Selasa, 01 Mei 2012

Daya Ingat.


Minum Air Bermanfaat untuk Mempertajam Daya Pikir
Jakarta, Sekitar 60 persen tubuh seseorang terdiri dari air atau sebanyak 11 galon. Air sangat penting untuk setiap sel tubuh, sehingga tidak mengherankan jika penelitian terbaru menemukan bahwa air mampu membuat daya pikir Anda lebih tajam.
Para ilmuwan mengemukakan penemuannya tersebut dalam British Psychological Society Annual Conference di London, bahwa mahasiswa yang membawa air dan meminumnya ketika ujian dapat memperoleh nilai ujian yang lebih tinggi dibanding rekan-rekannya yang tidak membawa air minum.
Peneliti berhipotesis bahwa air minum dapat meningkatkan pemikiran siswa, membantu agar tetap tenang dan meredam kecemasan yang dapat menghambat kinerja ketika mengerjakan ujian.
Penelitian lain juga menyatakan bahwa tubuh yang terhidrasi atau mendapatkan asupan air yang cukup dapat membuat memori lebih tajam, suasana hati yang stabil dan motivasi yang kuat, sehingga dapat menyelesaikan masalah dengan mudah.
Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi tidak hanya mempengaruhi otak Anda tetapi juga memberikan keuntungan lain.
Berikut manfaat tubuh yang terhidrasi, seperti dikutip dari eatingwell, Selasa (3/7/2012) antara lain:

1. Mencegah mulut kering
Minum cukup air dapat mencegah mulut Anda dari perasaan kering. Mulut kering dapat menyebabkan bau mulut, bahkan dapat mempromosikan gigi berlubang.
2. Meningkatkan kesehatan jantung
Dehidrasi menurunkan volume darah Anda, sehingga jantung Anda harus bekerja lebih keras untuk memompa darah yang jumlahnya sedikit agar dapat mencukupi kebutuhan oksigen pada sel-sel tubuh. Dengan minum air yang cukup, jantung dapat bekerja sebagaimana mestinya.
3. Menjaga suhu tubuh
Tubuh Anda melepaskan panas dengan memperluas pembuluh darah dekat permukaan kulit. Sehingga aliran darah yang lebih banyak dapat menghamburkan panas yang lebih banyak juga ke udara.
Oleh karena itu, agar suhu tubuh tidak menjadi panas karena aktivitas pembuluh darah dekat permukaan kulit tersebut, Anda perlu memenuhi kebutuhan tubuh akan air.
4. Otot dan sendi dapat bekerja lebih baik
Bila Anda terhidrasi dengan baik, air yang berada di dalam dan di luar sel-sel otot berkontraksi untuk memberikan nutrisi dan membuang limbah pada otot. Air juga penting untuk pelumas sendi.
5. Membuat kulit lebih lentur
Ketika seseorang menderita dehidrasi parah, kulitnya cenderung kurang elastis. Kondisi ini berbeda dengan kekeringan kulit karena sabun, air panas dan paparan kering udara.
6. Membersihkan racun dari tubuh Anda
Ginjal Anda membutuhkan air untuk menyaring limbah dalam darah dan mengeluarkannya dalam bentuk urin. Menjaga agar tubuh tetap terhidrasi juga dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih dan batu ginjal.
Jika Anda menderita dehidrasi parah, ginjal mungkin akan berhenti bekerja dan menyebabkan racun berkembang dalam tubuh Anda.

 Air putih merupakan kunci utama hidup sehat. Minum 8 gelas air putih setiap hari dapat mencegah anda terkena penyakit, serta mengurangi kerutan. Air putih bahkan dapat meningkatkan metabolisme. Namun apabila bosan dengan air putih, Anda juga bisa mencoba minuman lain.
Orange Juice
Melindungi dari penyakit jantung. Antioksidan di jus jeruk membantu melindungi jantung Anda dengan memerangi peradangan yang dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah. 
Pertimbangkan ini: Orang yang makan makanan cepat saji dengan segelas jus jeruk punya lebih sedikit zat radikal bebas perusak arteri dalam darah dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi burger dan kentang goreng dengan air putih, sebuah hasil studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition. Bukankah itu alasan yang baik untuk memilih jus? Tapi perhatikan pula tingkat kandungan gulanya-satu cangkir berisi 21 gram dan 122 kalori. 
Chamomile Tea
Bisa membuat Anda tenang. Orang yang menenggak ekstrak chamomile setiap hari selama dua bulan merasa tingkat kecemasan di dalam dirinya berkurang, sebuah laporan studi dari University of Pennsylvania di Philadelphia. Mudah untuk masuk pada mood mellow pada malam hari dengan secangkir teh chamomile.
Cranberry Juice
Dapat mencegah penyakit gusi dan infeksi saluran kemih. senyawa alami dalam jus dapat mencegah penyakit gusi dengan mencegah bakteri yang datang dari mulut. Jus Cranberry juga menyediakan 39 persen dari kebutuhan harian untuk vitamin C per 8 ons, meningkatkan tingkat kolesterol-baik dan menjaga saluran kemih Anda baik. Satu tegukan berry memang pintar.
Chocolate Milk
Segelas susu coklat memberikan kandungan besar karbohidrat dan protein, membantu Anda pulih setelah latihan. Atlet yang meminumnya pasca-latihan mengurangi tingkat kerusakan otot setelah empat hari intens latihan daripada mereka yang minum air putih atau minuman pemulihan lainnya, sesuai dengan temuan dipresentasikan pada pertemuan American College of Sports Medicine di Seattle. 
Itu berarti lebih sedikit rasa sakit dan kelelahan, sehingga Anda dapat kembali ke gym dan mulai berlatih lagi. Cukup aduk 2 sdm coklat bubuk atau sirup yang memiliki kurang dari 20 g gula ke dalam susu Anda dan minum.
Green Tea
Dapat menjaga berat badan stabil. Tikus yang di ujicoba minum teh hijau sebanyak 22 persen punya kemungkinan rendah untuk menaikkan berat badan daripada mereka yang hanya hanya minum teh biasa, menurut penelitian di Jurnal Internasional Obesitas. Polyphenol dalam minuman ini membuat metabolisme di dalam diri Anda dan membuatnya lebih mudah membakar lemak dalam tubuh. Tambah lagi, Antioksidan dalam teh hijau dapat mengurangi risiko terkena kanker dan penyakit jantung. Cobalah yg dingin di musim panas
Tomato Juice
Dapat menurunkan resiko kanker dalam tubuh Anda! Kandungan dalam buah ini sarat vitamin dan lycopene, melindungi dari kanker. Cobalah dengan tambahan rempah-rempah, batang seledri dan no-vodka untuk koktail setiap saat di siang hari.
Black Tea
Dapat membantu menangkis kanker kulit. Kandungan yang terdiri dari flavonoid, antioksidan membawa zat antikanker. Penelitian menunjukkan bahwa meneguk secangkir teh atau lebih sehari dapat menurunkan risiko timbulnya sel karsinoma skuamosa di dalam tubuh, sel yang terdapat di kanker kulit, sebanyak 30 persen. 
Panas atau dingin, teh hitam adalah tambahan yg lezat untuk cara perawatan kulit Anda dan cara yang baik untuk bangun berkat kandungan kafein di dalamnya, jadi panaskanlah ketel Anda setiap pagi.
Apel campur madu dan yoghurt
 Buatlah irisan apel dengan memanjang, lalu siapkan 3 sendok makan madu murni, 2 sendok makan mentega, 1 cangkir yoghurt tanpa lemak, bubuk kayu manis dan cengkeh. Caranya, panaskah oven sampai 400 derajat. Masukkan potongan apel dalam loyang dan tambahkan 2 sendok makan madu dan mentega cair. Panggang sampai apel terasa renyah dan lembut kemudian tuangkan campuran yoghurt di atas apel dan hidangkan.
 Iced vanilla coffee latte
 Ambil 1 cangkir susu dingin dan tambahkan 1 sendok makan kopi instan tanpa kafein dan 1 sendok teh vanili. Campurkan bahan tersebut hingga rata dan tambahkan serbuk es batu dan sajikan. Minuman ini hanya mengandung 105 kalori dan 23 persen lemak.
 Fruit slush
 Masukkan es batu dalam blender dan campur dengan anggur favorit Anda. Jus anggur segar pun siap untuk disajikan.
 Orange creamside shake
 Ambil 2 cangkir yoghurt beku, ½ cangkir susu tanpa lemak, dan ½ cangkir jus jeruk. Campur semua bahan secara bersama-sama dalam blender dan masukkan dalam gelas untuk menghilangkan dahaga Anda.
Langkah Mudah Menguatkan Daya Ingat
KOMPAS.com
1: Makan roti panggang saat sarapan
Menghilangkan karbohidrat dalam menu makanan Anda justru dapat membahayakan daya ingat. Sebuah studi dari Tufts University, AS, menemukan fakta bahwa orang-orang yang menghilangkan karbohidrat dari diet mereka, memiliki daya ingat buruk. Mereka lebih sering lupa dalam menjalankan aktivitas keseharian. Kenapa? Sebab, sel-sel otak Anda membutuhkan karbohidrat yang diubah dalam tubuh menjadi glukosa bahan bakar otak untuk bekerja, begitu pendapat Robin Kanarek, Ph.D., Profesor Psikologi di Tufts, AS.
Pilihan terbaik adalah karbohidrat kompleks, sebab tercerna lebih lambat sehingga dapat memberikan aliran glukosa ke otak secara perlahan dan stabil. Saat sarapan asup sepotong roti panggang gandum dengan telur dan satu porsi buah berwarna merah atau unggu tua (berry, strawberry atau tomat).
2: Kelas "kickboxing" sebelum bekerja
"Latihan meningkatkan aliran darah ke otak Anda, menghantarkan oksigen dan glukosa untuk bahan bakar untuk memori Anda," jelas Sandra Aamodt, PhD., salah satu penulis buku Welcome to Your Brain. Bahkan, Anda dapat mempelajari kosa kata 20% lebih cepat jika Anda mencoba untuk menghafal mereka setelah melakukan latihan yang intens daripada aktivitas low impact. Itu saran dari sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Neurobiology of Learning and Memory. Kelas tari, menjadi pilihan baik selain kickboxing.
3: Mengubah "font" Anda
Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Cognition. bila Anda sering mengirim email dengan font Times New Roman, cobalah gunakan yang beda. Penjelasannya, font baru dapat membuat pusat pengolahan otak Anda bekerja sedikit lebih keras serta meningkatkan daya ingat Anda. Nah, ubah saja ke Comic Sans dicetak miring (font yang digunakan dalam penelitian).
4: "Browsing" saat makan siang
Menghabiskan satu jam sehari online mencari informasi yang menarik minat Anda  (seperti tempat untuk liburan Anda berikutnya) dapat merangsang bagian dari lobus frontal yang mengontrol memori jangka pendek. Fakta ini terungkap oleh sebuah studi terbaru dari University of California, Los Angeles, AS.
"Sirkuit neural yang terlibat dalam pengambilan keputusan, keterampilan visual-spasial dan keterampilan verbal menjadi sangat aktif ketika Anda melakukan pencarian internet," jelas Dr. Gary Small, penulis utama studi tersebut. Dr. Gary menyarankan jangan hanya surfing tanpa berpikir hal tersebut tak akan membantu (Facebook tidak akan membantu Anda menguatkan daya ingat!)
5: Melatih gerakan mata Anda
Selalu lupa tempat Anda memarkir mobil Anda di mal? Cobalah latihan ini: Keluar dari mobil Anda, perhatikan tempat Anda parkir, kemudian lihat sisi kiri dan kanan setiap 1/2 detik. Lakukan ini selama 30 detik sambil berdiri di tempat.
Berlatih gerakan mata sederhana dapat meningkatkan memori jangka panjang Anda hingga 10%, kata peneliti di Manchester Metropolitan University di Inggris. "Itu dorongan ekstra yang dibutuhkan untuk membantu Anda mengingat bagian penting dari informasi," kata Andrew Parker, Ph.D., penulis utama studi tersebut.
6: "Minum" sedikit sambil makan malam
Sementara menjadi pemabuk dapat menyebabkan kehilangan daya ingat, sebuah studi baru menemukan bahwa minum dengan moderasi sebenarnya dapat menurunkan risiko kehilangan memori. Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer Disease, peserta yang minum tujuh gelas atau lebih sedikit minuman beralkohol per minggu memiliki risiko terendah penurunan daya ingat, dibandingkan dengan perempuan yang tidak minum sama sekali, juga mereka yang minum terlalu banyak (maksudnya sehari satu gelas atau kurang, hal ini tidak berlaku akumulatif, ya)
Para peneliti percaya anti-inflamasi dalam alkohol mungkin menjadi alasan. Atau bisa juga bahwa orang yang minum cukup juga cenderung menjalani gaya hidup sehat.
7: "Floss" sebelum tidur
Benang gigi (dental floss) tak hanya baik bagi kesehatan gigi atau mempercantik senyum Anda tetapi juga dapat melakukan keajaiban bagi daya ingat. "Bila Anda tidak rajin-rajin membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi , gusi bisa meradang, sehingga memudahkan bakteri jahat untuk memasuki aliran darah Anda," jelas Jonathan B. Levine, DMD, seorang profesor di New York University AS, dan penulis buku Smile! Lebih lanjut, bakteri yang ada dalam aliran darah dapat menyebabkan peradangan di seluruh tubuh termasuk di otak. Ini dapat menyebabkan disfungsi kognitif. Mulailah membersihkan gigi dengan benang gigi setiap hari setelah gosok gigi, agar Anda tak cepat pikun.
8. Konsumsi vitamin B, C, D, dan EPenelitian terbaru menunjukkan, orang usia lanjut yang memiliki level vitamin B,C, D dan E tinggi dalam darahnya memiliki daya ingat dan kemampuan berpikir yang kuat. Cukupi kebutuhan vitamin B12 yang biasanya terdapat di ikan, daging, telur, susu, dan daging unggas. Sebaiknya konsumsi vitamin ini dari sumbernya langsung ketimbang suplemen. 
9. Main games
Isi waktu luang Anda dengan permainan yang mengasah otak, seperti puzzle, catur, atau Sudoku. Untuk meningkatkan fokus, kecepatan, dan fleksibilitas, buatlah batasan waktu untuk menyelasikan permainan. Beberapa jenis hobi juga bisa berdampak positif bagi otak, misalnya melukis, menulis, atau membaca, yang dilakukan secara teratur.  
10 Aktivitas jalan cepat
Olahraga akan memicu perubahan positif di otak, termasuk membuat sambungan baru diantara sel saraf, meningkatkan aliran darah, dan menciptakan sel-sel otak baru, yang semuanya akan membuat memori selalu tajam. Anda bisa memilih olahraga ringan seperti jalan cepat. Bila dilakukan setiap hari kegiatan ini bukan hanya menjaga tekanan darah dan kolesterol, tapi juga mencegah penyakit demensia.
 11. Menyaring informasi
Terkadang siswa tidak mengerti bagaimana mengelola informasi yang masuk ke dalam memori mereka. Banyak informasi yang tak jelas atau membingungkan tertanam dalam ingatan. Untuk mengingat informasi baru yang disajikan kepada Anda, rangkumlah kembali seluruh informasi dengan menggunakan kata-kata Anda sendiri. Jika Anda tidak dapat melakukan ini, maka merupakan pertanda baik bahwa Anda tidak memahami sama sekali materi yang diberikan. Anda dapat mencoba untuk mempelajarinya kembali.
12. Mengatur informasi
Untuk lebih mempertahankan informasi dalam memori, cara yang dapat dilakukan adalah mengorganisir ingatan ke dalam beberapa kategori. Cara ini akan memudahkan Anda untuk mengingat sesuatu. Misalnya, jika Anda mencoba mengingat kosa kata bahasa asing, kategorikanlah sesuai jenis atau memiliki arti yang serupa. Informasi lebih mudah dicerna jika diterima secara teratur daripada informasi yang acak.
13. Gunakan gambar untuk meningkatkan daya ingat
Lebih mudah mengingat gambar daripada teks buku. Visualisasi adalah salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengingat informasi dibandingkan melalui proses baca atau diucapkan. Untuk melakukan ini, ingatlah sebuah visual atau gambar dalam pikiran Anda secara abstrak. Informasi yang diterima secara visualisasi akan membekas dalam pikiran Anda, sehingga meningkatkan kemungkinan Anda untuk mengingatnya. 
14. Aktif belajar
Untuk mengingat konsep, Anda harus berlatih dengan belajar aktif. Jika Anda pasif dalam kebiasaan belajar Anda, maka akan sangat sulit untuk mengingat apa yang Anda baca. Salah satu cara untuk mempertahankan memori Anda terhadap suatu informasi adalah dengan mengajarkan pelajaran yang Anda pahami kepada teman-teman Anda. Cara lain bisa dengan melakukan kegiatan kelompok belajar. Dengan menerapkan strategi belajar aktif, Anda akan mampu meningkatkan kemampuan memori Anda.
15. Sering meninjau ulang informasi
Banyak sekali siswa yang belajar dengan 'sistem kebut semalam.' Menjejalkan segala informasi untuk diingat dalam satu waktu merupakan kebiasaan yang tidak baik. Kunci untuk retensi memori dengan cara sering meninjau ulang catatan dan bahan studi mingguan. Melalui review yang berulang-ulang, Anda akan mulai menyimpan informasi efektif yang telah dipelajari.
16. Gunakan akronim untuk mengingat
Banyak siswa lebih mudah menghapal pelajaran dengan menggunakan singkatan ketika menghapal fakta. Setiap huruf mewakili sebuah kata dalam kalimat terpisah. Misalnya, FBI singkatan dari Biro Investigasi Federal. Akronim tidak perlu menjadi kata-kata nyata.
20 Cara Agar Tak Gampang Lupa
1. Padatkan
Ketika mengingat-ingat deretan huruf yang panjang seperti 33987643134509, pecahkanlah menjadi: 33 98 76 43 13 45 09.
2. Jangan menjejalkan
Lebih baik memberi ruang pada proses belajar. Contohnya, ketika Anda belajar bahasa asing, jangan mengulang satu kata terus-menerus. Demikian saran dr Chris Moulin dari Leeds Memory Group. Ulangi beberapa kali, dan kemudian lanjutkan lagi, dan kembali lagi nanti.
3. Ciptakan petunjuk
Jika kamu mempunyai kegiatan teratur setiap hari pada waktu tertentu, seperti minum obat, berilah petunjuk dirimu sendiri untuk menolong niatanmu tersebut. Misalnya: “Ketika acara TV ini selesai aku akan meminum obat.”
4. Gunakan gambar
Satu cara untuk mengingat sesuatu, seperti nama orang, adalah menggambarkan wajah mereka. Jadi ketika kamu bertemu Joe Diamond, bayangkan sebuah intan (diamond). Kamu harus lebih kreatif untuk menggambarkan nama orang dengan nama yang tidak biasa.
5. Buat lebih bermakna
Gunakan arti khusus untuk mewakili sebuah fakta atau angka, jika Anda perlu mengingat angka 50110662012, pikirkan jins Levi's, Perang Hastings, atau Olimpiade London.
6. Buatlah lebih pribadi
Buatlah sesuatu yang ingin kamu ingat berhubungan dengan dirimu sendiri. Itu pertolongan mengingat yang plaing baik. Contohnya Blair mulai berkuasa pada tahun 1997, kamu lulus tahun 1997.
7. Metode Kamar Roma
Metode Kamar Roma adalah tentang mengingat rangkaian informasi dengan memvisualisasikan mereka ke dalam sebuah lokasi. Gunakan tempat yang kamu tahu dengn baik, lakukan perjalanan pikiran melewati kamar dalam tatanan yang teratur. Kemudian letakkan informasi dari daftarmu satu per satu ke dalam setiap kamar.
Jadi ketika ingin mengingat Perdana Menteri, tempatkan Harold Wilson di lorong, James Callaghan di ruang keluarga, Margareth Thatcher di dapur dan seterusnya. Pikirkan itu pelan-pelan dan itu akan terus menempel.
8. Rutinitas
Rutinitas yang membosankan adalah teman terbaik ingatan. Letakkan barang-barang tersebut di tempat yang sama di waktu yang lama. Semakin terbiasa, semakin mudah Anda mengingat.
9. Menghafal
Menghafal adalah teknik pembelajaran yang menolong daya ingat - seperti 'Mejikuhibiniu' untuk mengingat warna pelangi. Gunakan frasa untuk mengingat hal, semakin aneh semakin baik.
10. Makan ikan berlendir
Minyak Omega-3 yang ada pada ikan berlendir, dapat membantu kekuatan Anda berkonsentrasi.
11. Konsumsi choline
Choline, asam amino yang ada pada telur, hati, ayam dan kedelai, dapat menjaga otak dan meningkatkan daya ingat. Penelitian terbaru menunjukkan, orang dengan konsumsi choline yang tinggi berhasil menyelesaikan tes daya ingat dengan lebih baik — walau diet kesehatan jangka panjang adalah kunci utama untuk menjaga fungsi otak yang baik, dengan sayuran hijau, buah beri, tomat, kacang dan kecambah adalah makanan yang baik untuk daya ingat.
12. Olahraga
Sebuah penelitian Cambridge University menyebutkan, latihan aerobik teratur seperti jogging dapat meningkatkan daya ingat dengan memicu pertumbuhan neuron baru di otak.
13. Mengajar
Mengajari konsep baru pada orang lain bisa membantu ingatanmu pada hal tersebut. Jadi berikan mata kuliah kecil untuk temanmu ketika kalian berdua belajar untuk tes yang sama.
14. Berpikiran positif
Menurut ahli kesehatan Harvard, stereotipe negatif tentang penuaan membuat daya ingat menurun. Jadi orang tua menghasilkan nilai yang tes daya ingat yang buruk ketika dihadapkan pada pernyataan pesimis tentang usia dan kekuatan otak — dan lebih baik ketika mendengar pesan untuk menjaga daya ingat tetap kuat hingga pensiun.
15. Gunakan seluruh inderamu
Makin banyak indera yang kamu gunakan ketika mengalami suatu kejadian, semakin mudah Anda mengingatnya nanti. Contoh, penciuman bisa secara cepat mengembalikan kenangan masa lalu. Jadi mulailah mengendus.
16. Catat
Gambar atau tulislah informasi yang ingin diingat.
17. Pengulangan
Ketika kamu ingin mengingat hal baru, ulangi dengan keras. Contohnya jika kamu baru diberitahu nama seseorang, panggil nama mereka ketika berbicara dengan orang tersebut.
18. Tantang dirimu sendiri
Beraktivitas memerlukan konsentrasi. Bergabunglah dengan klub membaca, teka-teki silang atau mencoba resep masakan baru. Kegiatan apapun yang menggunakan otak akan menolongmu untuk menjaga bakat hingga tua nanti.
19. Tulis, jangan ketik 
Jari Anda mungkin akan kikuk menggunakan alat tulis ketika sudah terbiasa mengetik, namun menulis dengan tangan dapat membuat otak memproses informasi dengan lebih baik. Jadi ketika belajar hal yang baru, tulislah.
20. Meditasi 
Penelitian AS menunjukkan, pengobatan harian mempertebal bagian otak cerebral cortex, yang bertanggungjawab membuat keputusan, perhatian dan daya ingat. Cobalah melakukan teknik mengosongkan pikiran, berfokus pada sebuah gambar, suara atau napas Anda sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar