Rabu, 25 Januari 2012

Olahraga

.
5 Alasan Anda Harus Olahraga
1. Tubuh Sehat
Tak diragukan lagi, olahraga bisa membuat tubuh lebih sehat. Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin akan meningkatkan sistem imun yang membantu tubuh melawan bermacam virus dan penyakit. Olahraga yang dilakukan secara benar akan menguatkan jantung dan tubuh secara keseluruhan.
2. Kecantikan
Olahraga membantu membakar lemak dan kalori berlebih, yang artinya Anda bisa mendapatkan bentuk tubuh indah dan berat badan ideal. Selain itu, olahraga juga melancarkan aliran darah yang membuat wajah tampak bersemu dan merona, sehingga terlihat lebih segar. Kombinasi diet seimbang dan olahraga teratur, juga bisa membuat kulit jadi halus dan lembut.
3. Melatih Sosialisasi
Latihan fisik bisa jadi lebih menyenangkan ketika dilakukan bersama teman atau berkelompok. Pergi ke gym bisa menjadi salah satu cara untuk bersosialisasi dan mendapat teman-teman baru. Selain itu, kompetisi yang sehat saat olahraga berkelompok juga melatih kemampuan kita untuk berkomunikasi lebih baik.
4. Menghilangkan Kebosanan
Baik pergi ke gym atau tempat terbuka, olahraga bisa membantu Anda menghilangkan kebosanan karena rutinitas. Pergilah ke luar rumah, atau sediakan waktu 1-2 jam setelah pulang kantor untuk naik sepeda, jogging atau olahraga lainnya agar suntuk hilang, tubuh dan pikiran pun bisa segar kembali.
5. Meningkatkan Mood
Aktivitas fisik dipercaya bisa membantu tubuh melepaskan endorphin, zat yang bisa meredakan rasa sakit pada tubuh sekaligus menimbulkan perasaan senang. Jadi saat stres atau sedih, jangan langsung makan cokelat atau es krim. Lakukan saja olahraga yang Anda senangi.
Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Musim Hujan
1. Selesaikan pekerjaan rumah dengan tangan sendiri
Mengerjakan pekerjaan rumah seperti bersih-bersih rumah, mencuci, memasak atau menyetrika bisa menjadi kegiatan yang membakar kalori layaknya olahraga. Cobalah selesaikan pekerjaan rumah Anda sendiri tanpa bantuan mesin atau pembantu rumah tangga.

2. Aerobik dengan bantuan video
Tak perlu instruktur untuk bisa melakukan aerobik. Bila Anda tak bisa keluar rumah, cobalah beli video aerobik dan Anda bisa melakukan olahraga kardio tersebut di rumah sendiri.

3. Nge-gym dengan peralatan rumah
Gunakan benda-benda yang ada di rumah untuk membantu membuat ruangan gym yang menyenangkan. Misalnya, lakukan push-up di depan televisi, menggunakan kaleng susu sebagai barbel, naik turun tangga untuk mengencangkan otot paha, dan lainnya.

4. Menari
Anda juga bisa melakukan aktivitas fisik dan membakar kalori dengan menyetel musik dan menari di dalam rumah. Pilihlah lagu kesukaan Anda dan juga bisa dilakukan dengan pasangan. 
Olahraga Pagi Lebih Melelahkan Ketimbang Sore?
1. Pasokan bahan bakar
Kelelahan di pagi hari bisa disebabkan oleh pasokan bahan bakar yang rendah. Saat bangun pagi hari, energi dari makan malam sudah tercerna dan gula darah ada kemungkinan rendah, sehingga diperlukan bahan bakar baru berupa sarapan sehat setidaknya 2 jam sebelum olahraga.
Jika olahraga langsung setelah bangun tidur dan tidak sempat sarapan, maka konsumsilah minuman olahraga atau makanan ringan paling tidak 20 menit sebelum olahraga. Karena jika bahan bakar tidak terisi bisa mengakibatkan lesu dan kelelahan ekstrim. Sedangkan saat sore hari biasanya tubuh sudah memiliki banyak bahan bakar.
2. Suhu tubuh
Suhu tubuh dari pagi sampai sore, suhu internal tubuh meningkat. Seiring dengan peningkatan suhu, maka otot menjadi lebih fleksibel dan tangkas sehingga tidak mengalami kelelahan. Jika olahraga pagi hari maka butuh waktu lebih lama untuk mempersiapkan otot seperti pemanasan dan peregangan. Jika lupa pemanasan bisa membuat cepat lelah.
3. Ritme sirkadian tubuh
Ritme sirkadian adalah irama internal dari otak yang mengatur fungsi seluruh tubuh. Jika malam hari tidak menerima jumlah tidur yang cukup, maka irama sirkadian akan melamban di pagi hari, sehingga tingkat energi, denyut jantung dan tekanan darah jadi lamban dan cepat lelah.
4. Kebiasaan masing-masing orang
Kebiasaan yang dimiliki orang memainkan peran penting dalam menentukan waktu ideal dalam sehari untuk olahraga. Bagian sebagian orang, sesi pagi hari adalah cara sempurna untuk memulai hari, tapi di sisi lain sore hari mungkin lebih efektif. Karenanya jika ia tidak terbiasa olahraga pagi hari, maka ia akan merasa lebih lelah.

Trik Berjalan yang Menyehatkan
1.    Usahakan mata tetap terfokus ke depan dan bukan ke atas atau terlalu sering menunduk
2.    Dagu pada posisi tetap dan agak ditarik sedikit untuk mempertahankan posisi leher netral sehingga mencegah nyeri leher dan dapat menopang kepala dengan baik.
3.    Menjaga bahu agar tidak bungkuk dan tetap santai. Caranya dengan menekuk tangan dan siku membentuk sudut 90 derajat dan mengayun ke pusat tubuh dan sebaiknya tidak menekuk lebih dari 90 derajat. Jika menekuk dengan benar akan membakar lebih banyak kalori dan melibatkan lebih banyak otot.
4.    Bagian belakang tubuh tetap lurus sehingga lengkungan tulang tetap alami. Sebaiknya agak sedikit condong ke depan jika berjalan di bukit.
5.    Posisi dada sedikit terangkat sehingga bisa menarik napas panjang, memperluas otot perut dan mencoba untuk bernapas seirama dengan langkah.
6.    Tumit harus menyentuh tanah, langkah yang singkat akan memberikan latihan yang lebih baik dan lebih mudah pada sendi.
Dengan mengikuti teknik berjalan tersebut, maka secara signifikan bisa meningkatkan kinerja. Hal ini bisa membantu meningkatkan manfaat yang didapat tubuh seperti meningkatkan efisiensi, pasokan dan penggunaan energi yang lebih baik, menurunkan risiko cedera, meningkatkan kenyamanan, lebih cepat, meningkatkan kalori yang terbakar, baik untuk otot dan membentuk tubuh.
Selain itu trik berjalan ini tidak akan menyebabkan nyeri kronis di tubuh, menghindari sikap tubuh yang buruk serta mencegah penumpukan lemak di perut sehingga penampilan menjadi lebih baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar