Minggu, 22 Januari 2012

Bau mulut

5 Tindakan yang Membantu Kurangi Bau Mulut
1. Mengonsumsi rempah-rempah
Beberapa rempah dan herbal lainnya dapat membantu mengurangi bau mulut. Dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung herbal dapat sekaligus mengurangi bau mulut.
2. Menyikat lidah
"Kebanyakan orang mengabaikan lidahnya, dan lebih mementingkan menyikat gigi. Padahal meyikat lidah juga tidak kalah pentingnya, karena jenis makanan yang mudah menempel sulit dibersihkan hanya dengan berkumur. Penumpukan sisa makanan berkontribusi terhadap bau mulut," kata Dr. Eric Shapira, DDS. 
3. Hindari minuman tertentu
Kopi, bir, anggur dan wiski dapat meninggalkan residu yang dapat menempel pada plak di gigi. Sehingga beberapa jenis minuman tersebut juga berkontribusi menyebabkan bau mulut. Maka sebaiknya mengonsumsi jenis minuman yang menyehatkan dan tidak menyebabkan bau mulut.
4. Menyikat gigi dengan rutin
"Beberapa bau bisa dihilangkan secara permanen atau sementara jika menyikat segera setelah makan. Penyebab utama dalam bau mulut adalah lapisan lengket yang mengandung bakteri hidup dan mati yang menempel pada gigi dan gusi. Lapisan lengket tersebut biasa disebut sebagai plak," kata Dr. Shapira. 
Jadi sikat menghilangkan plak setelah makan dan dapat mengurangi bau mulut.
5. Menggunakan larutan kumur sendiri
Beberapa herbal dapat diencerkan dengan air untuk membuat larutan kumur. Simpan obat kumur dalam stoples tertutup rapat pada suhu kamar. Sebaiknya tidak menyimpan larutan kumur yang diracik sendiri terlalu lama. 
"Jika merasa kurang praktis jika harus membuat larutan kumur sendiri, maka dapat menggunakan obat kumur yang dapat dibeli di pasaran," kata Jerry F. Taintor, DDS.
6.  Kekurangan air dalam tubuh menyebabkan bau mulut. 
 Tingkatkan asupan air putih (minimal 10-12 gelas per hari).
7.  Konsumsi buah-buahan citrus, berries, dan lainnya yang kaya akan vitamin C.
8.  Kurangi konsumsi protein hewani.
9.  Makan sayuran dan buah yang kaya akan enzim pencernaan dan serat, seperti wortel, batang seledri, mentimun dan buah-buahan segar.
10. Gunakan penyegar mulut alami, seperti saunf (biji adas) atau batang kayu manis.
Mengunyah permen rasa dan aroma mint, permen bebas gula atau permen karet juga dianjurkan.
7. Konsumsi yogurt.
Bakteri baik dalam yogurt melindungi lidah sehingga bakteri penyebab bau mulut tidak dapat tumbuh di sana. Tapi jangan sembarangan konsumsi yogurt biasa. Gula di dalam yogurt memberi makan pada bakteri jahat sehingga membuat bau nafas lebih keras.
Say No to Bau Mulut!
Ghiboo.com -
Salahkan bakteri yang ada dibalik lidah - bakteri itu memproduksi senyawa belerang yang mudah menguap. Penyebab utama bau mulut.
Belilah pembersih lidah untuk menyingkirkan bakteri yang ada di bagian belakang mulut. Sebagai alternatif, gunakan sikat gigi.
Bersihkan sela gigi dengan Floss tiap hari untuk mengurangi bakteri.
Belilah sikat gigi elektrik karena tekniknya paling efektif untuk menyikat gusi. Bakteri yang menempel di gusi juga menyebabkan bau mulut.
Coba obat kumur jika metode-metode di atas gagal.
Temui dokter gigi untuk membersihkan karang gigi. Hal ini meningkatkan kesehatan mulut dan menghentikan bau mulut.
Bau mulut masih jadi masalah? Mungkin penyebabnya dari infeksi amandel, hidung atau tenggorokan. Temui dokter gigi atau dokter untuk konsultasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar