Jumat, 27 Januari 2012

Makanan

5 Jenis Makanan Wajib Setiap Hari
 1. Bayam
Sayuran hijau ini merupakan salah satu makanan sehat. Bayam mengandung banyak nutrisi, salah satunya asam folat dan juga omega3 nabati. Kedua jenis nutrisi ini dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, osteoporosis, dan meningkatkan gairah seksual. Bayam juga mengandung lutein, senyawa yang mengatasi degenerasi. Apabila Anda tidak terlalu suka dengan bayam, Anda bisa menggantinya dengan bok coy.
2. Kacang Hitam
Semua jenis kacang-kacangan sangat bagus untuk pembentukan otot dan juga baik untuk jantung, tapi tidak ada yang mampu menstimulus kekuatan otak sebaik kacang hitam. Hal ini dikarenakan kandungan anthocyanins, antioksidan yang mampu meningkatkan kemampuan fungsi otak. Setengah cangkir kacang hitam settiap hari telah menyumbangkan sebanyak 8 gr protein dan 7,5 gr serat. Dan kacang hitam ini rendah kalori dan bebas lemak jenuh.
3. Walnut
Walnut memiliki asam lemak omega3 yang lebih banyak dibandingkan dengan salmon. Selain itu, kandungan polifenol anti-inflamasinya lebih tinggi dibandingkan dengan red wine. Walnut bisa dikonsumsi dengan cara mengkombinasikannya dengan salad, ataupun sebagai taburan pada ikan atau ayam yang sudah di grilled.
4. Oat
Oat merupakan makanan yang mengandung serat tinggi. Mampu menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuh dan menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Selain itu, gandum juga dapat mengenyangkan sehingga dapat menggantikan nasi sebagai sumber karbohidrat.
5. Yoghurt
Yogurt memiliki kombinasi yang ideal berupa protein dan karbohidrat untuk pemulihan latihan dan pertumbuhan otot. Tidak semua yogurt adalah probiotik, jadi pastikan label mengatakan "budaya hidup dan aktif." Bakteri aktif dalam yoghurt ini bisa memberikan perlindungan pada tubuh agar tidak terkena penyakit kanker.
Jenis2 makanan
makanan terbagi atas 2 jenis yaitu makanan ringan yaitu makanan yang dimakan sebagai selingan dan makan utama yang memenuhi kebutuhan kalori tubuh sehari-hari. Makanan ringan atau snack adalah makanan yang dikonsumsi untuk selingan di sela-sela makan utama.
Memakan makanan ringan di Indonesia mulai populer saat dikenalkan olehBelanda pada jaman penjajahannya. Makanan ringan di jaman itu dinikmati saat minum teh di sore hari berupakue-kue basah. Snack saat ini tersedia dalam berbagai jenis, baik kue, cookies atau kue kering, juga makanan ringan siap konsumsi yang diproduksi di pabrik-pabrik yang banyak beredar di toko-toko, dan tidak lagi dikonsumsi di sore hari namun di berbagai waktu baik pagi, siang ataupun malam.
Untuk penganut gaya hidup sehat, snack biasa diganti dengan buah-buahan. Sedangkan untuk para pelaku diet, snack buah ini dikonsumsi di pagi hari antara makan pagi dan makan siang serta di sore hari beberapa jam sebelum makan malam.
Makanan utama dinikmati sebagai pemenuhan kebutuhan tubuh atas kalori yang digunakan untuk beraktivitas. Makanan utama dikonsumsi 3 kali sehari yaitu pagi, siang dan malam hari. Makan pagi biasanya tidak terlalu berat namun sarat protein dan nutrisi sebagai tenaga untuk memulai hari.
Memakan makanan yang terdiri atas karbohidrat sangat baik untuk makan siang karena dapat menyuplai banyak energi yang dibutuhkan bagi tubuh. Makan malam merupakan ajang untuk berkumpul bersama keluarga oleh karena itu biasanya menu makan malam yang disiapkan cukup lengkap.
Makan malam harus dilakukan untuk memberikan suplai energi untuk tidur, karena walaupun kita terlelap, tubuh tetap memerlukan energi untuk tetap bekerja, namun tidak sebanyak saat di siang hari. Oleh karena itu terkadang jika kita melewatkan makan malam kita sering terbangun tengah malam karena lapar, karena tubuh kita tidak mendapatkan suplai makanan untuk bekerja.
Disarankan untuk tidak mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat saat makan malam karena kelebihan karbohidrat hasil pembakaran makan malam tidak akan dipakai namun akan disimpan di bawah jaringan kulit yang kemudian akan menjadi timbunan lemak.
Makanan utama ala Barat terdiri dari beberapa tahap penyajian makanan yaitu appetizer atau makanan pembuka, main course yaitu makanan utama dan desert atau makanan penutup. Makanan pembuka adalah makanan yang dimakan sebelum makanan utama.
Biasanya terdiri atas menu makanan yang ringan dengan porsi yang tidak terlalu banyak. Makanan pembuka ditujukan untuk mengisi perut sambil menunggu saat menu utama di sajikan. Contoh makanan pembuka adalahsosis, irisan daging, salad, pizza mini dan lain-lain. Menu makanan utama pada masakan ala barat bermacam-macam. Saat ini terdapat berbagai jenis restoran masakan ala barat yang menyajikan makanan khas berbagai negara dari berbagai benua.
Masing-masing memiliki menu yang berbeda-beda dan beberapa makanan khas tersebut memiliki rasa yang sangat berbeda dengan masakan Indonesia. Makanan khas Barat yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia adalah steak, spaghetti, pasta, pizza, dan burger. Banyak restoran di Indonesia yang telah memodifikasi rasa kelima masakan ini supaya dapat diterima oleh masyarakat Indonesia. Bahkan banyak perusahaan ternama yang menjadikan makanan-makanan ini sebagai daya jual utama untuk restoran cepat saji mereka yang tersebar di seluruh Indonesia.
Makanan-makanan ini sangat populer dan saat ini sangat mudah diperoleh. Selain itu banyak juga yang memproduksinya sebagai makanan instan yang dapat langsung dikonsumsi hanya dengan menghangatkannya saja.
Makanan penutup atau desert biasanya terdiri dari makanan ringan berupa kue basah, es krim atau cake. Makanan ini dikonsumsi sebagai penutup setelah makanan utama dan dinikmati sembari bercakap-cakap dengan keluarga atau kolega setelah makan malam.
Menikmati makanan penutup biasanya diselingi dengan meminum wine atau cocktail. Porsi desert biasanya tak seberapa banyak dan dinikmati hanya sebagai pelengkap atau lazim dikenal sebagai pencuci mulut.
Gaya penyajian makanan ini tidak ditemui di Indonesia yang mengenal hanya sekali saja sajian makan, terutama untuk penyajian sehari-hari. Walaupun begitu, seringkali masyarakat kita menyajikan buah sebagai santapan pencuci mulut. Pada beberapa even atau acara makan-makan seperti pernikahan atau pertemuan berbagai jenis pencuci mulut ala Indonesia disajikan dengan banyak variasi.
Tak melulu hanya buah yang disajikan, namun juga berbagai jenis pencuci mulut lainnya seperti pudding, es buah, es campur, kue basah, cake dan lain-lain.
12 Kunci Menu Makanan Sehat
1. Makan banyak makanan tinggi serat yaitu buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum. Ini adalah karbohidrat “baik”, bergizi, mengisi, dan relatif rendah kalori. Mereka harus menyediakan 20 sampai 30 gram serat makanan yang Anda butuhkan setiap hari, yang memperlambat penyerapan karbohidrat, jadi ada efek kurang pada insulin dan gula darah, serta memberikan manfaat kesehatan lainnya. Makanan tersebut juga menyediakan vitamin penting, mineral, dan fitokimia.
2. Pastikan untuk menyertakan buah-buahan dan sayuran hijau, oranye, kuning, seperti brokoli, wortel, melon, dan buah jeruk. Antioksidan dan nutrisi lainnya dalam makanan dapat membantu melindungi terhadap pengembangan beberapa jenis kanker dan penyakit lainnya. Makanlah lima atau lebih porsi sehari.
3. Batasi konsumsi makanan manis, produk olahan gandum seperti roti putih, dan makanan ringan asin. Hanya satu harian 12-ons sekaleng soda (160 kalori) dapat menambahkan hingga 16 pounds selama setahun. Makanan manis Banyak juga tinggi lemak, jadi mereka kalori-padat.
4. Kurangi lemak hewan. Ini kaya lemak jenuh, yang meningkatkan kadar kolesterol darah dan memiliki efek yang merugikan kesehatan lainnya. Pilih daging tanpa lemak, unggas tanpa kulit, dan produk tanpa lemak atau rendah lemak atau tanpa lemak susu.
5. Kurangi konsumsi lemak trans, yang disediakan oleh minyak sayur terhidrogenasi digunakan dalam makanan olahan yang paling di supermarket dan di banyak makanan cepat saji.
6. Makan lebih banyak ikan dan kacang-kacangan, yang mengandung lemak tak jenuh sehat. Pengganti zaitun atau minyak canola untuk margarin mentega.
7. Jauhkan porsi banyak, terutama makanan berkalori tinggi. Dalam beberapa tahun terakhir melayani ukuran telah bertambah banyak porsinya, terutama di restoran. Pilih starter bukan suatu hidangan utama, hidangan split dengan teman, dan tidak memesan apa saja yang berlebihan.
8. Jaga asupan kolesterol Anda di bawah 300 miligram per hari. Kolesterol hanya ditemukan di produk hewani, seperti daging, unggas, produk susu, dan kuning telur.
9. Makan berbagai makanan. Jangan mencoba untuk mengisi kebutuhan gizi anda dengan menu makanan yang sama pada setiap hari. Ada kemungkinan bahwa tidak semua nutrisi penting telah diidentifikasi, dan makan berbagai macam makanan membantu untuk memastikan bahwa Anda akan mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan. Selain itu, paparan ini akan membatasi anda untuk setiap pestisida atau zat beracun yang mungkin ada dalam satu makanan tertentu.
10. Mempertahankan asupan kalsium yang cukup. Kalsium sangat penting untuk tulang dan gigi yang kuat. Dapatkan kalsium Anda dari sumber-sumber rendah lemak, seperti susu skim dan yogurt rendah lemak. Jika Anda tidak dapat mendapatkan jumlah yang optimal dari makanan, minum suplemen.
11. Cobalah untuk mendapatkan vitamin dan mineral dari makanan, bukan dari suplemen. Suplemen tidak dapat menggantikan diet sehat, yang memasok nutrisi dan senyawa lain selain vitamin dan mineral. Makanan juga menyediakan “sinergi” yang banyak nutrisi perlu efisien digunakan dalam tubuh.
12. Menjaga berat badan yang diinginkan. Neraca energi (kalori) asupan dengan keluaran energi. olahraga dan aktivitas fisik lainnya sangat penting untuk melengkapi menu makanan sehat setiap hari yang Anda konsums
Pola Makan Sehat.
1) Makan Beberapa kali dengan Porsi Kecil
Cara sederhana untuk membantu meningkatkan metabolisme dan mengatur gula darah adalah makan beberapa kali dengan porsi kecil (sedikit). Makan lebih sering berarti bahwa sistem pencernaan akan selalu bekerja mengolah makanan yang memiliki efek meningkatkan metabolisme dan akhirnya membakar lebih banyak kalori. Dalam pengertian ini, lebih baik makan sedikit tapi sering daripada makan banyak tetapi untuk jangka waktu lama. Porsi kecil cenderung tidak membuat kekenyangan atau memperlebar perut sehingga perut benar-benar akan menyusut dan membuat terlihat lebih baik. Mulailah pada pagi hari dengan sarapan sehat seperti oatmeal untuk mendapatkan sistem pencernaan membakar kalori.
2) Memperlambat cara makan 
Memperlambat suapan makanan secara dramatis dapat mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi. Ketika makanan berada di mulut untuk mengunyah antara 20 dan 25 kali sebelum menelannya. Makan terlalu cepat dan terburu-buru, selain kurang sopan apabila makan bersama, mendorong untuk makan banyak dan membuat lebih banyak kerja organ pencernaan untuk memproses makanan yang tidak benar dikunyah.
3) Hindari Makanan Olahan dalam kaleng dan siap Saji
Memasak makanan seketika dari bahan segar sangat dianjurkan dan baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin, protein, dll. Pada bahan mentah yang segar dapat terpenuhi. Berbeda dengan makanan yang dihangatkan atau makanan siap saji. Hindari makanan olahan dalam kaleng atau pembungkus lain yang biasanya terdapat bahan pengawet. Ketika berbelanja cobalah untuk membeli sayuran dan daging segar, roti yang sehat untuk tubuh Anda.
4) Dapatkan Banyak Warna dalam Makanan Anda 
Upayakan untuk menambah warna lebih dalam makan sehari-hari dengan buah dan sayuran. Buah berwarna dan sayuran kaya akan vitamin dan kaya nutrisi yang akan membantu kehidupan yang lebih sehat.
5) Hindari minum berlebihan saat makan
Minum satu gelas atau lebih ketika sedang makan akan mempersulit kinerja pencernaan. Penelitian menunjukkan bahwa minum air ketika makan dapat mengencerkan konsentrasi asam lambung (HCl) yang sangat dibutuhkan untuk mencerna makanan. Akibatnya, hanya sedikit makanan yang bisa dicerna oleh tubuh. Hal ini, jika dibiarkan terus bisa menimbulkan berbagai penyakit. Yang terbaik adalah minum air sebelum makan dan dua jam sesudahnya. Hal ini membantu dalam penyerapan nutrisi.
6) Program diet Makan
Bicarakan dengan dokter atau ahli gizi tentang segala vitamin atau nutrisi bila Anda melaksanakan diet. Mungkin bisa mencoba melengkapi rencana diet Anda dengan makanan alami untuk membantu menangkal penyakit dan untuk kesehatan.
Pola makan sehat di atas dirangkum dari beberapa sumber asing dan diterapkan di beberapa negara maju yang lebih mengutamakan gizi dan makanan sehat daripada hanya sekedar sebagai pengisi perut (lapar). Kadang kita menemukan makanan lezat tapi tidak sehat atau sebaliknya.
Makanan sehat dengan pola makan sehat tentunya akan memperoleh hasil maksimal dalam kehidupan, mulai kecerdasan, pikiran, daya tahan tubuh, semangat, dan sebagainya.
Kriteria Makanan Sehat
1. Jumlah makanan yang kita konsumsi
Kita harus menyeimbangkan jumlah kalori yang masuk dengan jumlah energi yang kita keluarkan. Apabila jumlah kalori yang masuk lebih besar dari energi yang kita keluarkan maka kita akan mengalami kelebihan berat badan.
Selain jumlahnya, komposisipun harus seimbang seperti karbohidratsebanyak 60-70%, protein sebanyak 10-15%, Lemak sebanyak 20-25%, vitamin dan mineral (A, D, E, K, B, C, dan Ca).
2. Jenis makanan yang kita konsumsi
Jenis makanan yang kita konsumsi harus mengandung karbohidrat, protein, lemak dan nutrien spesifik.
Karbohidrat komplek bisa kita penuhi dari gandum, beras, terigu, buah dan sayuran. Pilih karbohidrat yang berserat tinggi dan kurangi karbohidrat yang berasal dari gula, sirup dan makanan yang manis-manis. Konsumsi makanan yang manis paling banyak 3-5 sendok makan per hari.
Kebutuhan tubuh akan serat sebanyak lebih dari 25 gram per hari. Untuk memenuhinya diajurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayur.
Konsumsi protein harus lengkap antara protein nabati dan hewani. Sumber protein nabati didapat dari kedelai, tempe dan tahu, sedangkan protein hewani berasal dari ikan, daging (sapi, ayam, kerbaukambing).
Tubuh manusia juga membutuhkan lemak, akan tetapi konsumsi lemak yang berlebihan akan menimbulkan dampak yang negatif, untuk itu dianjurkan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi lemak.
Sumber vitamin dan mineral terdapat pada vitamin A (hati, susu, wortel, dan sayuran), vitamin D (ikan, susu, dan kuning telur), vitamin E (minyak, kacang-kacangan, dan kedelai), vitamin K (brokoli, bayam dan wortel), vitamin B (gandum, ikan, susu, dan telur), serta kalsium (susu, ikan, dan kedelai).
Jadwal makan harus teratur, lebih baik makan dalam jumlah yang sedikit tapi sering dan teratur daripada makan dalam porsi banyak tapi tidak teratur.
Sedangkan Direktorat Gizi Masyarakat Republik Indonesia mengeluarkan Pedoman Umum Gizi Seimbang sebagai berikut:
Makanlah aneka ragam makanan
Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi
Makanlah makanan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi
Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kebutuhan energi
Gunakan garam beryodium
Makanlah makanan sumber zat besi
Berikan ASI saja kepada bayi sampai umur empat bulan
Biasakan makan pagi
Minumlah air bersih, aman yang cukup jumlahnya
Lakukan kegiatan fisik dan olah raga secara teratur
Hindari minum minuman beralkohol
Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan
Bacalah label pada makanan yang dikemas.
Salah satu indikator apakah pola makan kita sudah seimbang atau belum yaitu dengan menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT) untuk mengetahui berat badan ideal yang bisa anda ukur di sini.
Dengan mengetahui pola makan sehat seperti diatas diharapkan kita bisa selalu menjaga kesehatan tubuh kita.
Tiga Makanan yang Perlu Diperhatikan Cara Makannya
Ghiboo.com 
Kentang
Umbi ini bisa berbahaya ketika sudah berwarna hijau. Bila ada garis tipis berwarna hijau dalam kentang, hal itu berarti sudah mengandung racun glycoalkaloid yang dapat menyebabkan sakit, diantaranya, mual, diare, tenggorokan panas, pusing, bahkan kematian.
Cazu Marzu
Keju tradisional dari Sardinia, Italia ini terbuat dari susu domba yang difermentasi dengan bantuan larva lalat keju yang termasuk keluarga Piohila casei. Keju ini berbahaya bagi kesehatan karena dapat menyebabkan diare, muntah, dan penyakit usus dan dilarang keberadaanya di Uni Eropa. Makanlah Cazu Marzu ketika masih terdapat belatung. Karena menurut warga lokal Sardinia, ketika belatung-belatung tersebut mati, keju ini akan menjadi busuk dan beracun untuk dikonsumsi.
Fugu
Jenis makanan yang populer di Jepang ini lebih dikenal sebagai ikan buntal di Indonesia. Bagian yang mematikan dari ikan ini adalah hati, usus, dan yang paling berbahaya, ovarium. Ikan buntal memiliki racun tetrodotoksin yang hanya dengan 2 md dosisnya dapat mematikan seseorang dalam jangka waktu kurang dari setengah jam. Untuk memasak fugu, seorang koki harus mempunyai lisensi terlebih dahulu.
Ini Dia yang Bikin Nafsu Makan Berkurang
1. Usia
Seiiring bertambahnya usia, indera perasa dan bau akan berubah menjadi kurang peka dan hal ini akan membuat orang dengan mudah kehilangan minat dalam makanan.
2. Kanker dan AIDS
Ini adalah kondisi medis parah yang dapat menyebabkan nafsu makan berkurang dan penurunan berat badan yang signifikan. Bahkan obat yang diresepkan untuk penyakit bekerja untuk membatasi nafsu makan.
3. Gangguan pencernaan
Masalah lambung seperti sembelit, diare, gas perut berlebihan, masalah hati, penyakit Crohn, semua dapat menurunkan nafsu makan seseorang.
4. Stres
Stres sering berhubungan dengan makan berlebih, tetapi fakta membuktikan bahwa banyak orang tidak nafsu makan karena sedang mengalami stres. Stres menurunkan keinginan dan minat orang terhadap makanan. Gangguan mood dan depresi juga terkait dengan nafsu makan rendah.
5. Gangguan makan
Beberapa orang sengaja mengurangi nafsu makan untuk menurunkan berat badan atau tampak kurus. Nafsu makan yang rendah sering dikaitkan dengan gangguan makan seperti aneroxia nervosa, yaitu suatu kondisi di mana seseorang membentuk citra diri yang salah, ingin tampak kurus dengan mengurangi makan dan memperbanyak olahraga.
6. Demam
Lidah kehilangan rasa bila kondisi tubuh sedang demam dan karena itulah seseorang akan kehilangan minatnya dalam makanan.
7. Obat-obatan
Obat-obat tertentu seperti digoksin, fluoxetine, hydralazine dan quinidine dapat menekan nafsu makan pada seseorang.
Pilih Makanan yang Tepat Agar Tak Galau di Sisa Akhir Pekan
1. Penangkal Stres
Salah satu pemicu stres adalah kerusakan oksidatif di otak, sehingga penangkalnya tidak lain adalah makanan dengan kandungan antioksidan yang cukup. Buah-buahan segar adalah sumber antioksidan terbaik, selain juga mengandung serat dan karetoneid yang turut melindungi otak dari kerusakan.
Jika senang minum kopi atau teh, batasi agar tidak berlebihan karena kafein bisa menyebabkan gangguan tidur dan akan memperparah kerusakan oksidatif di otak saat stres. Akan lebih baik jika diganti dengan teh hijau, karena mengandung lebih banyak antioksidan dan flavanoid.
2. Penangkal Depresi
Kandungan asam lemak omega 3 dalam minyak ikan diyakini sangat bermanfaat untuk menjaga fungsi sistem saraf, sehingga lebih tangguh menghadapi stres dan kemungkinan mengalami depresi. Dua porsi makanan yang mengandung minyak ikan atau biji rami cukup efektif menangkal depresi.
Selain itu, risiko depresi juga banyak dikaitkan dengan kerusakan pada kelenjar adrenal. Makanan-makanan yang mengandung vitamin B3 seperti toge, kacang, daging dan juga telur ayam bisa memperbaiki fungsi kelenjar adrenal sehingga tidak mudah mengalami depresi.
3. Penangkal Hiperaktif
Hiperaktif dan susah memusatkan perhatian juga termasuk ciri-ciri orang sedang galau. Menurut sebuah penelitian di Mumbai India, gejala yang mirip seperti gangguan tumbuh kembang pada anak ini bisa diredakan dengan kandungan senyawa Gamma amino butyric acid dalam buah kenari dan pegagan.
4. Penangkal Kegelisahan
Gula dan karbohidrat sederhana merupakan jenis makanan yang harus dikurangi saat suasana hati sedang gelisah, sebab jenis makanan tersebut membuat otak susah konsentrasi. Pilihan terbaik saat hati sedang gelisah adalah cokelat hitam, sebab di dalamnya terkandung flavanoid yang berkhasiat memperbaiki mood.
Ini Dia Nutrisi-nutrisi Pengusir Galau
1. Ikan melindungi dari depresi
Studi telah menunjukkan bahwa orang yang hidup di negara dengan ikan adalah bagian integral dari diet, memiliki tingkat terendah depresi, gangguan bipolar, depresi pasca-melahirkan dan gangguan afektif musiman.

Hal ini karena ikan banyak mengandung asam lemak omega-3. Studi yang dilakukan pada tahun 2008, menunjukkan bahwa pengobatan depresi dengan minyak ikan bisa sama efektifnya dengan obat Prozacpopuler yang di seluruh dunia.
2. Tomat melawan depresi
Senyawa yang disebut lycopene tidak hanya bertanggung jawab untuk warna merah dari tomat, tetapi juga meningkatkan suasana hati, mencegah pembentukan senyawa peradangan di otak yang berkaitan dengan depresi.
Tomat mengandung zat peningkat mood lain, seperti asam folat, magnesium, besi dan vitamin B6, yang penting untuk produksi zat neurotransmiter otak, seperti serotonin, dopamin dan norepinefrin.
3. Buah bit merah sebagai antidepresan
Buah bit adalah sumber vitamin B, yang dibutuhkan oleh otak untuk fungsi yang baik dari memori, humor yang baik, kemampuan untuk dengan cepat menemukan informasi dan memprosesnya. Buah bit juga mengandung betaine, suatu senyawa yang otak gunakan untuk membuat antidepresan alami.
4. Cabai dan bawang putih yang memproduksi endorfin
Cabai menghasilkan panas karena capsaicin yang terkandung di dalamnya. Dengan reaksi lemak molekul dalam darah, otak memproduksi endorfin (senyawa alami yang memiliki efek menenangkan).
Selain itu, bawang putih juga mengandung sejumlah besar kromium, yang mempengaruhi regulasi serotonin, yang dikenal sebagai zat kimia 'bahagia'.
5. Madu memberikan tenaga
Berbeda dengan gula yang tidak berguna dan bahkan berbahaya, madu mengandung vitamin B, asam folat, zat besi, mangan dan 181 senyawa biologis aktif yang berbeda, seperti quercetin dan asam caffeic, yang dapat meningkatkan produksi energi di otak.
Sudah Sarapan Tapi Masih Lapar, Ini Penyebabnya
1. Mengonsumsi sarapan yang tidak sehat
Sarapan yang penuh dengan gula dan karbohidrat olahan mungkin akan membuat seseorang merasa kenyang, tapi ini hanya bertahan beberapa saat saja dan akan muncul rasa lapar lagi. Karbohidrat olahan ini akan segera diubah dalam tubuh menjadi gula dan menimbulkan rasa tidak puas.
Sebaliknya sarapan dengan karbohidrat kompleks akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, dan membuat perut terasa penuh untuk jangka waktu lama. Untuk itu mulailah hari dengan makanan yang sarat gizi seperti karbohidrat gandum (oatmeal dengan buah), sereal gandum dengan susu.
2. Tidak mengonsumsi air yang cukup
Perut yang terasa lapar ada kemungkinan akibat tidak minum cukup air, karena haus kadang ditandai dengan sinyal rasa lapar. Untuk itu jika muncul rasa lapar, cobalah mengonsumsi segelas air.
3. Tidak memiliki cemilan
Kadang meski sudah sarapan bergizi lengkap, orang akan merasa lapar beberapa jam setelahnya. Untuk itu diperlukan cemilan antara waktu sarapan dengan makanan siang. Pilihlah cemilan yang memiliki kandungan air tinggi seperti wortel, seledri, irisan apel atau buah lain.
Dahsyatnya Buah dan Sayur Berwarna Putih
1. Jamur
Jamur merupakan sayuran dengan harga yang cukup mahal, namun paling bergizi. Jamur merupakan sumber kalium yang ampuh untuk melawan kanker. Penelitian juga menunjukkan bahwa jamur bisa meningkatkan produksi dan aktivitas sel-sel darah putih. Selain itu, jamur juga sangat baik melawan infeksi, menurunkan berat badan, atasi flu dan lawan radikal bebas.
2. Kentang dan Pisang
Keduanya merupakan sumber yang amat baik untuk mendapatkan energi (karbohidrat) dan kaya akan kalium. Kentang dan pisang juga mampu meringankan migren dan sakit kepala akibat stres.
3. Bawang putih
Bawang putih ternyata anti bakteri, anti jamur, anti peradangan dan anti beberapa jenis penyakit akibat kuman. Mengonsumsi bawang putih juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung secara alami.
4. Kembang kol/kol
Sayuran dari keluarga cruciferous merupakan makanan yang baik yang akan memberikan serat dan vitamin dasar namun rendah kalori. Kol juga memberikan dampak baik bagi kesehatan, seperi anti kanker, menurunkan kadar kolesterol jahat, mengobati penyakit kulit, membantu kesehatan pencernaan, membersihkan pengaruh alkohol dalam darah dan mengurangi risiko terkena penyakit katarak.
5. Lobak
Sayuran ini merupakan sepupu dari wortel. Lobak mengandung banyak vitamin C. Lobak juga diketahui mengandung enzim diatase yang tinggi untuk membantu melancarkan pencernaan dan menghalangi penumpukan lemak dalam jaringan tubuh.
6. Tauge
Tauge dapat meningkatkan kesuburan karena menjadi sumber vitamin E. Tauge kedelai mengandung lebih banyak energi, protein dan lemak dibandingkan tauge kacang hijau. Kecambah kedelai juga berkhasiat menurunkan hipertensi karena adanya peptida dalam tauge yang bersifat sebagai penghambat kerja angiotensin I converting enzyme (ACE).
Yang Harus Dimakan Supaya Cantik
Masalah kecantikan: Ramput rapuh dan menipis
Yang harus dimakan: Gandum utuh
Biji-bijian seperti beras merah dan gandum, kaya akan vitamin B esensial termasuk biotin (B7), yang dapat membantu mengurangi kerontokan dan kerapuhan rambut. Bahan-bahan tersebut juga merupakan sumber silika yang baik, yang dapat membantu mengurangi kerusakan rambut, dan seng yang merupakan nutrisi penting bagi rambut. Cobalah untuk makan berbagai biji-bijian (pilihlah yang sealami mungkin) untuk mendapatkan rambut sehat, kuat dan berkilau.
Masalah Kecantikan: Lingkaran hitam di bawah mata
Yang harus dimakan: Bayam
Ada banyak penyebab lingkaran hitam di bawah mata, antara lain faktor keturunan, kelelahan dan anemia. Namun salah satu penyebab lingkaran hitam adalah karena sirkulasi darah yang buruk. Untuk mengatasi penyebab tersebut dan megurangi bayangan di bawah mata, cobalah untuk mencukupi asupan vitamin K dan C, yang dapat membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat dinding kapiler. Sayuran hijau seperti bayam merupakan sumber nutrisi yang baik.
Masalah kecantikan: Kulit kering
Yang harus dimakan: Kacang-kacangan dan biji-bijian
Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber vitamin E yang dapat membantu kulit mempertahankan tingkat kelembapan alami dan tetap lembut dan terhidrasi. Pilihlah biji rami atau kacang walnut untuk memberikan manfaat yang maksimum terhadap kulit, karena kaya akan asam lemak Omega-3 yang dapat membantu mencegah kulit kering.
Masalah kecantikan: Gigi kuning
Yang harus dimakan: Buah dan sayuran 
Beberapa langkah paling penting untuk mendapatkan gigi putih sempurna adalah dengan menjaga standar kesehatan mulut (menyikat gigi, flossing dan secara teratur mengunjungi dokter gigi) dan menghindari  rokok dan makanan  serta minuman yang dapat menyebabkan gigi kuning. Namun, setelah makan buah-buahan dan sayuran seperti apel, seledri dan wortel juga dapat membantu untuk memutihkan gigi. Tekstur dari makanan tersebut dapat membantu  membersihkan gigi Anda setelah makan, menghilangkan bakteri dan mengangkat noda dari gigi Anda.
Masalah kecantikan: Bibir pecah-pecah
Yang harus dimakan: Yoghurt dan oatmeal
Bibir pecah-pecah dan terkelupas dapat terjadi pada kita semua kapan saja, namun jika Anda sering mengalami bibir pecah-pecah, itu bisa jadi tanda kekurangan vitamin B. Vitamin B kompleks dapat menyehatkan kulit dan menjaganya tetap sehat, jadi cobalah mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B seperti yoghurt dan oat. Oat dan yogurt juga merupakan sumber yang baik dari seng, yang dapat membantu menyembuhkan radang tenggorokan, bibir pecah-pecah secara lebih cepat.
Masalah Kecantikan: Kantong mata
Yang harus dimakan: Avokad
Jika Anda mengalami seperti pembengkakan di bawah mata, bisa jadi Anda mengalami retensi cairan. Untungnya, hal itu bisa diatasi melalui diet dengan menyeimbangkan asupan natrium dan potasium. Cobalah kurangi asupan garam dan meningkatkan asupan makanan yang kaya akan potasium seperti avokad, yang juga kaya akan asam lemak sehat yang dapat membantu menjaga kulit agar tetap lembut dan lentur serta mengurangi peradangan.
Masalah Kecantikan: Kulit keriput
Yang harus dimakan: Minyak ikan
Untuk membantu menjaga kulit lentur dan bebas kerut, pastikan Anda memperoleh cukup asam lemak Omega-3. Asam lemak Omega-3 dapat  membantu menjaga kulit dari dalam, mencegah dehidrasi dan kekeringan, meningkatkan produksi kolagen kulit serta membantu mencegah pembentukan garis-garis halus dan kerutan. Jika Anda bukan penggemar ikan yang berminyak, sumber Omega-3 lain dapat didapatkan pada biji rami dan walnut.
Masalah Kecantikan: Jerawat
Yang harus dimakan: Bawang putih
Bawang putih tidak hanya merupakan makanan yang menyehatkan  untuk jantung, tapi juga baik untuk membantu menjaga kulit bersih dan bebas jerawat. Dengan antibiotik alami yang terkandung di dalamnya, sifat membersihkan darah, sifat meningkatkan kekebalan tubuh dan antibakteri, bawang putih dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan jerawat, juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan.
Masalah kecantikan: Kulit pucat
Yang harus dimakan: Kerang
Jika Anda mengalami wajah atau kulit pucat, bisa jadi Anda menderita anemia, yang disebabkan oleh kekurangan zat besi atau vitamin B12. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah menambah asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan laut seperti tiram yang mengandung kadar Vitamin B12 dan zat besi yang tinggi.
Masalah Kecantikan: Kuku yang rapuh
Yang harus dimakan: Kuning telur
Penelitian telah menunjukkan bahwa menambah asupan biotin (vitamin B7) dapat membantu meningkatkan kekuatan kuku dan mengurangi kerapuhan, sedangkan penelitian juga menunjukkan bahwa kekurangan zat besi dan seng dapat menyebabkan kelainan pada kuku. Untuk memperkuat kuku, cobalah mengonsumsi kuning telur pada makanan seperti omelet dan pancake, yang kaya akan nutrisi penting. Telur juga merupakan sumber protein, yang sangat penting bagi pertumbuhan kuku yang sehat.
10 Kebiasaan Makan Sehat
Ghiboo.com
1. Menyempatkan sarapan. Sarapan dapat meningkatkan metabolisme sehingga membantu membakar lemak sepanjang hari.
2. Hindari makanan olahan. Makanan yang dibuat dari bahan-bahan segar lebih bergizi dan rendah garam, gula dan lemak. Plus, lebih enak!
3. Makan setiap 3-4 jam. Hal membuat tingkat gula drah dan insulin stabil. Selain itu, kebiasaan ini juga mencegah memakan makanan secara berlebihan nantinya.
4. Selalu warna-warni. Mencoba buah dan sayuran setiap hari dapat menjadi cara jitu mengatasi menu-menu yang membosankan. Plus, makanan ini kaya akan nutrisi penting.
5. Bersiaplah. Pastikan cemilan sehat selalu berada didekat Anda sehingga Anda tidak bisa melirik-lirik cemilan lainnya. Selain itu, coba bekukan makanan yang Anda masak untuk waktu tertentu, sehingga Anda tidak perlu membeli makanan junk food ketika lapar dan cara ini bikin hemat bin sehat.
6. Jujur. Yes, jujur juga diperlukan dalam urusan kesehatan. Coba jujur pada diri Anda sendiri atas apa yang Anda makan.
7. Masak 'pintar'. Pilih minyak sehat, seperti minyak zaitun atau bunga matahari, dan gunakanlah bumbu dan rempah-rempah untuk rasa, bukan garam dan gula.
8. Hindari makanan berlemak. Pilih daging dan ikan tanpa lemak dan coba untuk makan dua porsi minyak ikan dalam seminggu untuk asupan vitamin D dan omega 3 asam lemak tak jenuh ganda demi kebaikan kulit, kuku dan rambut.
9. Makanan berwarna coklat. Makanlah tiga porsi biji-bijian setiap hari. Makanan ini penuh dengan vitamin dan mineral penting yang membuat Anda tetap kenyang sepanjang hari dan meningkatkan asupan serat. Semua ini berkontribusi untuk berat badan dan pencernaan sehat.
10. Minum. Tahukah Anda bahwa kelaparan merupakan tanda Anda kehausan? Dan setiap sel dalam tubuh membutuhkan air agar dapat berfungsi secara efisien? Yes, jangan lupa untuk minum setidaknya 8 gelas (2 liter) air setiap hari.
Camilan Aman buat Malam
KOMPAS.com
1. Pisang dan kacang
Asup sepotong pisang dengan segenggam kacang favorit Anda. "Anda akan mendapatkan tryptophan dan karbohidrat," kata Freedman. "Ini adalah campuran yang baik."
2. Kerupuk dan selai kacang
Olesi selai kacang di atas kerupuk gandum utuh. Ini adalah campuran karbohidrat kompleks, protein dan tryptophan yang alami.
3. Semangkuk sereal
Susu mengandung tryptophan dan sereal gandum, yang merupakan karbohidrat kompleks yang saling melengkapi. Hanya, pastikan untuk menghindari gula pada malam hari.
4. Keju
Mengunyah keju rendah lemak sebelum tidur akan memberikan persediaan tryptophan. Plus, protein tanpa lemak bisa membuat Anda tenang, menjaga gula darah Anda secara stabil.
Catatan penting lainnya: pastikan untuk makan malam setidaknya tiga jam sebelum tidur, dan camilan sekitar satu jam sebelum Anda naik ke ranjang. Anda tidak dapat tidur dengan cepat dan nyenyak bila perut penuh atau kosong.
Nutrisi yang Bikin Mood Bagus
1. Vitamin B12
Vitamin B12 akan banyak ditemukan dalam konsentrasi tinggi pada sapi, kambing, dan hewan ruminansia lain dan dalam makanan laut seperti ikan dan kerang. Vitamin B12 mengatur ekspresi gen, yang berarti mencegah hal-hal seperti kanker dapat terjadi.
Kebanyakan makanan olahan yang diperkaya dengan asam folat, dapat menyebabkan perilaku obsesif kompulsif, sulit tidur, dan kesemutan di lengan dan kaki. Sekitar 200-1.100 picograms per mililiter adalah jumlah normal dari B12. Tetapi tingkat di bawah 400 meningkatkan risiko masalah kesehatan mental seperti demensia dan depresi.
2. Yodium
Yodium sangat penting untuk tiroid sehat. Tiroid merupakan kelenjar yang mengatur metabolisme. Tiroid yang kurang aktif dikaitkan dengan energi yang rendah, memori yang rendah, depresi, ADHD, migrain, berat badan, infertilitas, penyakit payudara (termasuk kanker), infeksi, dan penyakit jantung.
Sumber terbaik yodium berasal dari rumput laut, ikan, kerang, udang, sarden, telur, daging dari hewan pemakan rumput,dan susu.
3. Magnesium
Magnesium adalah mineral yang baik untuk saraf, dan otot. Bahkan magnesium telah digunakan untuk mengobati depresi klinis. Magnesium melindungi otak dari produk limbah amonia, merilekskan pembuluh darah, dan melindungi terhadap penyakit jantung dan diabetes. Peningkatan kadar magnesium dalam otak meningkatkan memori dan kecerdasan, sementara kekurangan dapat menyebabkan depresi, kecemasan, ADHD, insomnia, dan kelelahan.
Sumber terbaik magnesium berasal dari sayuran berdaun hijau, biji-bijian, ikan salmon, kacang-kacangan, dan biji bunga matahari.
4. Kolesterol
Makan kolesterol dalam diet sehari-hari memiliki dampak yang sangat kecil pada kadar kolesterol darah. Menghindari makanan kolesterol tinggi, seperti telur dan ikan salmon, berarti kehilangan beberapa sumber terkaya nutrisi otak yang penting.
Dengan begitu banyak penekanan pada tindakan penurunan kolesterol, mungkin akan terkejut mendengar bahwa kadar tinggi kolesterol telah dikaitkan dengan memori yang lebih baik dan suasana hati pada orang paruh baya dan lansia yang sehat.
Menurut para peneliti dari Universitas Johns Hopkins University Bloomberg School of Public Health, tingkat yang lebih tinggi dari kolesterol total yang terkait dengan penurunan risiko demensia. Sumber terbaik kolesterol, antara lain telur, ikan salmon, daging, susu, keju, dan lemak babi.
5. Vitamin D
Sinar matahari dapat mengubah kolesterol di kulit menjadi vitamin D. Vitamin D merupakan nutrisi penting yang mengontrol ekspresi dari sekitar dua ribu gen. Rendahnya tingkat vitamin D dikaitkan dengan sejumlah gangguan mental, termasuk depresi, demensia, penyakit Parkinson, gangguan dysphoric pramenstruasi, dan 17 jenis kanker.
Kekurangan vitamin D juga berhubungan dengan menurunkan kekebalan tubuh. Beberapa peneliti sekarang percaya bahwa, salah satu alasan tubuh dapat sakit saat musim dingin adalah karena kurang mendapatkan paparan sinar matahari, sehingga kurang vitamin D.
Banyak orang sekarang percaya bahwa kekurangan vitamin D adalah penyebab di balik gangguan afektif musiman. Tingkat vitamin D rendah meningkatkan risiko baik mendapatkan depresi dan tingkat keparahan depresi pada orang tua. Sumber terbaik vitamin D antara lain, sinar matahari, ikan, mentega, lemak babi, dan jamur.
6. Kalsium
Gangguan pada kadar kalsium dapat menghasilkan kecemasan, depresi, lekas marah, gangguan memori, dan berpikir dengan lambat. Ketika kadar kalsium rendah dalam aliran darah, kalsiu akan diambil dari tulang, sehingga dapat menyebabkan osteoporosis.
Kekurangan secara konstan menciptakan ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan kelebihan berat badan dan wanita menderita gejala PMS yang parah. Sumber terbaik kalsium, antara lain sarden, susu, yoghurt, keju, kangkung, kubis, mustard, lobak, bayam, almond, dan kenari.
7. Serat
Diet rendah serat telah dikaitkan dengan depresi dan peningkatan risiko bunuh diri. Salah satu alasannya adalah bahwa serat merupakan indikator makanan yang dikonsumsi, seperti biji-bijian dan tanaman yang mengandung elemen penting lain untuk memperoleh suasana hati yang baik. Serat juga mengurangi peradangan secara keseluruhan.
Serat membantu menghindari lonjakan gula darah dan insulin, yang dari waktu ke waktu menyebabkan racun keluar dari otak, sehingga tidak dapat mengganggu pengaturan suasana hati, memori, dan pertumbuhan otak. Sumber terbaik serat, antara lain sayuran berdaun hijau, tanaman silangan seperti kembang kol dan brokoli, kacang-kacangan, serta buah.
8. Folat
Cairan serebrospinal yang menggenangi otak memiliki 4 kali lebih banyk folat daripada darah. Konsentrasi yang lebih tinggi folat dalam darah terkait dengan penurunan susana hati negatif, dan depresi klinis. Asam folat telah digunakan selama puluhan tahun untuk mengobati depresi klinis.
Folat juga meningkatkan suasana hati dengan meningkatkan produksi rantai panjang omega 3, DHA dan EPA, membantu menciptakan senyawa seperti defensin 1 yang melindungi otak dari peradangan. Sumber terbaik folat antara lain, bayam, kangkung, kacang hitam, kacang polong, dan lentil.
9. Vitamin A
Daerah otak yang bertanggung jawab untuk melahirkan sel-sel otak baru, yaitu hippocampus sarat dengan reseptor untuk vitamin A. nutrisi ini memainkan peran yang kuat dalam ekspresi DNA dalam neuron.
Secara khusus, vitamin A mempromosikan produksi enzim yang membuat neurotransmitter dopamin dan reseptor seperti mereka, yang merupakan pemain kunci dalam biokimia dasar suasana hati, memori, dan pembelajaran. Sumber terbaik vitamin A, antara lain hati, kuning telur, kerang, mentega, dan susu murni.
10. Omega 3
Omega 3 adalah kelompok asam lemak esensial yang dibutuhkan oleh setiap sel dalam tubuh manusia. Diet tinggi omega 3 dikenal untuk mencegah depresi, obesitas, kanker, penyakit jantung, dan banyak penyakit lainnya. Sumber terbaik omega 3, antara lain lemak ikan seperti sarden, mackerel dan salmon, dan daging dari hewan yang makan rumput.
11. Vitamin E
Vitamin E melindungi lemak di dalam otak dari radikal bebas, terutama lemak omega3, DHA dan EPA, yang terkonsentrasi di neuron. Tokoferol melindungi neuron penting, karena mereka memblokir sinyal inflamasi yang membunuh sel-sel otak. Pada pasien dengan depresi klinis memiliki kadar vitamin E secara signifikan lebih rendah.
Selain melindungi neuron, bentuk alami vitamin E juga terkait dengan pencegahan kanker dan perlindungan dari penyakit jantung. Alfa tokoferol sintetik telah dikaitkan dengan kanker dan penyakit jantung, sedangkan susunan kompleks dari bentuk alaminya mencegah penyakit ini. Sumber terbaik vitamin E, antara lain almond, zaitun, sayuran bit, lobak, dan lobak Swiss.
12. Zat besi
Zat besi dibutuhkan untuk sel-sel otak untuk menghasilkan energi dan sangat penting untuk perkembangan otak yang tepat. Remaja dengan level besi yang rendah melakukan lebih buruk pada tes kognitif, dan bayi dengan defisiensi besi memiliki masalah belajar dan konsentrasi di kemudian hari.
Sebagai pusat dari hemoglobin protein, zat besi adalah dasar tubuh untuk mengangkut oksigen. Besi juga merupakan inti dari protein penting dalam tubuh yang membentuk sistem sitokrom dalam hati. Sumber terbaik zat besi, antara lain kerang, daging dari sapi yang memakan rumput, bebek, daging ayam, dan hati.
10 Makanan untuk Memperbaiki Mood
Sedih
Jika Anda membutuhkan dorongan kebahagiaan, cobalah konsumsi minyak ikan untuk meningkatkan kesehatan otak dan suasana hati. Minyak ikan tak hanya kaya dengan asam lemak Omega-3, yang membantu mengurangi depresi, perasaan negatif dan suasana hati, namun salmon dan tuna juga merupakan sumber vitamin B12, yang membantu meningkatkan suasana hati.
Takut
Banyak orang menderita fobia, mulai dari yang umum (seperti acrophobia – takut ketinggian) hingga yang khusus (seperti arachibutyrophobia – takut terhadap selai kacang). Mungkin pola makan Anda perlu diperiksa. Penelitian menunjukkan, kekurangan folat dapat menyebabkan ketakutan irasional dan kecemasan berlebihan, jadi cobalah tingkatkan asupan folat Anda – sama seperti memperbaiki suasana hati dengan Omega-3 – dengan mengonsumsi alpukat.
Marah
Lain kali saat merasa marah, cobalah konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian untuk membantu menenangkan Anda. Penelitian menunjukkan, Omega-3 dapat mengurangi perilaku agresif pada orang dewasa dan anak-anak dengan masalah perilaku yang parah, sementara penelitian di Jepang menyarankan wanita yang sedang marah untuk mengonsumsi zinc. Untuk memenuhi asupan nutrisi, konsumsilah kenari dan biji rami, yang banyak mengandung zinc dan asam lemak Omega-3.
Cinta 
Punya janji kencan dan ingin mengubah suasana hati? Cobalah makanan kaya zinc untuk merangsang libido dan meningkatkan keinginan. Sementara tiram merupakan aphrodisiac (zat yang dapat meningkatkan hasrat seksual) yang terkenal karena jumlah zinc yang tinggi, jika Anda bukan penggemar moluska berlendir tersebut, cobalah kerang, kacang pinus, atau biji labu.

Malu 
Kita semua perlu meningkatkan kepercayaan diri dari waktu ke waktu, dan untungnya Anda mendapatkan uluran tangan untuk mengurangi rasa malu. Peneliti di McGill University di Montreal menemukan bahwa makanan yang mengandung tryptophan (asam amino esensial) membuat orang merasa lebih percaya diri. Sumber terbaik untuk tryptophan yakni daging (terutama ayam), ikan seperti salmon dan tuna, dan kacang-kacangan.
Patah hati
Banyak orang mengonsumsi cokelat untuk mengatasi patah hati, dan itu bukanlah hal yang buruk. Cokelat mengandung banyak zat kimia untuk mengurangi kesedihan, seperti magnesium yang membuat santai, anandamide yang menenangkan dan phenylethylamine yang meningkatkan suasana hati. Cobalah konsumsi cokelat gelap (tapi secukupnya!) untuk mengoptimalkan kesehatan.
Gelisah 
Jika Anda akan menghadapi wawancara atau presentasi, cobalah ganti kopi di pagi hari (yang dapat membuat Anda gelisah) dengan teh herbal. Efek chamomile yang menenangkan begitu kuat hingga dapat mengurangi gangguan kecemasan ringan hingga sedang, jadi cobalah secangkir teh chamomile untuk membantu mengurangi kegelisahan.
Stres
Apakah Anda merasa kewalahan karena hari yang sibuk atau merasa stres setelah bekerja, cobalah konsumsi beberapa blueberry untuk mengatasi stres. Blueberry tinggi vitamin C, yang dapat membantu tubuh mengatasi stres tingkat tinggi. Juga dilengkapi dengan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh Anda.
“Otak berkabut”
Jika Anda merasa bingung, tidak fokus, pelupa, atau pikiran Anda berjalan lambat, berikan otak Anda dorongan dengan minum secangkir teh hijau. Sekitar 80 persen otak kita terdiri dari air, minum air dapat membantu otak Anda tetap terhidrasi dan berfungsi optimal. Teh hijau juga membantu menjaga kewaspadaan Anda dengan mengatur kadar gula darah, membantu melindungi otak dan mengurangi resiko demensia (gejala yang disebabkan oleh gangguan otak).
Lesu 
Apakah Anda merasa lesu karena kurang tidur atau hanya merasa lesu, minum jus bit dapat menghidupkan kembali energi Anda. Ubi bit memiliki kadar gula tinggi dan banyak nutrisi berenergi seperti magnesium dan vitamin C. Lebih jauh lagi, para peneliti di University of Exeter menemukan bahwa jus ubi bit memungkinkan orang berolahraga kembali hingga 16 per
3 Jenis Vitamin Populer yang Bisa Membahayakan Kesehatan
Suplemen vitamin E
Banyak orang meyakini bahwa vitamin E ampuh untuk mencegah kanker. Pada tahun 2001, National Cancer Institute di Amerika Serikat melakukan penelitian untuk menguji apakah vitamin E dapat menurunkan risiko kanker prostat. Namun temuan mengungkapkan bahwa pria yang mengkonsumsi vitamin E justru memiliki kemungkinan 17 persen lebih tinggi terserang kanker prostat.
Vitamin E merupakan faktor kunci dalam fungsi kekebalan tubuh dan komunikasi sel. Vitamin ini paling bagus diperoleh dalam makanan seperti biji gandum, biji bunga matahari, dan brokoli. Namun efeknya akan memburuk jika diminum secara teratur dalam dosis tinggi. Seperti halnya banyak vitamin lain, vitamin E akan kehilangan manfaatnya jika diminum berlebihan.
Vitamin A
Vitamin A baik untuk menjaga ketajaman penglihatan dan ditemukan pada produk hewan dan nabati. Vitamin A juga penting untuk kesehatan reproduksi, kesehatan tulang, dan fungsi kekebalan tubuh. Suplemen vitamin A penting bagi orang pengidap penyakit yang menghambat penyerapan lemak, seperti penyakit celiac, penyakit Crohn, dan gangguan pankreas.
Kelebihan vitamin A dapat berubah menjadi racun di dalam tubuh. Meminum vitamin A lebih dari yang dibutuhkan tubuh dari waktu ke waktu dapat menyebabkan penyakit hati yang serius, cacat lahir, dan gangguan sistem saraf pusat.
Jenis vitamin A yang disebut beta-karoten juga diduga membantu mencegah kanker, tapi hanya jika diperoleh lewat makanan. Dalam bentuk pil, beta karoten justru berbahaya. Penelitian menemukan bahwa pria perokok yang mengkonsumsi suplemen beta-karoten memiliki kemungkinan 18 persen lebih besar mengalami kanker paru-paru dan memiliki kemungkinan 8 persen meninggal.
Gerard Mullin, direktur layanan integratif nutrisi pencernaan di Rumah Sakit Johns Hopkins dan penulis buku 'The Inside Tract: Your Good Gut Guide to Great Digestive Health' telah banyak merawat pasien yang terserang kerusakan hati karena overdosis vitamin A. Menurutnya, banyak orang yang tidak tahu bahwa overdosis vitamin A bisa berbahaya. Pasien-pasiennya itu sempat berpikir bahwa vitamin A dapat melawan infeksi.
Vitamin C
Vitamin C diyakini ampuh melawan infeksi. Berbagai suplemen dan tablet hisap vitamin C telah menjadi konsumsi yang umum di masyarakat. Padahal, fungsi perlindungan dalam sistem kekebalan tubuh hanya diperoleh dari vitamin C yang alami. Dasar ilmiah yang mendukung penggunaan suplemen vitamin C secara rutin untuk mengatasi pilek sangat lemah. Tidak ada bukti bahwa vitamin C dapat mencegah pilek.
Tidak seperti vitamin A, vitamin C larut dalam air. Artinya, jika mengkonsumsi lebih dari yang dibutuhkan tubuh, kelebihannya dapat dikeluarkan tanpa menyebabkan maslaah. Namun beberapa efek samping seperti diare, kram perut, dan mual dapat terjadi.
"Pada dosis cukup tinggi, vitamin C bisa menyebabkan batu ginjal. Asupan vitamin C lebih dari 500 miligram per hari sudah cukup untuk dapat menimbulkan masalah. Jumlah ini hanya setengah dari produk 1 gram vitamin C. Kasus ini memang jarang terjadi, tetapi pernah ada," kata Mullin.
Asupan harian maksimum vitamin paling baik diperoleh dari kombinasi makanan dan suplemen. Meminum lebih dari jumlah yang direkomendasikan akan menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih besar dibandingkan manfaatnya.
5 Bumbu Rempah untuk Hangatkan Tubuh Dikala Hujan
dok. Thinkstock
1. Kunyit
Bumbu yang berasal dari India ini dianggap sebagai antibiotik alami. Beberapa studi di bidang medis mengklaim bahwa kunyit bekerja lebih baik dibanding cortisone dan phenylbutazon dalam menghangatkan tubuh. Kunyit juga bermanfaat untuk mengurangi sakit tenggorokan. Tambahkan kunyit ke dalam masakan atau bisa juga campurkan sedikit potongan kunyit ke dalam susu hangat, didihkan kembali bersama susu, aduk-aduk dan minum selagi hangat.
2. Kapulaga
Teh yang menggunakan campuran kapulaga dan cengkeh sangat membantu dalam mencegah flu dan dapat menghangatkan tubuh. Selain itu, Anda bisa juga merebus dua atau tiga kapulaga dalam secangkir air yang ditambah dengan satu sendok madu, dan minumlah sebelum tidur agar dapat menghangatkan tenggorokan dan memperlancar pernapasan. Bumbu yang memiliki rasa pedas campur pahit ini memiliki banyak manfaat lainnya, antara lain mengurangi kejang perut dan rematik, mencegah mual, menghilangkan bau badan, dan menyembuhkan radang amandel. Aroma dari kapulaga juga dipercaya dapat membuat tubuh menjadi rileks.
3. Jahe
Orang indonesia biasa meminum jahe yang telah dibuat menjadi jamu. Jahe juga bisa dicampur ke dalam sup atau susu. Kandungan anti-inflamasi pada jahe dapat membantu melawan sakit tenggorokan dan infeksi pernapasan.
4. Kayu Manis
Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah-rempah tertua. Kayu manis diyakini dapat merangsang sirkulasi darah sehingga badan kita terasa lebih hangat, dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh di cuaca yang sedang tidak menentu ini. Satu sendok bubuk kayu manis dan satu sendok madu yang dicampur dengan air hangat dapat menyegarkan kondisi tubuh, sekaligus mengurangi rasa dingin. Rempah yang memiliki aroma khas ini juga dapat dicampur dengan jahe untuk mengatasi masuk angin.
5. Cengkeh
Cengkeh dapat digunakan untuk mengobati masalah pernapasan dan mengatur suhu tubuh. Tambahkan dua atau tiga cengkeh ke dalam sup, teh, atau kari untuk mengobati batuk. Selain itu, mengunyah cengkeh dapat mengatasi radang tenggorokan.
Tidak Sarapan Bikin Cepat Gemuk 4 Kali Lipat
Vemale.com -
·                     Tidak Sarapan = Mudah Gemuk
Sebuah penelitian yang dilakukan 2003 dalam American Journal of Epidemiology menunjukkan bahwa mereka yang melewatkan sarapan cenderung lebih cepat gemuk 4,5 kali dibandingkan mereka yang rutin sarapan. Sehingga, mereka yang sering tidak sarapan justru lebih mudah mengalami kegemukan dan obesitas. Hasil penelitian tersebut dilansir oleh Huffingtonpost.
·                     Sarapan Bikin Kenyang Lebih Lama
Mereka yang tidak sarapan cenderung mudah lapar sepanjang hari. Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2003 oleh American Heart Association menunjukkan bahwa mereka yang tidak sarapan akan memakan lebih banyak makanan dan menjadi gemuk, selain itu kadar gula mereka tidak stabil sehingga sering lapar sepanjang hari.
·                     Ingatan Lebih Kuat
Benar apa yang dikatakan orang tua bahwa sarapan membuat Anda lebih pintar. Setidaknya itulah hasil penelitian yang ditulis dalam Journal of Adolescent Health. Remaja usia 13 - 20 tahun yang sarapan memiliki ingatan jangka pendek yang lebih baik. Tetapi harus diingat bahwa sarapan tinggi kalori (misalnya gorengan atau mie instant plus nasi) justru tidak bagus karena dapat membuat seseorang sulit konsentrasi.
·                     Kadar Kolesterol Lebih Baik
Dengan menu sarapan sehat, seseorang akan memiliki kadar kolesterol yang lebih terkontrol. Penelitian yang ditulis dalam the American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa mereka yang melewatkan sarapan memiliki kadar kolesterol dan tingkat sensitif insulin yang buruk.
Jadi, pastikan Anda tidak melewatkan sarapan. Menu sarapan yang dianjurkan adalah oatmeal, telur, buah-buahan, susu atau kopi.
10 Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Tidur
Kadang, anda pasti merasa lapar dan ingin mengunyah sesuatu sebelum tidur di malam hari. Hal ini tentu saja tidak masalah asal anda mengkonsumsi buah-buahan yang sehat sehingga tidak akan membuat anda obesitas karena kelebihan berat badan.
Nah, sayangnya kebanyakan orang lebih suka memakan makanan-makana berat yang sebetulnya tidak baik untuk kesehatan anda. Jika anda belum mengetahui apa saja makanan yang berakibat buruk bagi anda jika disantap sebelum tidur, ini dia beberapa daftar makanan yang sebaiknya anda hindari sebelum anda tidur.
Kopi
Seperti yang sudah anda ketahui, kopi mempunyai sifat diuretic yang akan menyerap cairan tubuh dan cepat mengeluarkannya. Hal itu akan membuat anda haru bolak balik ke kamar mandi. Selain itu kopi juga akan membuat anda susah tidur, jadi sebaiknya kalau anda tidak berencana untuk bergadang, jangan meminum kopi saat anda akan tidur. 
Coklat
Sama seperti kopi, cokelat apalagi dark cokelat mengandung kafein dan gula yang tinggi sehingga akan menjadi stimulant yang membuat anda susah tidur. 
Keju
Bai anda yang menderita penyakit maag, keju menjadi salah satu makanan yang paling buruk bila dikonsumsi sebelum tidur karena akan membuat anda susah tertidur pulas. Selain itu, keju juga akan menambah berat badan anda. 
Keripik
Mengkonsumsi keripik sebelum tidur juga akan membuat anda susah tidur dan perut menjadi begah. 
Cookies, es krim dan permen
Jenis makanan ini banyak mengandung gula. Gula akan membuat Anda mendengkur saat tidur. Anda bisa mencoba makanan manis alami seperti buah berry atau apel. Makanan ini juga mengandung gula, namun kandungannya tak sebanyak makanan di atas. Selain itu, apel dan berry juga lebih sehat. 
Hamburger
Makanan ini banyak mengandung kalori, lemak dan berminyak. Makan hamburger sebelum tidur dijamin akan berefek perut mulas. Meski lapar berat habis macet dan kehujanan, jangan pilih hamburger, lebih baik juz buah dengan lemak nabati yg tinggi seperti alpukat atau pisang. 
Alcohol
Minum alkohol memang bisa membuat cepat tidur. Namun, alkohol juga mempengaruhi kualitas tidur Anda yakni anda jadi mudah terbangun. Karenanya, hindari konsumsi alkohol 4-6 jam sebelum tidur. 
Kacang
Kacang merupakan sumber protein yang sangat baik dan serat. Tapi sayangnya, jangan memakannya sebelum tidur. Jenis makanan ini akan membuat Anda banyak mengeluarkan gas. 
Soda
Kandungan kafein dalam soda bisa menjadi stimulan sehingga akan membuat anda terjaga dan susah tidur. 
Makanan yang digoreng dan berminyak
Meski lezat, sayangnya, makanan ini tidak bagus dikonsumsi sebelum tidur. Kandungan lemaknya akan mengendap dan membuat berat di perut saat akan tidur. Jika Anda ingin makan makanan gurih. lebih baik di ganti almond atau biskuit gurih.
Yang Sebaiknya Disantap untuk Sarapan
KOMPAS.com - Apa yang Anda pilih sebagai sarapan, terutama ketika Anda baru sempat sarapan di kantor? Pilihannya pasti tak jauh-jauh dari bubur ayam, nasi uduk, lontong sayur, mi instan, roti isi, bahkan ada yang nekad membeli nasi padang.
Memang, tak enak bila bekerja dalam keadaan perut lapar. Tetapi membuat perut kenyang ternyata tak hanya bisa dilakukan dengan mengonsumsi karbohidrat sebanyak-banyaknya. Untuk mengisi perut hingga terasa kenyang, namun tidak sampai kekenyangan, Anda bisa memilih mengonsumsi protein. Protein bisa mencegah Anda merasa lapar sampai tiba waktu makan siang.
Protein dalam bentuk susu, yogurt, sebutir telur rebus atau roti gandum dengan selai kacang memang pilihan yang baik, tetapi Anda tak perlu terpaku pada pilihan tersebut. Lalu apa pilihan lainnya?
Brierley Wright, MS, RD, pakar diet dari University of Vermont, mengingatkan Anda bahwa protein bisa diperoleh dalam bentuk sayuran. Kalaupun Anda butuh karbohidrat, pilihlah jenis karbohidrat dengan indeks glikemik rendah. Berikut contohnya:
1. Sayuran dan buah-buahan. Anda disarankan untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan sebanyak empat sampai 10 porsi sehari. Buah pepaya, misalnya, satu porsinya adalah potongan panjang seperti yang dijual di tukang buah itu. Seporsi apel sama dengan sebutir, sedangkan seporsi anggur atau strawberry kira-kira sama dengan segenggam. Karena tidak mungkin mengonsumsi 10 porsi buah dan sayuran dalam sekali makan, baiknya memang menyicil asupan harian tersebut sejak sarapan.
Kalau ada tukang nasi goreng di luar kantor, Anda bisa meminta kwetiaw rebus dengan sayur. Mintalah kwetiaw istimewa, yaitu yang sedikit kwetiaw-nya namun banyak sayurnya. Ada bubur manado? Buat agar sayurnya (bayam, kangkung, jagung, atau labu kuning) lebih banyak, dan buburnya lebih sedikit. Selipkan tomat, mentimun, atau selada ke dalam roti isi Anda. Pecel tanpa nasi juga bisa jadi alternatif, karena sayuran hijau seperti kacang panjang dan bayam juga mengandung protein. Jangan lupa, bumbu kacangnya jangan terlalu banyak.
Selain mengandung serat, yang membantu menambah rasa kenyang, sayur dan buah-buahan juga kaya akan vitamin dan mineral. Jadi, selain kenyang juga sehat.
2. Serealia utuh. Hindari karbohidrat yang mengandung pati putih, seperti nasi putih, roti putih, mi, lontong, atau kue-kue. Jika dikonsumsi secara berlebihan, jenis karbohidrat ini bisa menyebabkan lonjakan gula darah.
Sebagai alternatif, pilih sarapan dengan jenis serealia, seperti oatmeal, sereal, atau roti gandum (yang termasuk karbohidrat dengan indeks glikemik rendah) terbukti membantu Anda untuk mampu berkonsentrasi dan menaruh perhatian. Namun hati-hati, jangan asal memilih produk sereal dalam kemasan sachet yang banyak dijual di supermarket. Kerapkali, produk-produk ini juga mengandung gula yang cukup tinggi.
Serealia utuh (termasuk jenis karbohidrat kompleks) juga mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral. Manfaatnya antara lain membantu menjaga kesehatan saluran cerna, mencegah diabetes, memelihara kesehatan jantung, dan menjaga agar berat badan tetap normal.
  


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar