Minggu, 11 November 2012

Ngeblog



Tidak penting siapa saya dan Anda sekarang, yang penting adalah siapa saya atau Anda satu tahun mendatang.
Siapakah kita sekarang? Hanya seorang blogger pemula yang sedang tertatih-tatih menset up blog, memiliki blog ber-page rank 0 atau rangking alexa di atas empat juta? Menurut saya, itu semua tidak penting.
Hari ini kita boleh jadi belum sukses daripada blogger lain. Namun, yang penting adalah, siapa kita satu tahun mendatang. Mungkin saja Anda sependapat dengan saya yaitu mimpi kita satu tahun mendatang adalah menjadi blogger sukses dengan penghasilan ratusan dolar tiap bulannya secara konsisten. Mimpi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, mimpi adalah apa yang kelihatan atau dialami ketika tidur. Dari definisi ini, umumnya mimpi selalu dikonotasikan negatif. Anda mungkin pernah mencibir seorang teman yang ingin bertemu artis terkenal, “mimpi kali….”
Namun, sebenarnya mimpi itu tidak seburuk itu citranya. Bagi beberapa orang, mimpi diartikan cita-cita yang benar-benar bisa diwujudkan.
Memang ada sedikit perbedaan antara keduanya. Mimpi hanyalah lamunan indah semata, kadang malah ngawur, dan bahkan terkesan tidak masuk akal. Sementara cita-cita biasanya sudah dilengkapi dengan rencana pencapaian.
Tetapi, jika mimpi yang tampaknya tidak masuk akal itu (menurut pemahaman kita sekarang) diperjuangkan dengan sungguh-sungguh, maka nilanya sama saja dengan cita-cita yang tinggi.
Dunia membuktikan, hanya orang-orang bercita-cita tinggi yang mampu mengubah wajah dunia. Namun dulunya mereka suka diledek sebagai pemimpi belaka. Zaman dahulu, gagasan bahwa orang bisa terbang ke angkasa luar dianggap mimpi di siang bolong.
Namun, begitu teknologi pesawat telah mampu membawa manusia menjelajahi angkasa luar, gagasan gila itu benar-benar jadi kenyataan yang tak terbantahkan. So, pencapaian-pencapaian besar selalu dimulai dari mimpi-mimpi yang besar pula.
Begitu pula kita, jangan takut untuk bermimpi menjadi blogger sukses dengan penghasilan ratusan dolar per bulan secara konsisten dalam satu tahun mendatang. Kekuatan mimpi inilah yang akan memberikan dorongan besar dalam perjuangan kita.Mimpi yang SMART
Mimpi memang bisa menjadi tenaga pendorong yang dahsyat. Tetapi, mimpi macam apa?
Menurut saya, mimpi yang dahsyat tenaga dorongnya adalah mimpi yang SMART yaitu specific (spesifik), measurable (terukur), attainable (dapat dicapai), dan timeliness (ada kerangka waktu).
Apa contoh mimpi yang SMART itu? Misalnya, saya sendiri bermimpi satu tahun ke depan harus menjadi blogger sukses dengan nilai alexa di bawah 50.000 dan penghasilan $100 per bulan secara konsisten. Tidak penting siapa saya sekarang, sah-sah saja koq bermimpi!Mimpi saja tak cukup!
Memiliki mimpi yang saya sebutkan di atas, tentu tidak cukup. Untuk mencapai mimpi-mimpi tersebut, kita butuh tindakan-tindakan yang konkret serta kekuatan lain yang bisa membantu kita mencapai tujuan tersebut.
Tindakan-tindakan itu adalah: 
1. Optimalkan aktivitas ngeblog.
Pada tahap ini kita dituntut untuk mengoptimalkan segala pengetahuan dan sarana yang kita punyai sehingga kita bisa membuat postingan yang bermanfaat, menigkatkan pengunjung, dan memonetasi blog. Sebagai permulaan, untuk mengoptimalkan aktivitas ngeblog ini, Anda ada baiknya membaca tulisan 7 kebiasaan blogger sukses dalam mencapai kesuksesannya.
2. Kekuatan Doa
Berdoa merupakan sarana pendekatan diri kepada Tuhan dan meminta restu-Nya supaya mimpi yang kita artikan cita-cita terwujud. Dengan berdoa, Insya Allah daya optimis kita akan bertambah dan motivasi pun semakin besar. Dalam bahasa praktis, doa itu ibarat mengajukan proposal kepada Tuhan.
Nah, dengan membaca tulisan ini, masihkah ada pikiran takut bermimpi menjadi blogger sukses? Justru yang perlu ditakutkan adalah kesiapan mental kita saat mimpi tersebut menjadi kenyataan.
Tulisan ini diadapatasi dari 5 sikap sukses nabi Muhammad SAW dalam menjalankan bisnisnya. Kelima sikap sukses ini relevan bagi setiap blogger yang ingin sukses mendapat uang lewat blog.Cara Membangun Jaringan Ngeblog yang Saling Menguntungkan
Seorang rekan kerja saya beberapa kali ditawari posisi di perusahaan lain walaupun dia tidak melamar posisi tersebut. Ketika saya bertanya mengapa hal itu bisa terjadi, rekan kerja tersebut menjawab bahwa dia memiliki banyak teman atau kolega di beberapa perusahaan. Dengan kata lain, dia membangun jaringan dengan banyak kolega tersebut.
Apakah jaringan perlu dalam dunia ngeblog? Saya berpendapat perlu. Berikut alasan dan cara-cara membangun jaringan ngeblog.
Jika Anda memiliki jaringan dengan banyak blogger, maka mereka akan dengan senang hati membacklink postingan Anda, merekomendasikan blog Anda ke orang lain, dan bahkan membantu menjualkan produk atau jasa Anda.
Cara membangun jaringan ngeblog
1. Buat daftar para blogger yang setopik dengan blog Anda
Berapa banyak blogger yang harus ada dalam daftar Anda? Tidak ada aturan bakunya. Bergantung dari selera Anda (semakin banyak semakin baik).
Lalu, bagaimana cara menemukan blogger yang setopik dengan blog Anda? Cara termudah dengan mengetikkan topik blog Anda di Google Blog. Cara lain adalah dengan blogwalking.
2. Perkenalkan diri Anda
Ketika Anda telah membuat daftar para blogger, Anda harus memperkenalkan diri kepada mereka. Gunakan alamat email atau contact form mereka.
Di bawah ini adalah poin-poin ketika Anda memperkenalkan diri:
·       Jangan bertele-tele. Langsung informasikan bahwa Anda menghubungi mereka untuk memperkenalkan diri.
·       Sebutkan bahwa blog Anda (disertai URL-nya) memiliki topik yang sama dengan mereka.
·       Informasikan bahwa Anda menyukai konten blog mereka dan Anda akan melink-nya.
Berikut adalah contoh pesan untuk mengilustrasikan poin-poin di atas.
Halo [nama blogger yang dihubungi],
Saya menghubungi Anda untuk memperkenalkan diri. Nama Saya adalah….[nama Anda], dan saya juga memiliki blog dengan topik…[topik blog Anda]. URL-nya adalah…
Saya berpandangan bahwa konten Anda sangat menarik, dan Saya akan merekomendasikan beberap konten tersebut kepada pembaca blog saya.
Salam hangat,
[nama Anda]
3. Link (trackback) beberapa postingan mereka
Aturan baku dari membangun jaringan adalah memberi sebelum menerima. Jika Anda ingin para blogger tersebut melink ke blog atau postingan Anda, link-lah postingan atau blog mereka terlebih dahulu.
Cara melinknya bisa dengan membuat postingan link atau melink-nya dalam postingan relevan Anda. Jika postingan link Anda tidak terlacak dalam trackback atau pingback mereka, maka yang Anda harus lakukan adalah menginformasikannya via email atau contact form.

4. Sokong mereka
Selain melink konten mereka, Anda juga mesti menyokong mereka dengan cara lain. Berikut contoh-contohnya:
  • Rekomendasikan blog mereka ke teman Anda
  • Rekomendasikan produk atau jasa mereka
  • Wawancarai mereka
  • Kirimkan postingan mereka yang Anda rasa bermanfaat ke situs sosial (facebook, tweeter, Lintas Berita,dan sebagainya)
5. Informasikan Postingan Berkualitas Anda ke mereka
Ketika Anda membuat postingan berkualitas, informasikan postingan tersebut ke mereka melalui email atau contact form. Dalam menghubungi mereka, hindari meminta mereka melink ke tulisan tersebut. Anda cukup menyebutkan bahwa mereka akan menyukai postingan tersebut.
Berikut contoh pesan yang mengilustrasikan pernyataan di atas:
Halo [nama blogger yang dihubungi],
Saya baru saja membuat postingan berjudul …….[nama postingan Anda]. Saya optimistis Anda menyukainya. URL-nya adalah…..
Salam
[nama Anda]
Dengan pendekatan seperti ini, mereka akan senang hati membaca postingan Anda (tanpa ada paksaan). Jika mereka menyukai postingan tersebut, mereka berpeluang melinknya.
Jika mereka tidak melinknya, Anda jangan putus asa. Teruskan membuat postingan berkualitas dan ulangi cara ke-3 sampai dengan ke-5. Cepat atau lambat mereka akan memback link postingan Anda.
Kesimpulan  
Pada prinsipnya, membangun jaringan ngeblog adalah memberi sebelum menerima. Dengan menerapkan kelima cara di atas, cepat atau lambat Anda akan memperoleh jaringan ngeblog. Tentunya, jaringan ini sangat menguntungkan bagi Anda dan mereka.
Fase-fase perkembangan blog yang layak Anda ketahui sehingga membantu Anda keluar dari stress dalam mencari uang lewat blog.
Anda telah membuat blog, mengupdatenya, dan memonetisasinya dengan beragam program. Anda kecewa karena upaya-upaya tersebut tidak juga menghasilkan uang sesuai harapan sehingga Anda tidak semangat lagi untuk ngeblog.
Ujung-ujungnya Anda juga beranggapan bahwa menghasilkan uang banyak dari blog adalah hal yang sama sekali sukar diwujudkan.
Anda tidak sendiri. Banyak blogger lain yang mengalami kondisi seperti itu.
Apa solusinya?
Solusinya adalah dengan memahami bahwa mengembangkan blog hingga menjadi “mesin uang” merupakan perjalanan panjang yang memerlukan upaya dan waktu.
Dari beberapa referensi yang saya baca, perjalanan panjang ini dibagi menjadi 4 fase:
1. Fase Pendirian
Fokus pada fase ini adalah pembuatan konten bermanfaat (berkualitas) dan setup blog. Selain kualitas, kuantitas konten juga merupakan faktor penting. Range jumlahnya 50-100 postingan.
Adapun setup blog adalah instal plugin yang dibutuhkan, mendesain tampilan blog yang menarik, dan melakukan search engine optimization (SEO).
Fase pendirian ini membutuhkan waktu 3-6 bulan. Banyak blogger yang gagal pada tahap ini karena fokus dan sibuk memonetisasi blog, bukan pada konten.
2. Fase Pertumbuhan Trafik
Fase ini ditandai dengan meningkatnya trafik, komentar, pelanggan RSS, dan sudah mulai memperoleh penghasilan. Fokus utama dari fase ini tetap menulis konten bermanfaat dan ditambah memperoleh backlink berkualitas.
Dalam pandangan saya, cara paling baik memperoleh backlink berkualitas adalah dengan menjadi blogger tamu di blog-blog terkenal dan atau tulisan Anda dibacklink oleh blog-blog lain.
Memang perlu energi dan waktu untuk mencapai kedua hal ini, namun yakinlah bahwa energi dan waktu Anda akan terbayar di kemudian hari.
Banyak blogger yang salah kaprah dalam mencari backlink antara lain mendaftarkan postingannya ke direktori, berkomentar di ratusan blog do follow, dan sebagainya. Saya yakin Google memiliki mesin canggih sehingga mereka bisa membedakan mana backlik berkualitas (yang diperoleh dengan kerja keras) dan backlink yang kualitasnya kurang.
Terlepas dari itu, fase pertumbuhan trafik merupakan proses panjang yang bisa memakan waktu 6-12 bulan. Selain itu, pertumbuhan trafik bisa juga lambat, namun lama-lama meningkat secara konsisten.
Tips untuk fase ini:
·       Rencanakan mengirim 1 postingan blogger tamu tiap bulan ke blog-blog ternama
·       Buat 1-2 artikel pilar setiap minggu
3. Fase Kematangan dan Monetisasi
Fase ini ditandai dengan trafik yang tinggi dengan upaya yang tidak sekeras fase pertumbuhan blog. Selain itu, pelanggan RSS juga mencapai ribuan dan banyak menerima kiriman postingan blogger tamu.
Karena trafik dan pelanggan yang banyak, upaya memonetisasi blog akan lebih mudah. Pemilik blog tinggal membuat deal dengan para pemasang iklan, optimasi PPC, optimasi afiliasi, dan bahkan menjual produk atau jasa sendiri.
Fase ini memerlukan waktu: 6-12 bulan.
4. Fase Pemeliharaan
Fase pemeliharaan (maintenance) merupakan fase yang sangat meanarik dan mengasyikkan. Sebagai gambaran, blogger-blogger yang sudah mencapai fase ini adalah Darren Rowse (Problogger), John Chow, Yaro Starak, Daniel Scocco, Agus Ramdhani, Nurudin Jauhari, Kang Rohman, dan sebagainya.
Waktu yang dibutuhkan: tidak terbatas.
 Kesimpulan
Menghasilkan uang banyak dari blog merupakan proses panjang (tidak ada jalan pintas). Proses panjang ini tidak akan membuat Anda stress karena penghasilan tidak kunjung besar jika Anda memahami dari awal keempat fase perkembangan blog.
Jadi, nikmati semua fase yang sedang Anda lalui mulai sekarang.
Kebiasaan-kebiasaan blogger sukses menurut Jhon Chow.
7 Kebiasaan Blogger Sukses
Menjadi blogger sukses merupakan dambaan kita sebagai blogger pemula. Tak heran kita sering melakukan tips-tips ngeblog dari para blogger sukses dalam atau luar negeri. Selain tips-tips tersebut, menurut saya, kita juga bisa belajar dari kebiasaan mereka.
Apa saja kebiasaan-kebiasaan para blogger tersebut dalam mencapai kesuksesannya? Sebelum mengetahui kebiasaan tersebut, ada baiknya kita diskusikan dulu kriteria (ukuran) blogger sukses. Dengan mengetahuinya, setidaknya kita akan ada di jalur yang benar dalam mewujudkan dambaan sebagi pengeblog sukses.
Kriteria Blogger Sukses
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi ketiga karangan W.J.S Poerwadarminta), sukses berarti berhasil. Berdasarkan arti tersebut, menurut saya, blogger sukses adalah blogger yang berhasil dalam membuat postingan yang berguna, meningkatkan trafik (pengunjung), melakukan preselling (pra penjualan), dan memonetisasi blognya. Keempat faktor ini umumnya dinilai dari page rank Google, ranking alexa, jumlah pembaca (pelanggan), ranking technorati, dan jumlah penghasilan per bulannya.
Bila Anda ingin tahu blog-blog papan atas yang memenuhi 4 dari 5 penilaian di atas, ada baiknya Anda membaca tulisan saya mengenai 25 blog blogging terbaik dan 25 blog SEO terbaik.
Kebiasaan Blogger Sukses
Menurut John Chow dalam ebooknya Make Money Online With John Chow dot Com, setidaknya ada 7 kebiasaan yang dilakukan para blogger sukses, yaitu:
1. Mereka mempublikasikan postingan secara konsisten
Pengertian konsisten di sini artinya memposting satu tulisan per hari, 3 tulisan per minggu, 1 tulisan per minggu, atau lebih dari satu postingan per harinya.
2. Mereka menyukai topik ngeblognya
Misalnya pengeblog yang memilih topik mobil, ia menyukai hal-hal yang terkait mobil karena hobinya, bidang yang dipelajari, atau keahliannya.
3. Mereka berinteraksi dengan pembacanya
Bentuk interaksi ini antara lain menjawab komentar, menerima kritikan, membalas email pembaca, dan mengunjungi blog pengunjungnya.
4. Mereka tidak pelit memberikan link
Artinya mereka bertukaran link dengan peblog lain yang setopik atau memberikan track back pada tulisan blogger lain yang mereka pandang berguna. Kedua hal ini dilakukan tanpa memandang page rank. John Chow sendiri mengaku melink-kan blognya yang berpage rank 6 kepada ribuan blog berpage rank 0.
5. Mereka tahu cara mencitrakan diri
Citra diri artinya tidak mengcopy paste tulisan orang lain, dan jujur.
6. Mereka menulis dengan baik
Artinya mereka menulis sesuai tata bahasa, gaya bahasa mudah dimengerti, alur penulisan tiap kalimat dan paragraf jelas, dan tidak salah ketik.
7. Mereka membaca blog lain yang diminatinya
Blog lain ini bisa berupa blog terkenal ataupun blog yang belum terkenal. Indikasi membaca ini dilakukan dengan mengunjungi langsung atau menjadi pelanggan RSS feed blog tersebut. Tujuan membaca tersebut salah satunya sebagai upaya pembelajaran yang terus menerus.
Itulah 7 kebiasaan pengeblog sukses yang layak kita tiru. Saya sendiri meniru kebiasaan-kebiasaan tersebut untuk mencapai sasaran pertama blog ini yaitu membuat postingan yang berguna. Bagaimana dengan Anda?
Bagaimana membuat struktur postingan mudah dibaca pengunjung? Berikut adalah 11 tipsnya yang merupakan pengalaman pribadi saya.
1. Ungkapkan Sumber Postingan. 
 Apakah postingan tersebut dari pengalaman pribadi Anda, hasil penelusuran online Anda, terjemahan dari postingan berbahasa Inggris, kutipan dari tulisan orang lain, dan sebagainya. Dengan mengungkapkannya, pengunjung blog Anda akan merasa respek terhadap Anda.
2. Buat Paragraf yang Pendek. 
Umumnya terdiri dari 3-5 kalimat. Jika paragraf Anda panjang-panjang, pengunjung akan cepat bosan dan lelah.
3. Buat sub-judul postingan (jika diperlukan). 
Biasanya ini berupa poin-poin penting yang hendak Anda uraikan. Bila Anda menggunakan wordpress, sub judul baik digunakan dengan menggunakan format Heading 3.
4. Gunkan nomor atau bullet point. 
Ini cocok jika Anda menguraikan contoh yang tidak lebih dari 5 buah. Lihat contoh penggunaan bullet point di bawah ini:
·       Cara membuat Avatar di wordpress
·       Cara menginstal plugin di wordpress
·       Teknik meningkatkan alexa blog
5. Buat tabel. 
Ini cocok untuk menyenaraikan contoh atau daftar yang lebih dari 5 buah. Contohnya bisa Anda lihat di postingan saya mengenai Blogger face off pertama.
6. Sisipkan gambar yang cocok atau menarik
Hindari penggunaan gambar yang berlebihan (biasanya tidak lebih dari 3 buah). Ini bisa berupa foto hasil jepretan Anda, gambar dari internet, kartun, atau animasi.
7. Gunakan tata bahasa yang populer. 
Hindari menggunakan kata yang tidak dimengerti oleh orang umum, misalnya bahasa daerah, bahasa gaul, dan bahasa asing selain Bahasa Inggris.
8. Upayakan postingan tidak terlalu panjang. 
 Biasanya ini tidak lebih dari 1000 kata. Bila Anda menggunakan WordPress, Anda bisa mengeceknya di wourd count (di bawah bodi postingan).
9. Tebalkan, miringkan, atau beri warna yang sesuai untuk beberapa kata yang Anda anggap penting.
 Ini akan memudahkan pembaca mengidentifikasi kata-kata tersebut.
10. Buat link ke tulisan terkait
Tulisan terkait ini bisa ke tulisan yang Anda miliki atau tulisan orang lain. Ini akan membantu pembaca untuk mengetahui lebih jauh topik yang sedang Anda ulas.
11. Baca kembali postingan Anda sebelum dipublikasikan (publish). 
Ini untuk mengidentifikasi kesalahan pengetikan atau alur penulisan yang tidak nyambung antar paragraf. Saya merkomendasikan Anda untuk membaca tulisan tersebut 2 atau tiga kali.
Update:
Tambahan dari Sahabat Blogodolar:
·       Gunakan jenis huruf yang friendly dan enak dipandang, misalnya verdana dan arial.
·       Minimalkan iklan di postingan.
·       Warna tulisan dan latar belakang blog harus matching.
Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis
Tips dari Satrya:
1. Membaca ulang tulisan yang sudah ditulis sebelumnya. Dengan cara ini kekurangan tulisan bisa diperbaiki.
2. Berulang-ulang kali membaca tips/trik menulis yang baik.
Tips dari Achmad Sholeh dan Andank :
3. Banyak membaca gaya tulisan blogger lain.
Tips dari TuSuda :
4. Membaca karya sastra: cerpen, cermis (cerita misteri), cerbung (cerita bersambung), puisi, dan dongeng.
5. Mempelajari tajuk rencana, editorial, artikel atau opini di media massa atau blog/situs.
6. Menuangkan segala uneg-uneg dalam buku catatan harian personal.
Tips dari Dobel Klik, Martan, Iantoro, dan Adifc:
7. Banyak menulis sehingga kemampuan menulis terasah.
8. Banyak membaca buku. Secara tidak langsung, dengan membaca banyak buku Anda bisa merangkai sebuah kalimat dengan mudah yang akhirnya akan memudahkan Anda menulis artikel.
9. Mulai menulis, selesaikan, dan kemudian perbaiki tulisan yang sudah dibuat.
10. Membuat konsep/draft terlebih dahulu kemudian menjabarkannya.
11. Berani mengekspresikan diri karena terkadang muncul bingung, malu, atau takut ketika ide sudah ada.
12. Gemar blogwalking sehingga banyak membaca tulisan orang lain.
13. Banyak membaca halaman sampul buku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar