Tidak penting siapa saya dan Anda sekarang,
yang penting adalah siapa saya atau Anda satu tahun mendatang.
Siapakah kita sekarang? Hanya seorang blogger
pemula yang sedang tertatih-tatih menset up blog, memiliki blog ber-page rank 0
atau rangking alexa di atas empat juta? Menurut saya, itu semua tidak penting.
Hari ini kita boleh jadi belum sukses daripada
blogger lain. Namun, yang penting adalah, siapa kita satu tahun mendatang.
Mungkin saja Anda sependapat dengan saya yaitu mimpi kita satu tahun mendatang
adalah menjadi blogger sukses dengan penghasilan ratusan dolar tiap bulannya
secara konsisten. Mimpi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, mimpi
adalah apa yang kelihatan atau dialami ketika tidur. Dari definisi ini, umumnya
mimpi selalu dikonotasikan negatif. Anda mungkin pernah mencibir seorang teman
yang ingin bertemu artis terkenal, “mimpi kali….”
Namun, sebenarnya mimpi itu tidak seburuk itu
citranya. Bagi beberapa orang, mimpi diartikan cita-cita yang benar-benar bisa
diwujudkan.
Memang ada sedikit perbedaan antara keduanya.
Mimpi hanyalah lamunan indah semata, kadang malah ngawur, dan bahkan terkesan
tidak masuk akal. Sementara cita-cita biasanya sudah dilengkapi dengan rencana
pencapaian.
Tetapi, jika mimpi yang tampaknya tidak masuk
akal itu (menurut pemahaman kita sekarang) diperjuangkan dengan
sungguh-sungguh, maka nilanya sama saja dengan cita-cita yang tinggi.
Dunia membuktikan, hanya orang-orang
bercita-cita tinggi yang mampu mengubah wajah dunia. Namun dulunya mereka suka
diledek sebagai pemimpi belaka. Zaman dahulu, gagasan bahwa orang bisa terbang
ke angkasa luar dianggap mimpi di siang bolong.
Namun, begitu teknologi pesawat telah mampu
membawa manusia menjelajahi angkasa luar, gagasan gila itu benar-benar jadi
kenyataan yang tak terbantahkan. So, pencapaian-pencapaian besar selalu dimulai
dari mimpi-mimpi yang besar pula.
Begitu pula kita, jangan takut untuk bermimpi
menjadi blogger sukses dengan penghasilan ratusan dolar per bulan secara
konsisten dalam satu tahun mendatang. Kekuatan mimpi inilah yang akan
memberikan dorongan besar dalam perjuangan kita.Mimpi yang SMART
Mimpi memang bisa menjadi tenaga pendorong yang
dahsyat. Tetapi, mimpi macam apa?
Menurut saya, mimpi yang dahsyat tenaga
dorongnya adalah mimpi yang SMART yaitu specific (spesifik), measurable
(terukur), attainable (dapat dicapai), dan timeliness (ada kerangka waktu).
Apa contoh mimpi yang SMART itu? Misalnya, saya
sendiri bermimpi satu tahun ke depan harus menjadi blogger sukses dengan nilai
alexa di bawah 50.000 dan penghasilan $100 per bulan secara konsisten. Tidak
penting siapa saya sekarang, sah-sah saja koq bermimpi!Mimpi saja tak cukup!
Memiliki mimpi yang saya sebutkan di atas,
tentu tidak cukup. Untuk mencapai mimpi-mimpi tersebut, kita butuh
tindakan-tindakan yang konkret serta kekuatan lain yang bisa membantu kita
mencapai tujuan tersebut.
Tindakan-tindakan itu adalah:
1. Optimalkan aktivitas ngeblog.
Pada tahap ini kita dituntut untuk
mengoptimalkan segala pengetahuan dan sarana yang kita punyai sehingga kita
bisa membuat postingan yang bermanfaat, menigkatkan pengunjung, dan memonetasi
blog. Sebagai permulaan, untuk mengoptimalkan aktivitas ngeblog ini, Anda ada
baiknya membaca tulisan 7 kebiasaan
blogger sukses dalam mencapai kesuksesannya.
2. Kekuatan Doa
Berdoa merupakan sarana pendekatan diri kepada
Tuhan dan meminta restu-Nya supaya mimpi yang kita artikan cita-cita terwujud.
Dengan berdoa, Insya Allah daya optimis kita akan bertambah dan motivasi pun
semakin besar. Dalam bahasa praktis, doa itu ibarat mengajukan proposal kepada
Tuhan.
Nah, dengan membaca tulisan ini, masihkah ada
pikiran takut bermimpi menjadi blogger sukses? Justru yang perlu ditakutkan
adalah kesiapan mental kita saat mimpi tersebut menjadi kenyataan.
Tulisan ini diadapatasi dari 5 sikap sukses
nabi Muhammad SAW dalam menjalankan bisnisnya. Kelima sikap sukses ini relevan
bagi setiap blogger yang ingin sukses mendapat uang lewat blog.Cara Membangun
Jaringan Ngeblog yang Saling Menguntungkan
Seorang rekan kerja saya beberapa kali ditawari
posisi di perusahaan lain walaupun dia tidak melamar posisi tersebut. Ketika
saya bertanya mengapa hal itu bisa terjadi, rekan kerja tersebut menjawab bahwa
dia memiliki banyak teman atau kolega di beberapa perusahaan. Dengan kata lain,
dia membangun jaringan dengan banyak kolega tersebut.
Apakah jaringan perlu dalam dunia ngeblog? Saya
berpendapat perlu. Berikut alasan dan cara-cara membangun jaringan ngeblog.
Jika Anda memiliki jaringan dengan banyak
blogger, maka mereka akan dengan senang hati membacklink postingan Anda,
merekomendasikan blog Anda ke orang lain, dan bahkan membantu menjualkan produk
atau jasa Anda.
Cara membangun jaringan ngeblog
1. Buat daftar para blogger yang setopik dengan
blog Anda
Berapa banyak blogger yang harus ada dalam
daftar Anda? Tidak ada aturan bakunya. Bergantung dari selera Anda (semakin
banyak semakin baik).
Lalu, bagaimana cara menemukan blogger yang
setopik dengan blog Anda? Cara termudah dengan mengetikkan topik blog Anda di Google Blog. Cara lain
adalah dengan blogwalking.
2. Perkenalkan diri Anda
Ketika Anda telah membuat daftar para blogger,
Anda harus memperkenalkan diri kepada mereka. Gunakan alamat email atau contact
form mereka.
Di bawah ini adalah poin-poin ketika Anda
memperkenalkan diri:
·
Jangan bertele-tele. Langsung informasikan
bahwa Anda menghubungi mereka untuk memperkenalkan diri.
·
Sebutkan bahwa blog Anda (disertai URL-nya)
memiliki topik yang sama dengan mereka.
·
Informasikan bahwa Anda menyukai konten blog
mereka dan Anda akan melink-nya.
Berikut adalah contoh pesan untuk
mengilustrasikan poin-poin di atas.
Halo [nama blogger yang dihubungi],
Saya menghubungi Anda untuk memperkenalkan
diri. Nama Saya adalah….[nama Anda], dan saya juga memiliki blog dengan
topik…[topik blog Anda]. URL-nya adalah…
Saya berpandangan bahwa konten Anda sangat
menarik, dan Saya akan merekomendasikan beberap konten tersebut kepada pembaca
blog saya.
Salam hangat,
[nama Anda]
3. Link (trackback) beberapa postingan mereka
Aturan baku dari membangun jaringan adalah memberi
sebelum menerima. Jika Anda ingin para blogger tersebut melink ke blog atau
postingan Anda, link-lah postingan atau blog mereka terlebih dahulu.
Cara melinknya bisa dengan membuat postingan
link atau melink-nya dalam postingan relevan Anda. Jika
postingan link Anda tidak terlacak dalam trackback atau pingback mereka, maka
yang Anda harus lakukan adalah menginformasikannya via email atau contact form.
4. Sokong mereka
Selain melink konten mereka, Anda juga mesti
menyokong mereka dengan cara lain. Berikut contoh-contohnya:
- Rekomendasikan blog mereka ke teman Anda
- Rekomendasikan produk atau jasa mereka
- Wawancarai mereka
- Kirimkan postingan mereka yang Anda rasa bermanfaat ke situs sosial (facebook, tweeter, Lintas Berita,dan sebagainya)
5. Informasikan Postingan Berkualitas Anda ke
mereka
Ketika Anda membuat postingan berkualitas,
informasikan postingan tersebut ke mereka melalui email atau contact form.
Dalam menghubungi mereka, hindari meminta mereka melink ke tulisan tersebut.
Anda cukup menyebutkan bahwa mereka akan menyukai postingan tersebut.
Berikut contoh pesan yang mengilustrasikan
pernyataan di atas:
Halo [nama blogger yang dihubungi],
Saya baru saja membuat postingan berjudul
…….[nama postingan Anda]. Saya optimistis Anda menyukainya. URL-nya adalah…..
Salam
[nama Anda]
Dengan pendekatan seperti ini, mereka akan
senang hati membaca postingan Anda (tanpa ada paksaan). Jika mereka menyukai
postingan tersebut, mereka berpeluang melinknya.
Jika mereka tidak melinknya, Anda jangan putus
asa. Teruskan membuat postingan berkualitas dan ulangi cara ke-3 sampai dengan
ke-5. Cepat atau lambat mereka akan memback link postingan Anda.
Kesimpulan
Pada prinsipnya, membangun jaringan ngeblog
adalah memberi sebelum menerima. Dengan menerapkan kelima cara di atas, cepat
atau lambat Anda akan memperoleh jaringan ngeblog. Tentunya, jaringan ini
sangat menguntungkan bagi Anda dan mereka.
Fase-fase perkembangan blog yang layak Anda
ketahui sehingga membantu Anda keluar dari stress dalam mencari uang lewat
blog.
Anda telah membuat blog, mengupdatenya, dan
memonetisasinya dengan beragam program. Anda kecewa karena upaya-upaya tersebut
tidak juga menghasilkan uang sesuai harapan sehingga Anda tidak semangat lagi
untuk ngeblog.
Ujung-ujungnya Anda juga beranggapan bahwa
menghasilkan uang banyak dari blog adalah hal yang sama sekali sukar
diwujudkan.
Anda tidak sendiri. Banyak blogger lain yang
mengalami kondisi seperti itu.
Apa solusinya?
Solusinya adalah dengan memahami bahwa
mengembangkan blog hingga menjadi “mesin uang” merupakan perjalanan panjang
yang memerlukan upaya dan waktu.
Dari beberapa referensi yang saya baca,
perjalanan panjang ini dibagi menjadi 4 fase:
1. Fase Pendirian
Fokus pada fase ini adalah pembuatan konten
bermanfaat (berkualitas) dan setup blog. Selain kualitas, kuantitas konten juga
merupakan faktor penting. Range jumlahnya 50-100 postingan.
Adapun setup blog adalah instal plugin yang
dibutuhkan, mendesain tampilan blog yang menarik, dan melakukan search engine
optimization (SEO).
Fase pendirian ini membutuhkan waktu 3-6 bulan.
Banyak blogger yang gagal pada tahap ini karena fokus dan sibuk memonetisasi
blog, bukan pada konten.
2. Fase Pertumbuhan Trafik
Fase ini ditandai dengan meningkatnya trafik,
komentar, pelanggan RSS, dan sudah mulai memperoleh penghasilan. Fokus utama
dari fase ini tetap menulis konten bermanfaat dan ditambah memperoleh backlink
berkualitas.
Dalam pandangan saya, cara paling baik
memperoleh backlink berkualitas adalah dengan menjadi blogger tamu di blog-blog
terkenal dan atau tulisan Anda dibacklink oleh blog-blog lain.
Memang perlu energi dan waktu untuk mencapai
kedua hal ini, namun yakinlah bahwa energi dan waktu Anda akan terbayar di
kemudian hari.
Banyak blogger yang salah kaprah dalam mencari
backlink antara lain mendaftarkan postingannya ke direktori, berkomentar di
ratusan blog do follow, dan sebagainya. Saya yakin Google memiliki mesin
canggih sehingga mereka bisa membedakan mana backlik berkualitas (yang
diperoleh dengan kerja keras) dan backlink yang kualitasnya kurang.
Terlepas dari itu, fase pertumbuhan trafik
merupakan proses panjang yang bisa memakan waktu 6-12 bulan. Selain itu,
pertumbuhan trafik bisa juga lambat, namun lama-lama meningkat secara
konsisten.
Tips untuk fase ini:
·
Rencanakan mengirim 1 postingan
blogger tamu tiap bulan ke blog-blog ternama
·
Buat 1-2 artikel pilar
setiap minggu
3. Fase Kematangan dan Monetisasi
Fase ini ditandai dengan trafik yang tinggi
dengan upaya yang tidak sekeras fase pertumbuhan blog. Selain itu, pelanggan
RSS juga mencapai ribuan dan banyak menerima kiriman postingan blogger tamu.
Karena trafik dan pelanggan yang banyak, upaya
memonetisasi blog akan lebih mudah. Pemilik blog tinggal membuat deal dengan
para pemasang iklan, optimasi PPC, optimasi afiliasi, dan bahkan menjual produk
atau jasa sendiri.
Fase ini memerlukan waktu: 6-12 bulan.
4. Fase Pemeliharaan
Fase pemeliharaan (maintenance)
merupakan fase yang sangat meanarik dan mengasyikkan. Sebagai gambaran,
blogger-blogger yang sudah mencapai fase ini adalah Darren Rowse (Problogger),
John Chow, Yaro Starak, Daniel Scocco, Agus Ramdhani, Nurudin Jauhari, Kang
Rohman, dan sebagainya.
Waktu yang dibutuhkan: tidak terbatas.
Kesimpulan
Menghasilkan uang banyak dari blog merupakan
proses panjang (tidak ada jalan pintas). Proses panjang ini tidak akan membuat
Anda stress karena penghasilan tidak kunjung besar jika Anda memahami dari awal
keempat fase perkembangan blog.
Jadi, nikmati semua fase yang sedang Anda lalui
mulai sekarang.
Kebiasaan-kebiasaan blogger sukses menurut Jhon
Chow.
7 Kebiasaan Blogger Sukses
Menjadi blogger sukses merupakan dambaan kita
sebagai blogger pemula. Tak heran kita sering melakukan tips-tips ngeblog dari
para blogger sukses dalam atau luar negeri. Selain tips-tips tersebut, menurut
saya, kita juga bisa belajar dari kebiasaan mereka.
Apa saja kebiasaan-kebiasaan para blogger
tersebut dalam mencapai kesuksesannya? Sebelum mengetahui kebiasaan tersebut,
ada baiknya kita diskusikan dulu kriteria (ukuran) blogger sukses. Dengan
mengetahuinya, setidaknya kita akan ada di jalur yang benar dalam mewujudkan
dambaan sebagi pengeblog sukses.
Kriteria Blogger Sukses
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi
ketiga karangan W.J.S Poerwadarminta), sukses berarti berhasil. Berdasarkan
arti tersebut, menurut saya, blogger sukses adalah blogger yang berhasil dalam
membuat postingan yang berguna, meningkatkan trafik (pengunjung), melakukan
preselling (pra penjualan), dan memonetisasi blognya. Keempat faktor ini
umumnya dinilai dari page rank Google, ranking alexa, jumlah pembaca
(pelanggan), ranking technorati, dan jumlah penghasilan per bulannya.
Bila Anda ingin tahu blog-blog papan atas yang
memenuhi 4 dari 5 penilaian di atas, ada baiknya Anda membaca tulisan saya
mengenai 25 blog
blogging terbaik dan 25 blog SEO terbaik.
Kebiasaan Blogger Sukses
Menurut John Chow dalam ebooknya Make Money
Online With John Chow dot Com, setidaknya ada 7 kebiasaan yang dilakukan
para blogger sukses, yaitu:
1. Mereka mempublikasikan postingan secara
konsisten
Pengertian konsisten di sini artinya memposting
satu tulisan per hari, 3 tulisan per minggu, 1 tulisan per minggu, atau lebih
dari satu postingan per harinya.
2. Mereka menyukai topik ngeblognya
Misalnya pengeblog yang memilih topik mobil, ia
menyukai hal-hal yang terkait mobil karena hobinya, bidang yang dipelajari,
atau keahliannya.
3. Mereka berinteraksi dengan pembacanya
Bentuk interaksi ini antara lain menjawab
komentar, menerima kritikan, membalas email pembaca, dan mengunjungi blog
pengunjungnya.
4. Mereka tidak pelit memberikan link
Artinya mereka bertukaran link dengan peblog
lain yang setopik atau memberikan track back pada tulisan blogger lain yang
mereka pandang berguna. Kedua hal ini dilakukan tanpa memandang page rank. John
Chow sendiri mengaku melink-kan blognya yang berpage rank 6 kepada ribuan blog
berpage rank 0.
5. Mereka tahu cara mencitrakan diri
Citra diri artinya tidak mengcopy paste tulisan
orang lain, dan jujur.
6. Mereka menulis dengan baik
Artinya mereka menulis sesuai tata bahasa, gaya
bahasa mudah dimengerti, alur penulisan tiap kalimat dan paragraf jelas, dan
tidak salah ketik.
7. Mereka membaca blog lain yang diminatinya
Blog lain ini bisa berupa blog terkenal ataupun
blog yang belum terkenal. Indikasi membaca ini dilakukan dengan mengunjungi
langsung atau menjadi pelanggan RSS feed blog tersebut. Tujuan membaca tersebut
salah satunya sebagai upaya pembelajaran yang terus menerus.
Itulah 7 kebiasaan pengeblog sukses yang layak
kita tiru. Saya sendiri meniru kebiasaan-kebiasaan tersebut untuk mencapai
sasaran pertama blog ini yaitu membuat postingan yang berguna. Bagaimana dengan
Anda?
Bagaimana membuat struktur postingan mudah
dibaca pengunjung? Berikut adalah 11 tipsnya yang merupakan pengalaman pribadi
saya.
1. Ungkapkan Sumber Postingan.
Apakah postingan tersebut dari pengalaman
pribadi Anda, hasil penelusuran online Anda, terjemahan dari postingan
berbahasa Inggris, kutipan dari tulisan orang lain, dan sebagainya. Dengan
mengungkapkannya, pengunjung blog Anda akan merasa respek terhadap Anda.
2. Buat Paragraf yang Pendek.
Umumnya terdiri dari 3-5 kalimat. Jika paragraf
Anda panjang-panjang, pengunjung akan cepat bosan dan lelah.
3. Buat sub-judul postingan (jika diperlukan).
Biasanya ini berupa poin-poin penting yang
hendak Anda uraikan. Bila Anda menggunakan wordpress, sub judul baik digunakan
dengan menggunakan format Heading 3.
4. Gunkan nomor atau bullet point.
Ini cocok jika Anda menguraikan contoh yang
tidak lebih dari 5 buah. Lihat contoh penggunaan bullet point di bawah ini:
·
Cara membuat Avatar di wordpress
·
Cara menginstal plugin di wordpress
·
Teknik meningkatkan alexa blog
5. Buat tabel.
Ini cocok untuk menyenaraikan contoh atau
daftar yang lebih dari 5 buah. Contohnya bisa Anda lihat di postingan saya
mengenai Blogger face
off pertama.
6. Sisipkan gambar yang cocok atau menarik.
Hindari penggunaan gambar yang berlebihan
(biasanya tidak lebih dari 3 buah). Ini bisa berupa foto hasil jepretan Anda,
gambar dari internet, kartun, atau animasi.
7. Gunakan tata bahasa yang populer.
Hindari menggunakan kata yang tidak dimengerti
oleh orang umum, misalnya bahasa daerah, bahasa gaul, dan bahasa asing selain
Bahasa Inggris.
8. Upayakan postingan tidak terlalu
panjang.
Biasanya ini tidak lebih dari 1000 kata. Bila
Anda menggunakan WordPress, Anda bisa mengeceknya di wourd count (di bawah bodi
postingan).
9. Tebalkan, miringkan, atau beri warna yang
sesuai untuk beberapa kata yang Anda anggap penting.
Ini akan memudahkan pembaca mengidentifikasi
kata-kata tersebut.
10. Buat link ke tulisan terkait.
Tulisan terkait ini bisa ke tulisan yang Anda
miliki atau tulisan orang lain. Ini akan membantu pembaca untuk mengetahui
lebih jauh topik yang sedang Anda ulas.
11. Baca kembali postingan Anda sebelum
dipublikasikan (publish).
Ini untuk mengidentifikasi kesalahan pengetikan
atau alur penulisan yang tidak nyambung antar paragraf. Saya merkomendasikan
Anda untuk membaca tulisan tersebut 2 atau tiga kali.
Update:
Tambahan dari Sahabat Blogodolar:
·
Gunakan jenis huruf yang friendly dan
enak dipandang, misalnya verdana dan arial.
·
Minimalkan iklan di postingan.
·
Warna tulisan dan latar belakang blog harus matching.
Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis
Tips dari Satrya:
1. Membaca ulang tulisan yang sudah ditulis
sebelumnya. Dengan cara ini kekurangan tulisan bisa diperbaiki.
2. Berulang-ulang kali membaca tips/trik
menulis yang baik.
Tips dari Achmad Sholeh
dan Andank :
3. Banyak membaca gaya tulisan blogger lain.
Tips dari TuSuda
:
4. Membaca karya sastra: cerpen, cermis (cerita
misteri), cerbung (cerita bersambung), puisi, dan dongeng.
5. Mempelajari tajuk rencana, editorial,
artikel atau opini di media massa atau blog/situs.
6. Menuangkan segala uneg-uneg dalam buku
catatan harian personal.
Tips dari Dobel Klik,
Martan, Iantoro, dan Adifc:
7. Banyak menulis sehingga kemampuan menulis
terasah.
8. Banyak membaca buku. Secara tidak langsung,
dengan membaca banyak buku Anda bisa merangkai sebuah kalimat dengan mudah yang
akhirnya akan memudahkan Anda menulis artikel.
9. Mulai menulis, selesaikan, dan kemudian
perbaiki tulisan yang sudah dibuat.
10. Membuat konsep/draft terlebih dahulu
kemudian menjabarkannya.
11. Berani mengekspresikan diri karena
terkadang muncul bingung, malu, atau takut ketika ide sudah ada.
12. Gemar blogwalking sehingga banyak membaca
tulisan orang lain.
13. Banyak membaca halaman sampul buku.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar