki. Dengan memili basic items ini anda bebas memadu madankan dengan apa saja tanpa terlihat berlebihan.
5 Tipe Busana Wajib Punya
KOMPAS.com - 
Celana jins berwarna biru gelap
Celana jins pas badan yang sesuai bentuk tubuh akan membuat si pemakainya terlihat ultramenarik. Pilih yang berwarna gelap (dark wash) dengan potongan straight legatau boot cut yang akan menarik dikenakan segala bentuk tubuh di segala acara. Satu celana jins yang bagus, meski mahal, akan menjadi investasi berharga untuk Anda, karena bisa digunakan berulang-ulang tanpa ada yang tahu itu celana yang sama (asal Anda mengganti padanan atasannya).
Sepatu yang tepat
Sepatu yang manis dan nyaman akan menjadi hal yang penting dalam penampilan Anda jika sedang tak percaya diri. "Sepatu pump hak tinggi klasik berwarna hitam tidak pernah mati gaya dan akan terlihat menarik dengan padanan apa pun," jelas Machbitz. Untuk mereka yang lebih berani, sepatu hak tinggi dengan sedikit tampilan motif kulit ular dari bahan sintetis akan terlihat menarik dan juga tak lekang waktu.
Atasan
Ketiga ahli penampilan ini memiliki selera dan saran berbeda. Machbitz mengunggulkan kemeja putih pas tubuh yang bisa dipadankan dengan rok pensil untuk berangkat kerja, atau jins kasual untuk berakhir minggu dengan keluarga. Sementara Morisco memilih atasan dari bahan rajut yang memiliki detail lingkar leher draping (menggelayut) karena cocok dengan semua bentuk tubuh. Sementara Haver, lebih memilih atasan turtleneck dari bahan kasmir yang halus.
Luaran 
Untuk busana luaran, para ahli penampilan ini merekomendasikan jaket yang pas tubuh atau blazer dengan bentuk klasik dan hindari detail-detail tredi, supaya bisa Anda kenakan selama mungkin asal dirawat dengan baik. Mengenakan jaket yang pas tubuh dan terkonstruksi dengan baik bisa mengkomunikasikan gaya resmi. Pilih dalam warna yang netral, seperti hitam atau biru tua supaya bisa dipadankan dengan banyak dalaman.
Rok, Dress, atau Tas?
Untuk barang kelima, para ahli ini sedikit berbeda pendapat. Tetapi mereka setuju, barang yang wajib dimiliki adalah barang yang fleksibel. Morisco memilih rok pensil karena bisa dikenakan dari siang, acara sore, bahkan ke acara malam. Sementara Machbitz menganjurkan little black dress. Dengan gaya simpel yang ukurannya pas tubuh, bisa Anda padankan dengan jaket untuk siang hari, atau tambahkan aksesori berkilau di malam hari. Haver memberi saran untuk membeli tas tangan bagus dengan warna netral yang bisa dipadankan dengan busana Anda yang lain. Cari tas bagus yang tahan lama dan bisa Anda kenakan bertahun-tahun.

Memilih Jeans Yang Tepat Sesuai Bentuk Tubuh

1. Tipe Apel
Tipe tubuh ini memiliki bahu yang lebar dan payudara yang besar. Tantangannya ada di pinggul yang kecil dan pinggang yang kurang memiliki lekukan yang jelas terlihat. Anda perlu fokus pada bagaimana caranya untuk membuat ilusi pinggang yang lebih jelas terlihat.  Boot Cut Jeans adalah pilihan yang paling aman dan sesuai karena jeans ini pas di area pinggul ke lutut dan sedikit melebar dari lutut ke bawah, potongannya akan memberikan keseimbangan pada proporsi tubuh Anda.  Jika Anda memiliki paha yang kecil, saya sarankan agar memakai jeans dengan warna yang muda atau terang karena jika Anda memakai jeans yang berwarna gelap, pinggul Anda akan semakin terlihat kecil.
http://fashionesedaily.com/wp-content/uploads/2012/12/Elizabeth-Hurley.jpg
Elizabeth Hurley

http://fashionesedaily.com/wp-content/uploads/2012/11/StraightLegJeans.jpg
Straight Leg Jeans
2. Tipe Pir
Pinggul dan paha yang lebar adalah ciri-ciri tipe pir. Kebalikan dari tipe apel, tipe pir memiliki bahu sempit dan payudara yang kecil.  Bagian yang lebar adalah bagian bawah tubuh.  Mama saya memiliki tipe tubuh ini, dan keluhan terbesarnya adalah, di saat menemukan jeans yang muat dengan ukuran panggulnya, bagian pinggangnya selalu ngablak. Tahu, kan, ada bagian yang lowong di belakang, tangan bisa masuk leluasa dan terlebih lagi kalau menunduk mengambil sesuatu di lantai, bagian belakang yang “kosong” itu bisa memperlihatan bagian tubuh yang tidak perlu diperlihatkan. Boot Cut Jeans juga cocok digunakan untuk tipe Pear, karena bagian bawahnya yang sedikit melebar membantu untuk menyeimbangkan panggul dan paha yang lebar. Pilihan lainnya adalah Straight Leg Jeans yang akan membantu memberi ilusi menambah tinggi badan Anda, sehingga fokusnya tidak melulu ke panggul yang lebar.  Pilih warna yang gelap seperti hitam, abu-abu gelap, dark navy, atau coklat akan membantu memberi slimming effect.
3. Tipe Jam Pasir
Tipe ini memiliki keseimbangan lekukan, bisa dibilang tipe jam pasir adalah tipe curvy yang banyak membuat iri wanita. :)Payudara dan panggul memiliki lebar yang sama dengan proporsi yang wajar.  Namun, tipe jam pasir memiliki pinggang yang kecil.  Terkadang sulit untuk membuat siluet ramping jika Anda menggunakan busana yang body-fit atau pas badan karena lekukan-lekukan itu.  Karena itu Anda perlu memilih stretch denim jeans karena bahan ini berfungsi untuk “memeluk” lekuk tubuh tanpa terlihat terlalu kaku atau tebal.  Untuk menyeimbangkan panggul yang lebar, Anda bisa memakai Boot Cut Jeans atau Wide Leg Jeans yang modelnya lurus dari panggul ke lutut, lalu melebar dari lutut ke bawah.

http://fashionesedaily.com/wp-content/uploads/2012/12/Kim-K.jpg
Kim Kardashian
4. Tipe Persegi Panjang
Tipe tubuh ini tampak seperti pria yang tidak memiliki lekuk pinggang yang begitu kentara, serta pinggul dan payudara yang kecil. Namun, tipe persegi panjang ini yang paling gampang memakai berbagai macam tipe celana jeans.  This body shape can rock any jeans! Anda cukup memfokuskan usaha Anda untuk menciptakan ilusi pinggang yang memiliki lekukan dan juga menambah volume di bagian belakang. Low Rise Jeans dengan ikat pinggang yang lebar bisa membantu mendefinisikan pinggul dan pinggang Anda. Skinny Jeans juga membantu memperlihatkan pinggul dan panjang kaki Anda.  Tipe ini juga biasanya memiliki tubuh yang ramping, sehingga bisa menggunakan jeans berbagai warna.
http://fashionesedaily.com/wp-content/uploads/2012/12/Cameron-Diaz-600x491.jpg
Tidak berarti juga tipe tubuh tertentu tidak boleh dan tidak bisa memakai model jeans lain di luar yang saya sebutkan itu, bisa-bisa saja.  Saya sendiri suka memakai jeans berwarna muda yang warna-warni, padahal saya tidak memiliki tubuh ramping, hanya saja kaki saya memang panjang.  Maka dari itu, sebelum membeli memang baiknya dicoba terlebih dahulu :)
http://fashionesedaily.com/wp-content/uploads/2012/11/Jeans-600x288.jpg
Low Rise Jeans, Wide Leg Jeans, Skinny Jeans

Tidak ada komentar:

Posting Komentar